Logo BeritaSatu

UPH-BSMH Dukung Program Kampus Merdeka Kemendikbudristek

Senin, 12 September 2022 | 15:42 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona, Anselmus Bata / AB

Jakarta, Beritasatu.com - Universitas Pelita Harapan (UPH) dan BeritaSatu Media Holdings (BSMH) mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dukungan terhadap program tersebut diwujudkan melalui perjanjian kerja sama agar mahasiswa UPH bisa menjalani magang Kampus Merdeka di BSMH selama satu semester.

Direktur Eksekutif Yayasan Pendidikan Pelita Harapan, Stephanie Riady, yang memberi sambutan pada pembukaan Program Magang Kampus Merdeka UPH-BSMH di Jakarta, Senin (12/9/2022), kerja sama tersebut memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar sekaligus melakukan praktik kerja ilmu komunikasi yang diperoleh di kampus.

Menurutnya, sebelum Kemendikbudristek meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, UPH sudah merintis sebuah program unggulan yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk kuliah dan berkerja di BSMH.

"Kerja sama UPH-BSMH sebenarnya telah dirintis sejak 2019 dan berlangsung hingga saat ini. Kami senang dapat mempererat kerja sama UPH dan BeritaSatu," katanya.

Pada kesempatan itu, Stephanie menyebutkan UPH merupakan lembaga pendidikan yang holistik. Artinya, mahasiswa tidak hanya dididik secara intelektual atau akademis, juga secara emosional dan sosial, sekaligus menyiapkan mereka untuk bekerja setelah lulus. Oleh karena itu, kerja sama antara universitas dengan industri merupakan hal penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Sementara itu, Komisaris Utama BSMH, Enggartiasto Lukita menyatakan BSMH yang bergerak dalam industri media tidak menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari Kemendikbudristek untuk melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, tetapi langsung menangkap esensi program tersebut dan melaksanakannya melalui kerja sama dengann UPH.

UPH-BSMH Dukung Program Kampus Merdeka Kemendikbudristek
Komisaris Utama BeritaSatu Media Holdings (BSMH) Enggartiasto Lukita.

Enggartiaso Lukita menyebutkan saat ini sejumlah industri mengalami kesulitan mendapatkan tenaga profesional untuk mengisi kebutuhan riil di lapangan. Oleh karena itu, kerja sama dengan UPH diharapkan bisa membuat mahasiswa memahami seluruh proses kegiatan usaha media, sekaligus mampu langsung terjun ke lapangan.

"Tidak semua perguruan tinggi swasta yang langsung berhubungan dengan industri dan mencari peluang bagi mahasiswa mendapat ilmu yang tidak teoretis, tetapi langsung ke lapangan," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Minta Bantuan dari Relawan Segera Dikim ke Cianjur

Presiden Jokowi memerintahkan para relawannya untuk segera menyalurkan bantuan yang dikumpulkan ke korban gempa Cianjur. 

NEWS | 26 November 2022

Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan ke Daerah Terisolasi di Cianjur

Helikopter terus dikerahkan untuk mengirim bantuan logistik ke daerah terdampak bencana di Cianjur yang masih terisolasi.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Ingatkan Suara Anak Muda Tentukan Masa Depan Indonesia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak anak muda, terutama pemilih pemula untuk tidak apatis di Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Pranowo: Anak Muda Jangan Golput saat Pemilu

Menurut Ganjar Pranowo, suara anak muda di pemilu sangat menentukan masa depan bangsa yang lebih baik.

NEWS | 26 November 2022

Ratusan Warga di Kota Kupang Rebutan Minyak Tanah

Kelangkaan minyak tanah sebabkan ratusan warga rebutan antrean di halaman Polsek Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 26 November 2022

Jokowi soal Pemimpin Berambut Putih, Pengamat Politik: Ganjar Pranowo

Jokowi mengatakan, ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat adalah rambutnya putih. Pengamat politik menilai, ciri-ciri itu adalah Ganjar Pranowo.

NEWS | 26 November 2022

Kasus Gagal Ginjal Akut, Polri Terbitkan DPO Bos CV Samudra Chemical

Polri terus mencari keberadaan bos CV Samudra Chemical yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus gangguan ginjal akut. Sang bos masuk DPO.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Pranowo Bicara Karakter Pemimpin yang Dibutuhkan Indonesia

Ganjar Pranowo menilai untuk menjadi pemimpin di Indonesia, karakter paling penting adalah bisa mengayomi dan selalu mendengarkan aspirasi rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Sebut Pemimpin Berambut Putih, Sinyal Kuat Jokowi Dukung Ganjar

Dengan menyembut pemimpin berambut putih di acara Nusantara Bersatu, Presiden Jokowi memberikan sinyal kuat mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

NEWS | 26 November 2022

Mendag: Sail Tidore 2022 Dorong Perekonomian di Maluku Utara

Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan, Sail Tidore 2022 merupakan salah satu upaya untuk menjaga perekonomian di kawasan Indonesia Timur.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Minta Bantuan dari Relawan Segera Dikim ke Cianjur

Jokowi Minta Bantuan dari Relawan Segera Dikim ke Cianjur

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE