Logo BeritaSatu

Menhub Bicara Penolakan Aturan Kenaikan Tarif Ojol

Jumat, 9 September 2022 | 14:51 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi angkat bicara terkait penolakan aturan sistem zonasi dan permintaan pembatasan biaya sewa aplikasi 10 persen. Menurut Budi, aturan tersebut telah mendengarkan semua pihak. Meski diakuinya, aturan yang dikeluarkan pemerintah pada Rabu (7/9/2022) itu tidak bisa menyenangkan semua pihak.

“Kita ini sudah mendengarkan semua pihak. Dibuktikan dengan kita sudah mengundurkan dua hari. Tidak mungkin kita memberikan suatu yang menyenangkan semua pihak. Pasti ada yang beda-beda,” kata Budi Karya Sumadi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Menurutnya, kebijakan yang telah dibuat oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah sangat konservatif dengan kenaikan tarif sekitar 8-13 persen. Ada satu komponen tarif yang dikurangi, yaitu biaya sewa pengguna aplikasi, dari 20 persen menjadi 15 persen.

“Nah ini (penurunan) menjadi bagian kemudahan secara akumulatif. Jadi, sebenarnya naiknya cuma 5 persen ya, naiknya 5 persen, tetapi manfaat yang diperolehnya 15 persen. Jadi, ini satu kesepakatan bersama,” ujar Budi.

Ia membantah keputusan kenaikan tarif ojek online (ojol) berdasarkan sistem zonasi dan biaya sewa pengguna aplikasi 15 persen diambil dengan cara voting. Kebijakan itu diambil dengan mendengarkan masukan semua pihak.

“Tidak ada voting, tetapi kita mendengarkan semua pihak. Insyaallah ini baik, dari beberapa sampling yang kita dengarkan kepada pengguna dan pengendara, mereka rata-rata puas dengan kondisi ini,” tuturnya.

Diketahui, menanggapi diumumkannya tarif ojol terbaru oleh pemerintah, Rabu (7/9/2022). Tarif akan berlaku pada 10 September 2022. Asosiasi Pengemudi Ojek Daring Garda Indonesia menolak Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022, karena ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan tuntutan saat rapat dengan Kemenhub pada Selasa (6/9/2022).

Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Ojek Daring Garda Indonesia, Igun Wicaksono menyampaikan dua tuntutan mereka kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub. Pertama, Kemenhub sebagai regulator pusat memberikan wewenang kepada regulator tingkat provinsi untuk mengkaji, merumuskan, dan menerbitkan tarif ojol. Stakeholder dan asosiasi pada tingkat provinsi dilibatkan, sehingga menghilangkan sistem zonasi yang diberlakukan pada saat ini. Kedua, pemerintah dan perusahaan diminta untuk membatasi biaya sewa aplikasi sebesar maksimal 10 persen.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Gagal Ginjal Akut, Polri Terbitkan DPO Bos CV Samudra Chemical

Polri terus mencari keberadaan bos CV Samudra Chemical yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus gangguan ginjal akut. Sang bos masuk DPO.

NEWS | 26 November 2022

Ganjar Pranowo Bicara Karakter Pemimpin yang Dibutuhkan Indonesia

Ganjar Pranowo menilai untuk menjadi pemimpin di Indonesia, karakter paling penting adalah bisa mengayomi dan selalu mendengarkan aspirasi rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Sebut Pemimpin Berambut Putih, Sinyal Kuat Jokowi Dukung Ganjar

Dengan menyembut pemimpin berambut putih di acara Nusantara Bersatu, Presiden Jokowi memberikan sinyal kuat mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

NEWS | 26 November 2022

Mendag: Sail Tidore 2022 Dorong Perekonomian di Maluku Utara

Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan, Sail Tidore 2022 merupakan salah satu upaya untuk menjaga perekonomian di kawasan Indonesia Timur.

NEWS | 26 November 2022

Soal Kasus Tambang Ilegal, Kapolri: Kami Mulai dari Ismail Bolong

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) mulai didalami dengan memeriksa Ismail Bolong. 

NEWS | 26 November 2022

Kasus Tambang Ilegal, Polisi Masih Cari Ismail Bolong

Penyidik Dittipidter Bareskrim Polri masih terus mencari keberadaan mantan polisi, Ismail Bolong terkait kasus dugaan suap tambang ilegal di Kaltim. 

NEWS | 26 November 2022

Tim SAR Gabungan Evakuasi 4 Jenazah Korban Gempa Cianjur

Tim SAR gabungan mengevakuasi empat jenazah korban gempa Cianjur, di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 26 November 2022

Bareskrim Akan Panggil Lagi Ismail Bolong soal Tambang Ilegal di Kaltim

Penyidik Dittipidter Bareskrim Polri melayangkan panggilan kedua terhadap Ismail Bolong mengenai kasus dugaan suap tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim).

NEWS | 26 November 2022

Kasus Suap AKBP Bambang Kayun, Bareskrim Akan Bertemu KPK

Bareskrim Polri dan KPK dijadwalkan akan bertemu pada Selasa (29/11/2022) untuk membahas mengenai kasus dugaan suap dan gratifikasi AKBP Bambang Kayun. 

NEWS | 26 November 2022

Jokowi Dua Kali Sebut Pemimpin Berambut Putih, Warganet: Keras Kodenya

Warganet langsung menyebut nama Ganjar Pranowo begitu Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemimpin yang memikirkan rakyat adalah yang berambut putih.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Susunan Pemain Tunisia vs Australia

Piala Dunia 2022: Susunan Pemain Tunisia vs Australia

SEMESTA BOLA 2022 | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE