Logo BeritaSatu

Deteksi Penderita TBC Berkontribusi pada Upaya Pencegahan Stunting

Senin, 12 September 2022 | 21:59 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memprioritaskan pencarian penderita tuberkulosis (TBC) hingga 90 persen pada 2024. Penanggulangan TBC pada orang dewasa dan anak-anak berkontribusi pada upaya pencegahan stunting.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Brian Sri Prahastuti mengatakan dari estimasi 824.000 kasus TBC di Indonesia pada 2022, sebanyak 60.676 terjadi pada anak.

“Dari 824.000 orang yang diduga menderita TBC itu, 10 persen di antaranya juga menular pada anak-anak serta berisiko menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan,” kata Brian Sri Prahastuti di gedung Bina Graha Jakarta, Senin (12/9/2022).

Brian mengatakan TBC dengan stunting adalah dua masalah yang saling berhubungan dan memiliki timbal balik. Ia menguraikan, TBC yang diderita ibu hamil dan anak usia di bawah 2 tahun dapat menyebabkan stunting. Sebaliknya, imunitas yang menurun akibat masalah gizi yang terjadi pada periode 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) juga dapat memperbesar risiko TBC aktif.

Status gizi yang tidak baik ditambah dengan imunitas tubuh melemah inilah yang menjadikan anak dengan stunting lebih rentan terinfeksi penyakit TBC. Khususnya, jika kontak erat dengan orang dewasa yang menderita TBC. “TBC ditularkan melalui droplet dahak yang bisa diperparah jika kondisi tempat tinggal tidak memiliki ventilasi yang baik dan terlalu padat,” ujar Brian.

Menurut Brian, kasus TBC pada anak sering terlewat dideteksi, karena gejalanya tidak khas. Namun, jika anak mengalami tanda-tanda seperti berat badan yang tidak kunjung naik, nafsu makan menurun, batuk lebih dari dua minggu, merasa lemah dan lesu, maka penting bagi orang tua untuk segera memeriksakan anak ke fasilitas kesehatan, dan dilakukan test mantoux. Hal ini sebagai upaya skrining untuk mengetahui ada tidaknya bakteri penyebab TBC.

Test mantoux ini dilakukan karena tidak mudah untuk mendapatkan dahak pada anak,” terang Brian.

Pada kesempatan itu, Brian menerangkan untuk mengurangi risiko peyakit TBC pada anak yang berdampak pada stunting, dibutuhkan imunisasi BCG pada bulan pertama kelahiran, serta pemberian ASI dan makanan pendamping ASI sesuai kebutuhan pada 1.000 hari pertama kehidupan.

“Mari kita waspadai bersama kejadian TBC anak dan stunting sebagai usaha untuk menurunkan angka kasusnya demi mencapai generasi emas Indonesia maju,” katanya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk menanggulangi masalah TBC di Indonesia. Komitmen tersebut tertutan dalam Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2021 tentang Penanggulangan Tuberkulosis.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Total Jumlah Rumah Rusak Gempa Cianjur Jadi 47.769 Unit

Total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat mencapai 47.769 unit, hal ini diungkapkan Asisten Daerah (Asda) II Kabupaten Cianjur Budi Rahayu Toyib.

NEWS | 6 Desember 2022

Basarnas Terus Cari 8 Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur

Basarnas terus mencari delapan korban hilang akibat gempa Cianjur, Jawa Barat. Namun, mulai Rabu (7/12/2022), operasi pencarian dilakukan secara pasif.

NEWS | 6 Desember 2022

Gawat, Indonesia Masuk di 25 Negara Paling Mematikan untuk Wisatawan

The Swiftest baru saja mengeluarkan daftar 50 negara paling mematikan untuk wisatawan, di mana Indonesia termasuk dalam 25 negara teratas.

NEWS | 6 Desember 2022

MUI Jabar Buat Surat Edaran Tegaskan Bencana Bukan Azab

MUI Jabar membuat surat edaran yang berisi penegasan bahwa musibah atau bencana alam bukanlah azab dari Tuhan Yang Maha Esa.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkumham: RKUHP yang Disahkan Efektif Berlaku Setelah 3 Tahun

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengungkapkan, Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP)

NEWS | 6 Desember 2022

Ismail Bolong Jalani Pemeriksaan Kasus Tambang Ilegal Kaltim

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri tengah memeriksa Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal Kalimantan Timur (Kaltim)

NEWS | 6 Desember 2022

Dituduh Hancurkan Barang Bukti Tragedi Itaewon, 2 Mantan Polisi Ditangkap

Dua mantan polisi Korea Selatan ditangkap pada hari Senin (5/12/2022), dengan tuduhan menghancurkan barang bukti dari tragedi Itaewon.

NEWS | 6 Desember 2022

Hendra Sebut Kapolri Minta Kasus Brigadir J Ditangani secara Profesional

Hendra Kurniawan menyebutkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar kasus Brigadir J ditangani secara profesional.

NEWS | 6 Desember 2022

Cerita Kaesang Pangarep Ajak Menikah Erina: Der Ketemu, Terus Jadian...

Kaesang Pangarep kini tengah menghitung hari untuk menikahi kekasihnya Erina Gudono yang akan digelar Sabtu (10/12/2022).

NEWS | 6 Desember 2022

Malaysia Bakal Impor Telur untuk Atasi Kekurangan Pasokan

Malaysia akan impor telur sebagai tindakan jangka pendek untuk mengatasi kekurangan pasokan lokal.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ultah Anak, Raffi dan Nagita Bagi-bagi Hadiah di Cipung Day

Ultah Anak, Raffi dan Nagita Bagi-bagi Hadiah di Cipung Day

LIFESTYLE | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE