Logo BeritaSatu

Putri Candrawathi Masih “Bebas”, Polri Dinilai Tidak Konsisten

Minggu, 4 September 2022 | 15:58 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / CAR

Jakarta, Beritasatu.comPutri Candrawathi masih belum ditahan oleh kepolisian. Publik kini tengah menyoroti soal polemik tidak ditahannya istri Irjen Pol Ferdy Sambo tersebut. Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar mengingatkan Polri terkait sejumlah tersangka dari kaum perempuan yang tetap ditahan apabila terlibat tindak pidana.

Menurut Fickar, tidak ditahannya Putri memperlihatkan sikap tidak konsisten dari Polri terhadap tersangka perempuan pada sejumlah kasus. Para tersangka tersebut justru tetap dilakukan penahanan akibat tersandung kasus hukum.

“Dengan tidak ditahannya PC (Putri Candrawathi), kepolisian sudah bersikap diskriminatif terhadap tersangka perempuan lainnya," kata Fickar, Minggu (4/9/2022).

Menurutnya, polemik masih “bebasnya” Putri Candrawathi dapat memengaruhi kepercayaan publik terhadap Polri. “Hal ini bisa menimbulkan kesenjangan dan dikhawatirkan justru makin menurunkan rasa percaya masyarakat terhadap Polri,” ujar Fickar.

Diketahui, Putri bersama suaminya turut terseret kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Fickar mengatakan seseorang bisa ditahan jika ancaman pidananya di atas lima tahun penjara, dikhawatirkan dapat melarikan diri, mengulangi kejahatan, hingga menghilangkan atau merusak barang bukti. Pelakanaan penahanan menjadi kewenangan penuh penyidik, penuntut umum, atau hakim sesuai tingkat prosesnya.

“Berdasarkan rasa keadilan dalam masyarakat dan umumnya kasus yang pernah ada, maka seharusnya sangkaan Pasal 340 KUHP itu (Putri Candrawathi) ditahan, karena tindak pidananya berat,” tegasnya.

Sebelumnya, Polri menekankan bahwa Putri tidak ditahan karena alasan kemanusiaan. Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto mengatakan pihaknya sudah memeriksa Putri beberapa waktu lalu. Diungkapkan, pihak pengacara menyampaikan keinginan agar Putri tidak ditahan.

“Penyidik masih mempertimbangkan, terutama dengan alasan kesehatan, kedua kemanusiaan, dan ketiga masih memiliki balita jadi itu,” ungkap Agung di kantor Komnas HAM, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Dia menambahkan Putri juga sudah dicegah ke luar negeri untuk beberapa waktu ke depan. Selain itu, pihak pengacara juga memastikan Putri bakal kooperatif mengikuti proses hukum. Putri dikenakan wajib lapor dua kali dalam satu minggu.

“Alhamdulillah penyidik mempertimbangkan hal-hal terkait kemanusiaan ya sehingga penyidik mengabulkan tetapi diminta untuk diberikan wajib lapor 2x1 minggu,” kata kuasa hukum Putri, Arman Hanis kepada wartawan di Bareskrim Polri, Rabu (31/8/2022).

Polri telah menetapkan lima tersangka terkait kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Kelima tersangka itu dijerat dengan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP. Pasal 340 diketahui mengatur soal pidana pembunuhan berencana dengan ancaman pidana mati, penjara seumur hidup, atau 20 tahun.

Kelima tersangka tersebut, yaitu Irjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal, satu tersangka sipil bernama Kuat Maruf atau KM, dan istri Sambo yaitu Putri Candrawathi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Delapan Korban Hilang Gempa Cianjur Belum Ditemukan

Hari ini upaya pencarian 8 korban gempa Cianjur belum membuahkan hasil, sehingga total jumlah korban yang meninggal dunia masih 334 jiwa.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasus Keluarga Tewas di Kalideres Rampung Sebelum HUT Polda Metro

Kasus keluarga tewas di Kalideres rampung sebelum hari ulang tahun (HUT) Polda Metro Jaya, 6 Desember 2022.

NEWS | 4 Desember 2022

Penerbangan di Bandara Juanda Tak Terganggu Erupsi Semeru

Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, tidak terganggu adanya erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

BNPB: 1.979 Jiwa Mengungsi Akibat Awan Panas Guguran Semeru

Sebanyak 1.979 jiwa mengungsi di 11 titik setelah adanya luncuran awan panas guguran (APG) dan peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru.

NEWS | 4 Desember 2022

PVMBG: Luncuran Awan Panas Gunung Semeru Capai 13 Km

PVMBG menyatakan, luncuran awan panas guguran Gunung Semeru di Jawa Timur mencapai lebih dari 13 km.

NEWS | 4 Desember 2022

Warga Jakarta Diimbau Pantau Potensi Cuaca Ekstrem

Warga Jakarta diimbau memantau potensi cuaca ekstrem. Hal itu dikatakan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

NEWS | 4 Desember 2022

Ganjar Pranowo Yakin Target Pengangkatan Sejuta Guru Tercapai

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yakin target pengangkatan satu juta guru yang dicanangkan pemerintah akan tercapai.

NEWS | 4 Desember 2022

Cegah Geng Motor, TNI-Polri Tingkatkan Patroli di Sidoarjo

Guna mencegah serta mengantisipasi geng motor, personel TNI-Polri menggelar patroli bersama dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Sidoarjo.

NEWS | 4 Desember 2022

6 Warga Semarang Tewas dalam Kecelakaan Bus di Magetan

Enam warga Semarang, Jawa Tengah, tewas dalam kecelakaan bus di Magetang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Politisi Harus Belajar Sportivitas di Dunia Olahraga

Panggung politik Tanah Air, khususnya para politisi, perlu belajar semangat sportivitas yang tumbuh di dunia olahraga.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Delapan Korban Hilang Gempa Cianjur Belum Ditemukan

Delapan Korban Hilang Gempa Cianjur Belum Ditemukan

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE