Logo BeritaSatu

Disiplin, Kunci Sukses Bima Sakti Asuh Timnas U-16 Indonesia

Sabtu, 3 September 2022 | 20:18 WIB
Oleh : Jaja Suteja / AB

Jakarta, Beritasatu.com - Timnas U-16 Indonesia sukses menjadi juara turnamen Piala AFF U-16 seusai menang 1-0 atas Vietnam pada pertandingan final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, 12 Agustus 2022. Sukses Timnas U-16 ini tak lepas dari sentuhan Bima Sakti yang memiliki kiat khusus dalam menanamkan disiplin.

Dia percaya disiplin menjadi kunci meraih sukses. Sebagai pelatih, Bima Sakti juga berusaha mengedukasi anak asuhnya dengan cara yang berbeda dibanding pelatih-pelatih lain.

“Saya pikir ini pembelajaran untuk pemain. Kami sebagai tim pelatih dan ofisial sudah mengedukasi mereka, memberi ilmu, memosisikan diri kami sebagai orang tua, kakak, atau teman bagi mereka. Bukan hanya ilmu bola saja, tetapi di luar lapangan itu sangat penting agar mereka bisa belajar,” jelas Bima.

Selain itu, Bima juga menerapkan sejumlah peraturan dalam timnya. “Seperti penggunaan telepon seluler, kami batasi. Selain itu juga menjaga disiplin mereka dengan ibadah bersama-sama. Kemudian untuk yang nonmuslim, setiap hari Minggu kami memberi kesempatan ke gereja, kami siapkan kendaraan. Contoh lain untuk Krisna (I Komang Ananta Krisna Putra), setiap minggu kita antar dia naik mobil ke pura. Terpenting adalah itu, ibadah mereka. Kami juga edukasi pemain untuk jangan cepat puas, jangan sombong,” tegasnya.

Disiplin, Kunci Sukses Bima Sakti Asuh Timnas U-16 Indonesia
Pelatih timnas U-16, Bima Sakti, saat memimpin latihan.

Bima Sakti juga membiasakan salat berjemaah yang melibatkan staf pelatih, tim ofisial, dan pemain Timnas U-16. Salat berjemaah bagi staf pelatih dan pemain muslim memang sudah menjadi rutinitas di Timnas U-16. Bahkan, ia memberikan denda bagi pemain yang bolos salat ataupun terlambat.

"Kami membentuk tim ini tidak hanya mengajarkan main bola saja, tetapi juga mendidik akhlak mereka. Karena itu, kami mengajarkan mereka untuk disiplin, terutama ibadah," kata Bima Sakti dalam video yang beredar di media sosial.

Asisten pelatih Timnas U-16 Markus Horison mengamini bahwa pelatih kepala Bima Sakti mewajibkan seluruh rombongan squad Garuda salat lima waktu berjemaah.

Markus mengaku para staf pelatih sampai sengaja tidak tidur karena takut jam salat subuh terlewat.

"Itu sampai kami enggak tidur karena takut telat subuhan karena kami sampai hotel hampir jam 1 dini hari, sementara salat subuh sekitar jam empat," kata Markus.

Tradisi
Hal-hal seperti itu ternyata terbawa dan terpatri dalam diri salah satu pemain tim yang sebelumnya diasuh Bima Sakti.

“Tiba-tiba Marselino (Ferdinan) WhatsApp saya mengucapkan selamat atas kemenangan pada pertandingan melawan Filipina, semoga berikutnya lebih baik. Saya ceritakan itu ke mereka (pemain Timnas U-16 saat ini). Itu menjadi contoh, mudah-mudahan ada Marselino-marselino lain yang bisa teruskan tradisi seperti itu dari tim ini,” beber Bima.

Ada tradisi lain yang dilakukan Timnas U-16, yakni kostum Alfin Lestaluhu dan menempatkan foto-foto orang tua pemain di ruang ganti.

“Hampir tiga tahun Alfin meninggalkan kita semua, banyak kenangan dengannya. Satu yang paling saya ingat adalah saat dia dengan berani menghampiri saya dan bilang ke saya untuk mengambil tendangan penalti (melawan Vietnam di Chonburi). Begitu tidak gol, dia langsung datang ke saya lagi, terus minta maaf. Saya bilang tidak usah, kamu hebat. Saya salut dengan keberaniannya, anak umur segitu punya mental dan keberanian yang saya sulit bisa katakan dengan kata-kata,” kenang Bima.

Saat melihat mental dan emosi pemain muda yang masih labil, serta kadang suka mengingat orang tua, tim pelatih serta ofisial sepakat untuk menaruh foto-foto orang tua di ruang ganti pemain. Kehadiran foto-foto diharapkan membuat para pemain bisa terus mengingat orang tua yang telah melahirkan dan membesarkan mereka selama ini, serta memanjatkan doa untuk orang tua.

Bima Sakti juga menerapkan disiplin terkait makanan. Pemain Timnas U-16 tidak boleh mengunsumsi gorengan. Larangan itu kemudian dipatuhi para pemain, bahkan saat mereka telah selesai menyabet trofi. Hal ini terbukti saat squad Timnas U-16 Indonesia tidak tergoda menyantap makanan berminyak yang dihidangkan dalam "Konser 17-an Indonesia Juara", Rabu (17/8/2022) malam.

Pelatih Bima Sakti pun mengapresiasi kedisiplinan yang menjadi komitmen pemain Timnas U-16 Indonesia. "Yang pasti mereka sudah belajar di TC (pemusatan latihan) dan kami selalu memberikan edukasi ke mereka bahwa disiplin makanan juga sangat penting," ucapnya.

Baca selanjutnya
TrofiIndonesia menjadi juara Piala AFF U-16 setelah pada pertandingan final menaklukkan ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Delapan Korban Hilang Gempa Cianjur Belum Ditemukan

Hari ini upaya pencarian 8 korban gempa Cianjur belum membuahkan hasil, sehingga total jumlah korban yang meninggal dunia masih 334 jiwa.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasus Keluarga Tewas di Kalideres Rampung Sebelum HUT Polda Metro

Kasus keluarga tewas di Kalideres rampung sebelum hari ulang tahun (HUT) Polda Metro Jaya, 6 Desember 2022.

NEWS | 4 Desember 2022

Penerbangan di Bandara Juanda Tak Terganggu Erupsi Semeru

Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, tidak terganggu adanya erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

BNPB: 1.979 Jiwa Mengungsi Akibat Awan Panas Guguran Semeru

Sebanyak 1.979 jiwa mengungsi di 11 titik setelah adanya luncuran awan panas guguran (APG) dan peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru.

NEWS | 4 Desember 2022

PVMBG: Luncuran Awan Panas Gunung Semeru Capai 13 Km

PVMBG menyatakan, luncuran awan panas guguran Gunung Semeru di Jawa Timur mencapai lebih dari 13 km.

NEWS | 4 Desember 2022

Warga Jakarta Diimbau Pantau Potensi Cuaca Ekstrem

Warga Jakarta diimbau memantau potensi cuaca ekstrem. Hal itu dikatakan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

NEWS | 4 Desember 2022

Ganjar Pranowo Yakin Target Pengangkatan Sejuta Guru Tercapai

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yakin target pengangkatan satu juta guru yang dicanangkan pemerintah akan tercapai.

NEWS | 4 Desember 2022

Cegah Geng Motor, TNI-Polri Tingkatkan Patroli di Sidoarjo

Guna mencegah serta mengantisipasi geng motor, personel TNI-Polri menggelar patroli bersama dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Sidoarjo.

NEWS | 4 Desember 2022

6 Warga Semarang Tewas dalam Kecelakaan Bus di Magetan

Enam warga Semarang, Jawa Tengah, tewas dalam kecelakaan bus di Magetang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Politisi Harus Belajar Sportivitas di Dunia Olahraga

Panggung politik Tanah Air, khususnya para politisi, perlu belajar semangat sportivitas yang tumbuh di dunia olahraga.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Delapan Korban Hilang Gempa Cianjur Belum Ditemukan

Delapan Korban Hilang Gempa Cianjur Belum Ditemukan

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE