Logo BeritaSatu

Komisi I DPR Pertanyakan Prabowo dan Dudung yang Absen Rapat

Senin, 5 September 2022 | 15:40 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman absen dalam rapat kerja (raker) denga Komisi I DPR. Sejumlah anggota Komisi I mempertanyakan ketidakhadiran Prabowo dan Dudung. Pasalnya, raker di ruang rapat Komisi I, gedung DPR, Jakarta, Senin (5/9/2022), membahas hal-hal penting untuk Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan TNI.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I Meutya Hafid. Raker dihadiri Wakil Menhan M Herindra, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Wakil Kasad Letjen TNI Agus Subiyanto.

“Tadi dikatakan undangan untuk pak Menhan, kenapa sudah dua kali ini kalau tidak salah undangan secara resmi, pak Menhan tidak datang? Yang hari ini sebetulnya sangat spesial, karena kita akan membicarakan anggaran dan anggaran Kemenhan kan paling besar, pak Menhan ya tidak hadir. Jadi, saya mohon penjelasan,” ujar Anggota Komisi I Nurul Arifin.

Anggota Komisi I Yan Permenas Mandenas mengkritik Jenderal Dudung. Pasalnya, sudah beberapa kali, Jenderal Dudung tidak hadir rapat di DPR. Menurutnya, Jenderal Dudung harus bisa membedakan antara agenda prioritas dan rutinitas.

“Kali ini kita rapat membahas RKA (rencana kerja anggaran). Jadi, harus dibedakan mana rapat yang menjadi prioritas dengan rutinitas yang penting di Mabes AD, sehingga rapat-rapat begini tidak setiap saat kita lakukan. Jadi, saya berharap Kepala Staf Angkatan Darat harus hadir di sini,” tegas Yan.

Anggota Komisi I Helmy Faishal menilai kehadiran Jenderal Dudung di raker sangat penting. Apalagi, kata Helmy, ada isu hubungan tidak harmonis antara Jenderal Andika dan Jenderal Dudung.

“Panglima sudah hadir dan kita harapkan pak Kasad bisa hadir sekaligus untuk menepis di mediasosial ada informasi yang tidak enak bahwa ada hubungan yang kurang harmonis antara Panglima dengan Kasad, saya kira ini harus kita clear, mengingat kita ini membutuhkan persatuan menghadapi situasi politik yang kita semua ketahui ada masalah di Papua yang memerlukan persatuan kita,” ungkap Helmy.

Meutya Hafid pun mengungkap ada surat masuk dari Menhan dan Kasad soal pendelegasian keduanya dalam raker Komisi I. Menhan Prabowo, kata Meutya, diwakilkan Wamenhan, karena Prabowo mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Presiden Filipina. Sementara, Kasad melaksanakan kunjungan ke wilayah Kodam II Sriwijaya dalam rangka pemeriksaan kesiapan operasi Satgas Yonif.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Temukan Penyebab Kematian Satu Keluarga Tewas

Penyidik bersama tim gabungan ahli kedokteran forensik hingga laboratorium forensik telah mengetahui penyebab kematian satu keluarga di Kalideres tersebut.

NEWS | 5 Desember 2022

Jokowi Ungkap Kaesang Tengah Jalani Pingitan

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa putra bungsunya, Kaesang Pangarep tengah menjalani masa pingitan jelang pernikahannya dengan Erina Gudono

NEWS | 5 Desember 2022

Tersangka Net89 Diduga Kabur, Bareskrim Terbitkan Red Notice

Bareskrim Polri telah menerbitkan red notice terhadap dua tersangka kasus robot trading Net89.

NEWS | 5 Desember 2022

Sidang Ferdy Sambo, Kuat Ma’ruf Sapa Pengunjung dengan Gaya Saranghaeyo

Kuat Ma’ruf, terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, menyapa pengunjung dengan gaya saranghaeyo.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Jadi Mentor Kreator Indonesia Berkarya

Ganjar mengatakan bahwa ketika masyarakat sudah bermigrasi ke dunia digital, maka ruang itu akan menjadi meeting point. Informasi pun bisa disampaikan.

NEWS | 5 Desember 2022

Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Segera Jalani Persidangan

Novariyadi Imam Akbari bakal segera menjalani persidangan terkait kasus pidana di Yayasan ACT di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

NEWS | 5 Desember 2022

ESG Tingkatkan Performa Grup ANJ

PT ANJ sudah mempraktekkan responsible development dan pemberdayaan sosial di semua lini bisnisnya yang tersebar di Sumatra, Kalimantan dan Papua.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Jumat, Polisi Akan Umumkan Penyebab Kematian Satu Keluarga

Kepolisian akan menjelaskan hasil akhir penyelidikan kasus satu keluarga tewas di Kalideres pada Jumat (9/11/2022).

NEWS | 5 Desember 2022

Tanggap Darurat Bencana di Lumajang Diperpanjang 2 Pekan

Masa tanggap darurat bencana, erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, diperpanjang hingga empat belas hari ke depan.

NEWS | 5 Desember 2022

Hakim Cecar Ricky Rizal: Sudah Membunuh, Mau Disuruh Mencuri

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mencecar Ricky Rizal terkait kesaksian mengenai 2 rekening atas namanya dan rekening Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

NEWS | 23 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE