Logo BeritaSatu

Warga Serukan Rajapaksa Ditahan setelah Kembali ke Sri Lanka

Minggu, 4 September 2022 | 12:55 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Kolombo, Beritasatu.com – Banyak warga menyerukan agar Gotabaya Rajapaksa ditahan setelah mantan Presiden Sri Lanka yang melarikan diri dari negaranya itu itu kembali.

Rajapaksa melarikan diri dari negara kepulauan itu, di bawah pengawalan militer pada Juli setelah kerumunan besar massa menyerbu kediaman resminya karena marah cara pemerintahannya mengurus negara.

Pria berusia 73 tahun itu kemudian mengumumkan pengunduran dirinya dari Singapura dan menghabiskan berminggu-minggu di bawah tahanan rumah virtual di sebuah hotel di Bangkok melobi penggantinya untuk mengizinkannya kembali.

Para pemimpin kampanye protes yang menggulingkan pemerintahannya mengatakan Rajapaksa, yang kehilangan kekebalan kepresidenannya setelah meninggalkan jabatannya, sekarang harus diadili.

"Gotabaya kembali karena tidak ada negara yang mau menerimanya, dia tidak punya tempat untuk bersembunyi," Joseph Stalin, pemimpin serikat pekerja guru yang membantu memobilisasi demonstran, mengatakan kepada AFP, Sabtu (3/9/2022).

"Dia harus segera ditangkap karena menyebabkan kesengsaraan bagi 22 juta orang Sri Lanka. Dia harus diadili atas kejahatannya."

Pemerintah Rajapaksa dituduh melakukan salah urus yang kacau karena ekonomi Sri Lanka mengalami krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Krisis tersebut menyebabkan kekurangan pangan yang akut, pemadaman listrik yang panjang dan antrian panjang di pompa bensin untuk pasokan bahan bakar yang langka setelah negara tersebut kehabisan mata uang asing untuk membayar impor penting.

Aliansi oposisi utama Sri Lanka, Samagi Jana Balawegaya (SJB), belum mengomentari kembalinya Rajapaksa, tetapi seorang mantan menteri dari blok tersebut mengatakan pemimpin yang digulingkan itu perlu diadili.

"Gotabaya harus dimintai pertanggungjawaban atas kejahatannya sebelum dan selama masa kepresidenannya," kata Ajith Perera kepada wartawan di Kolombo.

Seorang juru bicara pemerintah Sri Lanka dan kantor presiden tidak segera membalas email yang meminta komentar tentang kembalinya Rajapaksa.

Rajapaksa tiba di bandara internasional utama di Kolombo dan dihias dengan bunga oleh pesta penyambutan para menteri dan politisi senior saat ia turun.

Baca selanjutnya
Dia dibawa dalam konvoi keamanan ke kediaman resmi baru di ibu ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sabtu Menikah, Ini Prosesi Perkawinan Kaesang-Erina

Sejumlah rangkaian acara jelang acara akad nikah akan dijalani Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono dengan rangkaian tradisi pernikahan adat Jawa.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Tak Dengar Ferdy Sambo Perintahkan Tembak Brigadir J, Bharada E: Terserah

Bharada E menyatakan terserah saat merespons Ricky Rizal yang menyatakan tidak dengar perintah Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Rizal Jelaskan Kronologi Penembakan Brigadir J

Ricky Rizal, menjelaskan kronologi penembakan Brigadir J berdasarkan sudut pandangnya saat menjalani sidang di PN Jaksel.

NEWS | 5 Desember 2022

Polisi Temukan Penyebab Kematian Satu Keluarga Tewas

Penyidik bersama tim gabungan ahli kedokteran forensik hingga laboratorium forensik telah mengetahui penyebab kematian satu keluarga di Kalideres tersebut.

NEWS | 5 Desember 2022

Jokowi Ungkap Kaesang Tengah Jalani Pingitan

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa putra bungsunya, Kaesang Pangarep tengah menjalani masa pingitan jelang pernikahannya dengan Erina Gudono

NEWS | 5 Desember 2022

Tersangka Net89 Diduga Kabur, Bareskrim Terbitkan Red Notice

Bareskrim Polri telah menerbitkan red notice terhadap dua tersangka kasus robot trading Net89.

NEWS | 5 Desember 2022

Sidang Ferdy Sambo, Kuat Ma’ruf Sapa Pengunjung dengan Gaya Saranghaeyo

Kuat Ma’ruf, terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, menyapa pengunjung dengan gaya saranghaeyo.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Jadi Mentor Kreator Indonesia Berkarya

Ganjar mengatakan bahwa ketika masyarakat sudah bermigrasi ke dunia digital, maka ruang itu akan menjadi meeting point. Informasi pun bisa disampaikan.

NEWS | 5 Desember 2022

Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Segera Jalani Persidangan

Novariyadi Imam Akbari bakal segera menjalani persidangan terkait kasus pidana di Yayasan ACT di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

NEWS | 5 Desember 2022

ESG Tingkatkan Performa Grup ANJ

PT ANJ sudah mempraktekkan responsible development dan pemberdayaan sosial di semua lini bisnisnya yang tersebar di Sumatra, Kalimantan dan Papua.

EKONOMI | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pameran USS 2022 Bakal Dimeriahkan The Hundreds hingga Hotsauce

Pameran USS 2022 Bakal Dimeriahkan The Hundreds hingga Hotsauce

LIFESTYLE | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE