Logo BeritaSatu

Komisi I DPR Pertanyakan Prabowo dan Dudung yang Absen Rapat

Senin, 5 September 2022 | 15:40 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman absen dalam rapat kerja (raker) denga Komisi I DPR. Sejumlah anggota Komisi I mempertanyakan ketidakhadiran Prabowo dan Dudung. Pasalnya, raker di ruang rapat Komisi I, gedung DPR, Jakarta, Senin (5/9/2022), membahas hal-hal penting untuk Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan TNI.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I Meutya Hafid. Raker dihadiri Wakil Menhan M Herindra, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Wakil Kasad Letjen TNI Agus Subiyanto.

“Tadi dikatakan undangan untuk pak Menhan, kenapa sudah dua kali ini kalau tidak salah undangan secara resmi, pak Menhan tidak datang? Yang hari ini sebetulnya sangat spesial, karena kita akan membicarakan anggaran dan anggaran Kemenhan kan paling besar, pak Menhan ya tidak hadir. Jadi, saya mohon penjelasan,” ujar Anggota Komisi I Nurul Arifin.

Anggota Komisi I Yan Permenas Mandenas mengkritik Jenderal Dudung. Pasalnya, sudah beberapa kali, Jenderal Dudung tidak hadir rapat di DPR. Menurutnya, Jenderal Dudung harus bisa membedakan antara agenda prioritas dan rutinitas.

“Kali ini kita rapat membahas RKA (rencana kerja anggaran). Jadi, harus dibedakan mana rapat yang menjadi prioritas dengan rutinitas yang penting di Mabes AD, sehingga rapat-rapat begini tidak setiap saat kita lakukan. Jadi, saya berharap Kepala Staf Angkatan Darat harus hadir di sini,” tegas Yan.

Anggota Komisi I Helmy Faishal menilai kehadiran Jenderal Dudung di raker sangat penting. Apalagi, kata Helmy, ada isu hubungan tidak harmonis antara Jenderal Andika dan Jenderal Dudung.

“Panglima sudah hadir dan kita harapkan pak Kasad bisa hadir sekaligus untuk menepis di mediasosial ada informasi yang tidak enak bahwa ada hubungan yang kurang harmonis antara Panglima dengan Kasad, saya kira ini harus kita clear, mengingat kita ini membutuhkan persatuan menghadapi situasi politik yang kita semua ketahui ada masalah di Papua yang memerlukan persatuan kita,” ungkap Helmy.

Meutya Hafid pun mengungkap ada surat masuk dari Menhan dan Kasad soal pendelegasian keduanya dalam raker Komisi I. Menhan Prabowo, kata Meutya, diwakilkan Wamenhan, karena Prabowo mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Presiden Filipina. Sementara, Kasad melaksanakan kunjungan ke wilayah Kodam II Sriwijaya dalam rangka pemeriksaan kesiapan operasi Satgas Yonif.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Yudo Margono Bakal Perhatikan Kesejahteraan Prajurit

Peningkatan kesejahteraan prajurit TNI menjadi salah satu hal yang diperhatikan Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Thomas Mueller Isyaratkan Pensiun dari Timnas Jerman

Thomas Mueller Isyaratkan Pensiun dari Timnas Jerman

SEMESTA BOLA 2022 | 59 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE