Logo BeritaSatu

Kekuatan Hubungan Tiongkok-Rusia Akan Diuji di KTT Shanghai

Rabu, 14 September 2022 | 11:43 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Kekuatan hubungan Tiongkok-Rusia yang tak terbatas akan diuji di KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO). Ukraina melemahkan posisi Rusia saat para pemimpin bersiap untuk berebut pengaruh regional di Uzbekistan.

“Kemunduran besar bagi pasukan Moskwa di Ukraina akan semakin menguji kemitraan tanpa batas antara Tiongkok dan Rusia ketika para pemimpin mereka bertemu minggu ini untuk pertama kalinya sejak invasi,” kata para analis.

Pertemuan Xi Jinping dan Vladimir Putin, yang dijadwalkan pada Kamis di KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai di Samarkand, Uzbekistan, kemungkinan akan melibatkan perebutan pengaruh di Asia Tengah, tempat kedua kekuatan global telah lama melancarkan "persaingan diam-diam".

KTT SCO, pertemuan tahunan para pemimpin Eurasia tentang politik, ekonomi, dan keamanan regional, terjadi pada saat yang genting ketika Tiongkok yang bangkit dan melemahnya Rusia dapat menggeser keseimbangan kekuatan Asia tengah yang menguntungkan Beijing.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Rusia dan Tiongkok berbagi pemahaman bahwa dunia unipolar telah menjadi tidak mungkin dan bahwa "kenyataan baru" akan datang.

"Kami percaya - bersama dengan rekan-rekan Tiongkok kami - bahwa keberadaan dunia unipolar tidak mungkin," kata Peskov kepada wartawan, Selasa.

Moskwa dan Beijing setuju bahwa ini adalah "situasi yang mustahil" ketika "yang disebut 'miliar emas' mengklaim hak untuk menciptakan aturan dalam ekonomi, politik, dan hak untuk memaksakan kehendaknya di negara lain," katanya.

Di dunia berbahasa Rusia, istilah “miliar emas” sering mengacu pada populasi kaya di AS, UE, dan negara-negara Barat lainnya.

Fondasi sistem unipolar telah mulai “serius berderit dan goyah. Realitas baru sedang muncul,” kata juru bicara Kremlin.

Peskov menggemakan kata-kata Presiden Rusia Vladimir Putin, yang mengatakan pada akhir Agustus bahwa “model unipolar yang usang sedang digantikan oleh tatanan dunia baru berdasarkan prinsip-prinsip dasar keadilan, kesetaraan, dan pengakuan hak setiap bangsa dan negara. ke jalur pembangunannya yang berdaulat."

Menurut pemimpin Rusia, “pusat-pusat politik dan ekonomi yang kuat yang bertindak sebagai kekuatan pendorong dari proses yang tidak dapat diubah ini sedang dibentuk di kawasan Asia Pasifik.”

Putin dan Xi Jinping diperkirakan akan mengadakan pertemuan akhir pekan ini di sela-sela KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) di Uzbekistan. Ini akan menjadi perjalanan pertama Xi ke luar Tiongkok sejak pecahnya pandemi Covid-19.

Ketika ditanya tentang pembicaraan yang akan datang pada Senin (12/9), juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengingatkan bahwa Amerika Serikat (AS) telah “menjelaskan keprihatinan kami tentang kedalaman keselarasan dan hubungan Tiongkok dengan Rusia, bahkan ketika Rusia menuntut perang agresi di Ukraina.”

Kembali pada bulan Juni, Putin dan Xi menggambarkan hubungan antara Rusia dan Tiongkok sebagai “tingkat tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan terus meningkat,” menurut Kremlin.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kaesang Pangarep Ikuti Wilujengan Jelang Pernikahan

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang akan menikah dengan Erina Gudono, menjalani tradisi wilujengan.

NEWS | 8 Desember 2022

Top 5 News: Bom Bandung hingga Meninggalnya Lord Rangga

Kabar soal pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV membawa dua bungkusan menjadi berita terpopuler.

NEWS | 8 Desember 2022

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Seorang bocah 3 tahun berinisial AWK tewas terjepit ban truk kontainer di Jalan Kampung Legon, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sri Mulyani: Nilai Aset Negara Capai Rp 11.454 Triliun

Sri Mulyani: Nilai Aset Negara Capai Rp 11.454 Triliun

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE