Logo BeritaSatu

India dan Jepang Akan Gelar Banyak Latihan Militer

Jumat, 9 September 2022 | 14:08 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tokyo, Beritasatu.com- India dan Jepang merencanakan lebih banyak latihan militer untuk memperkuat hubungan bilateral. Seperti dilaporkan Reuters, Kamis (8/9/2022), kedua negara, bersama dengan Australia dan Amerika Serikat adalah anggota kelompok negara Quad.

India dan Jepang menyatakan pada Kamis bahwa kedua negara akan memperdalam kerja sama pertahanan. New Delhi mengundang investasi oleh industri Jepang dan kedua negara merencanakan latihan militer bersama yang melibatkan pejuang angkatan udara mereka.

Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengadakan pembicaraan di Tokyo dengan Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada, dan keduanya akan bergabung dengan menteri luar negeri masing-masing di kemudian hari untuk pembicaraan “dua-tambah-dua”.

“Dia mengundang industri Jepang untuk berinvestasi di koridor pertahanan India,” kata kementerian pertahanan India merujuk pada Singh.

“Kedua menteri sepakat bahwa pelaksanaan awal latihan tempur perdana akan membuka jalan bagi kerja sama dan interoperabilitas yang jauh lebih besar antara angkatan udara kedua negara,” tambahnya.

India, seperti Jepang, memperkuat militernya untuk mengatasi apa yang dilihatnya sebagai peningkatan ancaman keamanan, termasuk dari negara tetangga Tiongkok.

Di Jepang, Perdana Menteri Fumio Kishida telah menjanjikan peningkatan belanja pertahanan yang “substansial”. Partai Demokrat Liberalnya yang berkuasa ingin menggandakan anggaran militer Jepang menjadi 2 persen dari produk domestik bruto selama lima tahun ke depan di tengah kekhawatiran invasi Rusia ke Ukraina dapat mendorong Tiongkok untuk bertindak melawan negara tetangga Taiwan.

Delhi, yang pekan lalu menugaskan kapal induk buatan dalam negerinya yang pertama, memperluas hubungan keamanannya dengan Tokyo karena kedua negara Asia itu semakin waspada terhadap kekuatan militer Tiongkok yang tumbuh di kawasan itu.

Kedua negara, bersama dengan Australia dan Amerika Serikat adalah anggota kelompok negara Quad dan mengadakan latihan angkatan laut tahunan di seluruh Indo-Pasifik untuk menunjukkan inter-operabilitas.

Pertemuan para pemimpin terakhir pada bulan Mei di Jepang didominasi oleh diskusi tentang Taiwan setelah Presiden AS Joe Biden membuat marah Tiongkok sehari sebelumnya setelah mengatakan akan bersedia menggunakan kekuatan untuk mempertahankan pulau demokrasi itu. Saat mereka bertemu, pesawat tempur Rusia dan Tiongkok melakukan patroli bersama di wilayah tersebut.

Kishida dan Perdana Menteri India Narendra Modi dalam pertemuan bilateral terpisah sepakat untuk bekerja sama secara erat untuk mempromosikan “Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.”



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

Seorang anggota Polisi Polsek Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Aipda Jauhari Fitrianto (40) sukses menggeluti bisnis olahan kopi rempah.

NEWS | 27 November 2022

Berkedok Indekos, Satpol PP Depok Gerebek Prostitusi Online

Satpol PP Kota Depok melakukan penertiban dan penggerebekan terhadap sejumlah lokasi yang disinyalir menjadi tempat prostitusi online, Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 27 November 2022

Top 5 News: Jokowi Ingatkan Relawan hingga Update Gempa Cianjur

Rangkuman artikel viral edisi Jumat dan Jokowi ingatkan relawan merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 27 November 2022

Tim DVI Polri Kesulitan Identifikasi Korban Gempa Cianjur

Tim DVI Polri kesulitan mengidentifikasi korban gempa Cianjur karena fasilitas pemeriksaan yang terbatas dan kondisi jenazah yang sudah rusak.

NEWS | 27 November 2022

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ribuan Pelari Ramaikan Highlands Half Marathon di Sentul City

Ribuan Pelari Ramaikan Highlands Half Marathon di Sentul City

SPORT | 30 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE