Logo BeritaSatu

India dan Jepang Akan Gelar Banyak Latihan Militer

Jumat, 9 September 2022 | 14:08 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tokyo, Beritasatu.com- India dan Jepang merencanakan lebih banyak latihan militer untuk memperkuat hubungan bilateral. Seperti dilaporkan Reuters, Kamis (8/9/2022), kedua negara, bersama dengan Australia dan Amerika Serikat adalah anggota kelompok negara Quad.

India dan Jepang menyatakan pada Kamis bahwa kedua negara akan memperdalam kerja sama pertahanan. New Delhi mengundang investasi oleh industri Jepang dan kedua negara merencanakan latihan militer bersama yang melibatkan pejuang angkatan udara mereka.

Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengadakan pembicaraan di Tokyo dengan Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada, dan keduanya akan bergabung dengan menteri luar negeri masing-masing di kemudian hari untuk pembicaraan “dua-tambah-dua”.

“Dia mengundang industri Jepang untuk berinvestasi di koridor pertahanan India,” kata kementerian pertahanan India merujuk pada Singh.

“Kedua menteri sepakat bahwa pelaksanaan awal latihan tempur perdana akan membuka jalan bagi kerja sama dan interoperabilitas yang jauh lebih besar antara angkatan udara kedua negara,” tambahnya.

India, seperti Jepang, memperkuat militernya untuk mengatasi apa yang dilihatnya sebagai peningkatan ancaman keamanan, termasuk dari negara tetangga Tiongkok.

Di Jepang, Perdana Menteri Fumio Kishida telah menjanjikan peningkatan belanja pertahanan yang “substansial”. Partai Demokrat Liberalnya yang berkuasa ingin menggandakan anggaran militer Jepang menjadi 2 persen dari produk domestik bruto selama lima tahun ke depan di tengah kekhawatiran invasi Rusia ke Ukraina dapat mendorong Tiongkok untuk bertindak melawan negara tetangga Taiwan.

Delhi, yang pekan lalu menugaskan kapal induk buatan dalam negerinya yang pertama, memperluas hubungan keamanannya dengan Tokyo karena kedua negara Asia itu semakin waspada terhadap kekuatan militer Tiongkok yang tumbuh di kawasan itu.

Kedua negara, bersama dengan Australia dan Amerika Serikat adalah anggota kelompok negara Quad dan mengadakan latihan angkatan laut tahunan di seluruh Indo-Pasifik untuk menunjukkan inter-operabilitas.

Pertemuan para pemimpin terakhir pada bulan Mei di Jepang didominasi oleh diskusi tentang Taiwan setelah Presiden AS Joe Biden membuat marah Tiongkok sehari sebelumnya setelah mengatakan akan bersedia menggunakan kekuatan untuk mempertahankan pulau demokrasi itu. Saat mereka bertemu, pesawat tempur Rusia dan Tiongkok melakukan patroli bersama di wilayah tersebut.

Kishida dan Perdana Menteri India Narendra Modi dalam pertemuan bilateral terpisah sepakat untuk bekerja sama secara erat untuk mempromosikan “Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.”



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ratusan Ribu Jemaat Gereja Tiberias Rayakan Natal di GBK

Perayaan Natal ini dihadiri oleh lebih dari seratus ribu jemaat GTI se-Jabodetabek, dan perwakilan utusan GTI dari seluruh Indonesia.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemkab Bantu Uang Sewa Rumah untuk Korban Gempa Cianjur

Pemkab menyiapkan anggaran sebesar Rp 500.000 per kepala keluarga (kk) korban gempa Cianjur untuk menyewa rumah.

NEWS | 3 Desember 2022

Dinsos DKI Alokasikan Dana Rp 300.000 Per Bulan untuk Disabilitas

Anggaran tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sensorik para disabilitas setiap bulannya

NEWS | 3 Desember 2022

Antisipasi PHK, Wapres Ungkap Jurus dari Pemerintah

Ma'ruf Amin menyebut pemerintah telah menyiapkan program-program padat karya untuk mengantisipasi pemutusan hubungan kerja (PHK) pekerja.

NEWS | 3 Desember 2022

Ini Dua Harapan Moeldoko bagi Panglima TNI Yudo Margono

Moeldoko berharap Panglima TNI Yudo Margono dapat meningkatkan aspek pembinaan dan penggunaan kekuatan TNI terkait profesionalitas dan kesejahteraan.

NEWS | 3 Desember 2022

BPBD: Belum Tercatat Adanya Kerusakan Akibat Gempa Garut

BPBD Garut memastikan belum tercatat ada kerusakan bangunan atau rumah warga akibat gempa Garut yang berkekuatan 6,1 magnitudo, Sabtu (3/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022

Legislator PDIP Malas Turun ke Tengah Rakyat Tak Akan Diusung Caleg

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan kader PDIP yang menjadi anggota DPR dan DPRD agar turun ke tengah rakyat.

NEWS | 3 Desember 2022

Asosiasi Dai Bantah Bencana Terjadi karena Tak Terapkan Sistem Khilafah

Asosiasi Dai membantah pandangan kelompok radikal yang menyebut bahwa bencana alam yang terjadi di Tanah Air akibat tidak diterapkan sistem khilafah.

NEWS | 3 Desember 2022

Dinsos DKI Jakarta Ungkap Dukungan Fasilitas untuk Disabilitas

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari mengungkap dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada para disabilitas.

NEWS | 3 Desember 2022

Adian: Suara Rakyat Tak Perlu Dibayar dengan Uang dalam Amplop

Adian Napitupulu mengingatkan para anggota dan kader PDIP tidak menjadikan rakyat sekadar objek jual beli suara saat pemilu.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ratusan Ribu Jemaat Gereja Tiberias Rayakan Natal di GBK

Ratusan Ribu Jemaat Gereja Tiberias Rayakan Natal di GBK

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE