Logo BeritaSatu

Gempa di Tiongkok Picu Tanah Longsor, 21 Orang Tewas

Senin, 5 September 2022 | 20:03 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Gempa kuat menewaskan sedikitnya 21 orang, memicu tanah longsor, dan mengguncang penduduk di kota besar yang dikarantina, Chengdu, provinsi Sichuan, Tiongkok pada Senin (5/9/2022).

“Gempa berkekuatan 6,8 magnitudo melanda daerah pegunungan di daerah Luding di provinsi Sichuan tak lama setelah tengah hari,” kata Pusat Jaringan Gempa Tiongkok.

Sichuan, yang terletak di tepi Dataran Tinggi Tibet tempat pertemuan lempeng tektonik, sering dilanda gempa bumi. Dua gempa pada bulan Juni menewaskan sedikitnya empat orang.

“Pihak berwenang melaporkan tujuh kematian, tanah longsor dan kerusakan rumah dan gangguan listrik, kata penyiar negara CCTV. Satu tanah longsor memblokir jalan raya pedesaan, meninggalkannya berserakan dengan batu,” kata Kementerian Manajemen Darurat.

Gempa itu terasa hingga 200 kilometer jauhnya di ibu kota provinsi, Chengdu, di mana wabah Covid-19 telah membatasi sebagian besar dari 21 juta penduduknya di kompleks mereka di bawah kebijakan ketat "nol-Covid" Tiongkok.

Penduduk Jiang Danli mengaku bersembunyi di bawah meja selama lima menit di apartemennya di lantai 31, sementara banyak tetangganya bergegas turun.

“Ada gempa bumi yang kuat pada bulan Juni, tetapi itu tidak terlalu menakutkan. Kali ini saya benar-benar takut, karena saya tinggal di lantai yang tinggi dan getarannya membuat saya pusing,” katanya kepada The Associated Press.

Gempa bumi dan karantina mengikuti gelombang panas dan kekeringan yang menyebabkan kekurangan air dan pemadaman listrik karena ketergantungan Sichuan pada tenaga air.

Survei Geologi Amerika Serikat mencatat kekuatan 6,6 magnitudo untuk gempa Senin di kedalaman yang relatif dangkal 10 kilometer. Pengukuran awal oleh lembaga yang berbeda sering kali sedikit berbeda.

Gempa paling mematikan di Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir adalah gempa berkekuatan 7,9 pada tahun 2008 yang menewaskan hampir 90.000 orang di Sichuan.

Gempa tahun 2008 menghancurkan kota-kota, sekolah-sekolah dan masyarakat pedesaan di luar Chengdu, yang mengarah pada upaya bertahun-tahun untuk membangun kembali dengan bahan-bahan yang lebih tahan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Berkedok Indekos, Satpol PP Depok Gerebak Prostitusi Online

Satpol PP Kota Depok melakukan penertiban dan penggerebekan terhadap sejumlah lokasi yang disinyalir menjadi tempat prostitusi online, Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 27 November 2022

Top 5 News: Jokowi Ingatkan Relawan hingga Update Gempa Cianjur

Rangkuman artikel viral edisi Jumat dan Jokowi ingatkan relawan merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 27 November 2022

Tim DVI Polri Kesulitan Identifikasi Korban Gempa Cianjur

Tim DVI Polri kesulitan mengidentifikasi korban gempa Cianjur karena fasilitas pemeriksaan yang terbatas dan kondisi jenazah yang sudah rusak.

NEWS | 27 November 2022

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
The Ataris dan FKJ Batal Tampil di Soundrenaline 2022, Kenapa?

The Ataris dan FKJ Batal Tampil di Soundrenaline 2022, Kenapa?

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE