Logo BeritaSatu

Presiden Serbia Tidak Akan Mengakui Kemerdekaan Kosovo

Minggu, 11 September 2022 | 12:22 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beograd, Beritasatu.com- Presiden Serbia Aleksandar Vucic menegaskan tidak akan mengakui Kosovo. Seperti dilaporkan RT, Jumat (9/9/2022), Serbia telah menolak tuntutan Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE) untuk memberikan status kepada provinsi yang memisahkan diri itu.

Serbia selalu siap untuk solusi kompromi, tetapi hanya sejalan dengan konstitusi dan hukum internasionalnya sendiri, Presiden Aleksandar Vucic mengatakan pada hari Jumat setelah bertemu dengan utusan khusus UE, Prancis, dan Jerman di Beograd.

Uni Eropa dan AS telah menekan Beograd untuk mengakui provinsi Kosovo yang memisahkan diri, yang diperlakukannya sebagai wilayah kedaulatan Serbia.

"Pembicaraan itu tentang masa depan Serbia, dan tidak akan ada pengakuan atas Kosovo,” kata Vucic memposting di Instagram setelah bertemu dengan Miroslav Lajcak dari Uni Eropa, Emanuel Bonne dari Prancis dan Jens Plettner dari Jerman.

"Tidak menyerah! Hidup Serbia,” tambahnya.

Lajcak adalah utusan khusus Uni Eropa untuk Balkan Barat, sementara Bonne dan Plettner baru-baru ini ditunjuk oleh Paris dan Berlin untuk meningkatkan usahanya agar Beograd menyerahkan provinsi tersebut.

Dari Beograd, Lajcak, Plettner, dan Bonne terbang ke Pristina, di mana mereka menghabiskan dua jam dalam pembicaraan dengan perdana menteri Kosovo, Albin Kurti.

Pada 2008, Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dengan dukungan Barat. Sementara AS dan sebagian besar sekutunya telah mengakui Kosovo sebagai negara merdeka, Serbia, Rusia, Tiongkok, dan PBB pada umumnya belum. Keduanya tidak memiliki lima negara anggota UE.

Penolakan tidak menghentikan Brussels untuk menjadikan pengakuan Serbia atas provinsi yang memisahkan diri itu sebagai prasyarat untuk setiap pembicaraan tentang keanggotaan akhirnya.

Bulan lalu, utusan AS Gabriel Escobar menimbulkan kegemparan ketika dia mengatakan sudah waktunya untuk “menjauh dari narasi bahwa Kosovo adalah Serbia, dan beralih ke narasi bahwa Kosovo dan Serbia adalah Eropa” demi masa depan yang sejahtera.

Uni Eropa tidak secara aktif mencari untuk memperluas saat ini, tetapi Vucic menegaskan kebijakan pemerintahnya adalah untuk bergabung dengan blok suatu hari nanti – sambil menjaga netralitas militer dan perdagangan bebas dengan Rusia dan Tiongkok untuk sementara.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KRL Anjlok Lagi di Menteng, Penumpang Turun di Tengah Jalan

KRL dengan nomor KA 5144C yang anjlok di Kampung Bandan Jakarta Utara, anjlok lagi di perlintasan Menteng Jaya Jakarta Pusat saat akan dievakuasi ke Manggarai.

NEWS | 27 November 2022

SMRC: Ganjar Unggul Jauh dari Pesaingnya di Pilpres 2024

Survei SMRC menemukan pada kelompok pemilih yang tahu semua bakal calon presiden (capres), Ganjar Pranowo unggul jauh dari para pesaingnya di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Survei: Masyarakat Percaya Ada Praktik Setoran di Polri

Indikator Politik Indonesia dalam surveinya menemukan adanya pandangan publik yang percaya adanya praktik setoran dari bawahan ke atasan di Polri. 

NEWS | 27 November 2022

Kasus Teddy Minahasa, Survei: Publik Endus Persaingan Tak Sehat di Polri

Survei Indikator Politik Indonesia menemukan persepsi publik adanya persaingan tidak sehat di internal Polri usai kasus peredaran narkoba Irjen Teddy Minahasa.

NEWS | 27 November 2022

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Teratas, Prabowo dan Anies Bersaing

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Ganjar Pranowo meraih dukungan terbanyak sebagai presiden.

NEWS | 27 November 2022

Bawaslu: Ada Dugaan Pelanggaran Verifikasi Faktual di Sulbar

Bawaslu mengungkap ada dugaan pelanggaran verfikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik (parpol) di Sulawesi Barat (Sulbar).

NEWS | 27 November 2022

Gempa Cianjur, BNPB Fokus Penanganan Pengungsi dan Distribusi Logistik

BNPB memastikan masih akan terus melakukan pencarian dan evakuasi korban gempa Cianjur yang hingga hari ini belum ditemukan.

NEWS | 27 November 2022

Brigade: Jokowi di Hati, Ganjar Pranowo Dinanti

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) memekikkan tagline perjuangan Jokowi di Hati, Ganjar Pranowo Dinanti saat deklarasi dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Puluhan Lansia Antusias Ikut Vaksinasi Booster Kedua

Puluhan warga lanjut usia (lansia) antusias mengikuti vaksinasi booster kedua yang diselenggarakan Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur.

NEWS | 27 November 2022

Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi, Brigade Siap Menangkan Ganjar

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 karena dinilai layak melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dituding Pengaruhi Wasit, Pelatih Timnas Iran Ngamuk

Dituding Pengaruhi Wasit, Pelatih Timnas Iran Ngamuk

SEMESTA BOLA 2022 | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE