Logo BeritaSatu

Gempa di Tiongkok Picu Tanah Longsor, 21 Orang Tewas

Senin, 5 September 2022 | 20:03 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Gempa kuat menewaskan sedikitnya 21 orang, memicu tanah longsor, dan mengguncang penduduk di kota besar yang dikarantina, Chengdu, provinsi Sichuan, Tiongkok pada Senin (5/9/2022).

“Gempa berkekuatan 6,8 magnitudo melanda daerah pegunungan di daerah Luding di provinsi Sichuan tak lama setelah tengah hari,” kata Pusat Jaringan Gempa Tiongkok.

Sichuan, yang terletak di tepi Dataran Tinggi Tibet tempat pertemuan lempeng tektonik, sering dilanda gempa bumi. Dua gempa pada bulan Juni menewaskan sedikitnya empat orang.

“Pihak berwenang melaporkan tujuh kematian, tanah longsor dan kerusakan rumah dan gangguan listrik, kata penyiar negara CCTV. Satu tanah longsor memblokir jalan raya pedesaan, meninggalkannya berserakan dengan batu,” kata Kementerian Manajemen Darurat.

Gempa itu terasa hingga 200 kilometer jauhnya di ibu kota provinsi, Chengdu, di mana wabah Covid-19 telah membatasi sebagian besar dari 21 juta penduduknya di kompleks mereka di bawah kebijakan ketat "nol-Covid" Tiongkok.

Penduduk Jiang Danli mengaku bersembunyi di bawah meja selama lima menit di apartemennya di lantai 31, sementara banyak tetangganya bergegas turun.

“Ada gempa bumi yang kuat pada bulan Juni, tetapi itu tidak terlalu menakutkan. Kali ini saya benar-benar takut, karena saya tinggal di lantai yang tinggi dan getarannya membuat saya pusing,” katanya kepada The Associated Press.

Gempa bumi dan karantina mengikuti gelombang panas dan kekeringan yang menyebabkan kekurangan air dan pemadaman listrik karena ketergantungan Sichuan pada tenaga air.

Survei Geologi Amerika Serikat mencatat kekuatan 6,6 magnitudo untuk gempa Senin di kedalaman yang relatif dangkal 10 kilometer. Pengukuran awal oleh lembaga yang berbeda sering kali sedikit berbeda.

Gempa paling mematikan di Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir adalah gempa berkekuatan 7,9 pada tahun 2008 yang menewaskan hampir 90.000 orang di Sichuan.

Gempa tahun 2008 menghancurkan kota-kota, sekolah-sekolah dan masyarakat pedesaan di luar Chengdu, yang mengarah pada upaya bertahun-tahun untuk membangun kembali dengan bahan-bahan yang lebih tahan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dinsos DKI Alokasikan Dana Rp 300.000 Per Bulan untuk Disabilitas

Anggaran tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sensorik para disabilitas setiap bulannya

NEWS | 3 Desember 2022

Antisipasi PHK, Wapres Ungkap Jurus dari Pemerintah

Ma'ruf Amin menyebut pemerintah telah menyiapkan program-program padat karya untuk mengantisipasi pemutusan hubungan kerja (PHK) pekerja.

NEWS | 3 Desember 2022

Ini Dua Harapan Moeldoko bagi Panglima TNI Yudo Margono

Moeldoko berharap Panglima TNI Yudo Margono dapat meningkatkan aspek pembinaan dan penggunaan kekuatan TNI terkait profesionalitas dan kesejahteraan.

NEWS | 3 Desember 2022

BPBD: Belum Tercatat Adanya Kerusakan Akibat Gempa Garut

BPBD Garut memastikan belum tercatat ada kerusakan bangunan atau rumah warga akibat gempa Garut yang berkekuatan 6,1 magnitudo, Sabtu (3/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022

Legislator PDIP Malas Turun ke Tengah Rakyat Tak Akan Diusung Caleg

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan kader PDIP yang menjadi anggota DPR dan DPRD agar turun ke tengah rakyat.

NEWS | 3 Desember 2022

Asosiasi Dai Bantah Bencana Terjadi karena Tak Terapkan Sistem Khilafah

Asosiasi Dai membantah pandangan kelompok radikal yang menyebut bahwa bencana alam yang terjadi di Tanah Air akibat tidak diterapkan sistem khilafah.

NEWS | 3 Desember 2022

Dinsos DKI Jakarta Ungkap Dukungan Fasilitas untuk Disabilitas

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari mengungkap dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada para disabilitas.

NEWS | 3 Desember 2022

Adian: Suara Rakyat Tak Perlu Dibayar dengan Uang dalam Amplop

Adian Napitupulu mengingatkan para anggota dan kader PDIP tidak menjadikan rakyat sekadar objek jual beli suara saat pemilu.

NEWS | 3 Desember 2022

Pengamanan Pernikahan Kaesang-Erina, Polisi Siagakan 2.188 Personel

Polda Jateng menyiagakan sebanyak 2.188 personel untuk pengamanan pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

NEWS | 3 Desember 2022

MK Larang Eks Koruptor Nyaleg, KPU Konsultasi dengan DPR

KPU tengah mengkaji putusan MK yang melarang eks koruptor setelah 5 tahun keluar dari penjara maju mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg).

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Babak Pertama, Belanda Ungguli Amerika 2-0

Piala Dunia 2022: Babak Pertama, Belanda Ungguli Amerika 2-0

SEMESTA BOLA 2022 | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE