Logo BeritaSatu

Presiden Serbia Tidak Akan Mengakui Kemerdekaan Kosovo

Minggu, 11 September 2022 | 12:22 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beograd, Beritasatu.com- Presiden Serbia Aleksandar Vucic menegaskan tidak akan mengakui Kosovo. Seperti dilaporkan RT, Jumat (9/9/2022), Serbia telah menolak tuntutan Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE) untuk memberikan status kepada provinsi yang memisahkan diri itu.

Serbia selalu siap untuk solusi kompromi, tetapi hanya sejalan dengan konstitusi dan hukum internasionalnya sendiri, Presiden Aleksandar Vucic mengatakan pada hari Jumat setelah bertemu dengan utusan khusus UE, Prancis, dan Jerman di Beograd.

Uni Eropa dan AS telah menekan Beograd untuk mengakui provinsi Kosovo yang memisahkan diri, yang diperlakukannya sebagai wilayah kedaulatan Serbia.

"Pembicaraan itu tentang masa depan Serbia, dan tidak akan ada pengakuan atas Kosovo,” kata Vucic memposting di Instagram setelah bertemu dengan Miroslav Lajcak dari Uni Eropa, Emanuel Bonne dari Prancis dan Jens Plettner dari Jerman.

"Tidak menyerah! Hidup Serbia,” tambahnya.

Lajcak adalah utusan khusus Uni Eropa untuk Balkan Barat, sementara Bonne dan Plettner baru-baru ini ditunjuk oleh Paris dan Berlin untuk meningkatkan usahanya agar Beograd menyerahkan provinsi tersebut.

Dari Beograd, Lajcak, Plettner, dan Bonne terbang ke Pristina, di mana mereka menghabiskan dua jam dalam pembicaraan dengan perdana menteri Kosovo, Albin Kurti.

Pada 2008, Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dengan dukungan Barat. Sementara AS dan sebagian besar sekutunya telah mengakui Kosovo sebagai negara merdeka, Serbia, Rusia, Tiongkok, dan PBB pada umumnya belum. Keduanya tidak memiliki lima negara anggota UE.

Penolakan tidak menghentikan Brussels untuk menjadikan pengakuan Serbia atas provinsi yang memisahkan diri itu sebagai prasyarat untuk setiap pembicaraan tentang keanggotaan akhirnya.

Bulan lalu, utusan AS Gabriel Escobar menimbulkan kegemparan ketika dia mengatakan sudah waktunya untuk “menjauh dari narasi bahwa Kosovo adalah Serbia, dan beralih ke narasi bahwa Kosovo dan Serbia adalah Eropa” demi masa depan yang sejahtera.

Uni Eropa tidak secara aktif mencari untuk memperluas saat ini, tetapi Vucic menegaskan kebijakan pemerintahnya adalah untuk bergabung dengan blok suatu hari nanti – sambil menjaga netralitas militer dan perdagangan bebas dengan Rusia dan Tiongkok untuk sementara.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korban Tewas Gempa Cianjur Jadi 328 Orang, 12 Masih Hilang

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan, korban tewas gempa Cianjur menjadi 328 orang setelah ada penambahan 1 korban meninggal.

NEWS | 1 Desember 2022

Budaya Patriarki Jadi Alasan Catcalling Dinormalisasi

Banyak masyarakat Indonesia tidak menganggap catcalling sebagai salah satu bentuk kekerasan seksual.

NEWS | 1 Desember 2022

Bharada E Sebut Ferdy Sambo Tertawa Saat Bercerita Salah Pakai Senjata

Bharada E alias Brigadir Richard Eliezer Pudihang Lumiu menyebut Ferdy Sambo tertawa saat bercerita salah pakai senjata.

NEWS | 30 November 2022

Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya membongkar peredaran narkoba jenis baru, yakni sabu dengan bahan likuid yang berasal dari Eropa.

NEWS | 30 November 2022

Partai Prima Papua Protes Gagal Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Prima dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam tahapan verifikasi administrasi perbaikan pascakeputusan Bawaslu.

NEWS | 1 Desember 2022

Target 20 Persen Suara Golkar Akan Tercapai jika Disokong Efek Ekor Jas

Target 20 persen suara Partai Golkar baru akan tercapai apabila disokong efek ekor jas. Hal ini disampaikan Lili Romli.

NEWS | 1 Desember 2022

Ciri-ciri Partai yang Bakal Bergabung dengan KIB, Airlangga Singgung Bola

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto membeberkan ciri-ciri partai yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 1 Desember 2022

Reuni 212 Rencananya Bakal digelar di Masjid Agung At-Tin Taman Mini

Reuni 212 rencananya bakal digelar pada 2 Desember 2022 di Masjid Agung At-Tin, TMII, Jakarta Timur.

NEWS | 1 Desember 2022

Motor Anggota Paspampres Hilang Dicuri di Babelan

Motor milik anggota Paspampres dicuri oleh kawanan pencuri saat terparkir di halaman rumah, kawasan Babelan, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/11/2022) dini hari.

NEWS | 30 November 2022

Jelang Nataru, Tingkat Vaksinasi Booster DKI Baru sekitar 50%

Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Kemenkes mengungkapkan tingkat vaksinasi booster DKI baru mencapai sekitar 50%.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polandia vs Argentina, Adu Tajam Lewandowski dan Messi

Polandia vs Argentina, Adu Tajam Lewandowski dan Messi

SEMESTA BOLA 2022 | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE