Logo BeritaSatu

Organda Bogor Verifikasi 6.000 Sopir Angkot Penerima Bansos

Minggu, 11 September 2022 | 18:30 WIB
Oleh : Vento Saudale / WBP

Bogor, Beritasatu.com - Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Bogor menyiapkan data sopir angkutan umum kota (angkot) penerima bantuan sosial (bansos) dampak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM). Sekitar 6.000 sopir angkot dari 3.000 kendaraan diverifikasi untuk mendapatkan bansos.

Ketua Organda Kota Bogor M Ishak mengatakan menindaklanjuti bansos dari dana alokasi umum (DAU) di Kota Bogor sebesar Rp 4,6 miliar untuk sopir angkot, Organda melakukan memverifikasi ulang data untuk diberikan ke pemerintah kota (pemkot). "Justru kami akan siap-siap ya, dengan disampaikan pak wali kota begitu, kami siap-siap untuk mendata sopir-sopir yang seluruhnya ber-KTP Bogor. Kita sudah mulai mendata," katanya, Minggu (11/9/2022).

Ishak menyebutkan di Kota Bogor terdapat 3.161 angkot setelah dikurangi konversi angkot 3:1 ke bus ukuran sedang Biskita Trans Pakuan. Satu angkot biasanya memiliki dua sopir. Dengan demikian, ada sekitar 6.000 sopir. Namun data pasti yang dapat diterima pemerintah kota masih dalam verifikasi.

Di samping itu, ada 1.010 angkot yang mendapat peringatan pencabutan izin operasional karena belum melakukan peremajaan dan sebagian tidak laik jalan. "6.000 sopir ini akan kami verifikasi kelengkapannya. Tentunya yang berhak mendapatkan bansos ber-KTP Kota Bogor, karena ada sopir yang ber-KTP Kabupaten Bogor, biar tidak tumpang tindih," katanya.

Untuk jumlah badan hukum sampai saat ini telah terbentuk 21 badan hukum terdiri atas 14 koperasi dan tujuh perseroan terbatas. Ishak juga berharap penerima bansos sudah terdaftar di badan hukum. "Target kami verifikasi selama 1 pekan. Sehingga ketika aturan dari pemerintah pusat sudah turun, kami tinggal menyerahkan kepada Pemkot Bogor," tambahnya.

Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mengalokasikan Rp 4,6 miliar dari dana alokasi umum (DAU) untuk bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak penyesuaian harga BBM. Dana dari DAU dari sisa tiga bulan berjalan diperuntukan bagi sopir angkot.

Meski begitu, Pemerintah Kota Bogor saat ini masih menunggu aturan petunjuk lengkap (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) terkait penyaluran bantuan tersebut dari pemerintah pusat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Bom Bandung hingga Meninggalnya Lord Rangga

Kabar soal pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV membawa dua bungkusan menjadi berita terpopuler.

NEWS | 8 Desember 2022

Ini Rekonstruksi Detik-detik Rudolf Bunuh Icha di Apartemen

Polisi menggelar rekonstruksi detik-detik Christian Rudolf Tobing (36) membunuh temannya sendiri Ade Yunia Rizabian (36) alias Icha di apartemen. 

NEWS | 8 Desember 2022

Pemkot San Francisco Selidiki Kamar Tidur Darurat di Markas Twitter

Pemkot San Francisco baru-baru ini mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki keluhan bahwa Twitter telah membuat kamar tidur darurat di markas pusatnya.

NEWS | 8 Desember 2022

Buwas: Tak Mudah Impor Beras di Tengah Krisis Pangan

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas mengatakan, tidak mudah untuk impor beras saat krisis pangan melanda banyak negara. 

NEWS | 8 Desember 2022

Majalah Time Nobatkan Zelensky Person of the Year 2022

Majalah Time menobatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai "Person of the Year" tahun 2022 pada Rabu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Minta Pemerintah Desa di Pati Buat Program Antikorupsi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua pemerintah desa di Kabupaten Pati membuat program antikorupsi dengan pendampingan dari inspektorat.

NEWS | 8 Desember 2022

Tiba di Gedung KPK, Bupati Bangkalan Ra Latif Jalani Pemeriksaan

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif, tersangka kasus dugaan suap lelang jabatan tiba di Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

NEWS | 8 Desember 2022

Begini Rute Bus Tamu Undangan Pernikahan Kaesang di Solo

Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (7/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Bocah 3 Tahun Tewas Terjepit Ban Truk Kontainer di Bekasi

Seorang bocah 3 tahun berinisial AWK tewas terjepit ban truk kontainer di Jalan Kampung Legon, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenazah Pelaku Bom Astana Anyar Diautopsi di RS Bhayangkara Sartika Asih

Jenazah Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar atau bom Astana Anyar diautopsi di RS Bhayangka Sartika Asih, Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hansi Flick Tetap Tangani Timnas Jerman

Hansi Flick Tetap Tangani Timnas Jerman

SEMESTA BOLA 2022 | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE