Logo BeritaSatu

AS Setujui Vaksin Booster Pfizer untuk Omicron

Jumat, 2 September 2022 | 07:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) menyetujui vaksin booster Pfizer yang diperbarui yang menargetkan varian Omicron. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Rabu (31/8/2022), produsen obat Pfizer menyatakan pihaknya memiliki dosis yang siap dikirim dan dapat mengirimkan hingga 15 juta dosis pada akhir minggu depan.

Langkah oleh Food and Drug Administration (FDA) pada hari Rabu mengubah resep dosis yang dibuat oleh Pfizer dan Moderna. Para pejabat berharap booster yang dimodifikasi akan menumpulkan gelombang musim dingin lainnya.

"Anda akan melihat saya di garis depan," kata kepala vaksin FDA, Peter Marks kepada The Associated Press sesaat sebelum agensinya menghapus dosis baru.

Hingga saat ini, vaksin Covid-19 telah menargetkan jenis virus corona asli, bahkan ketika mutan yang sangat berbeda muncul. Booster AS yang baru adalah tembakan kombinasi, atau "bivalen". Mereka mengandung setengah dari resep vaksin asli dan setengah perlindungan terhadap versi Omicron terbaru, yang disebut BA.4 dan BA.5, yang dianggap paling menular.

Kombinasi ini bertujuan untuk meningkatkan perlindungan silang terhadap beberapa varian.

“Ini benar-benar memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk perlindungan,” kata kepala vaksin Pfizer Annaliesa Anderson kepada AP.

Sebagai dosis tunggal, vaksin Moderna diizinkan untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas, sedangkan bakal bivalen Pfizer adalah untuk mereka yang berusia 12 tahun ke atas.

Pemerintah AS telah membeli 175 juta dosis vaksin booster dari kedua perusahaan. Pembelian merupakan upaya untuk mencegah efek terburuk dari potensi lonjakan infeksi baru ketika sekolah-sekolah kembali berkumpul dan orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan saat cuaca semakin dingin. Pfizer menyatakan dapat mengirimkan hingga 15 juta dosis tersebut pada 9 September.

Pada Juni, FDA eminta pembuat vaksin untuk menyesuaikan dosis ke dua subvarian yang bertanggung jawab atas lonjakan infeksi terbaru di seluruh dunia. Subvarian BA.5 saat ini menyumbang lebih dari 88 persen infeksi AS.

Vaksin booster yang diperbarui hanya untuk orang-orang yang telah mendapatkan vaksinasi utama mereka, menggunakan vaksin asli, dan tidak digunakan untuk vaksinasi awal.

Ada satu langkah lagi sebelum kampanye booster berikutnya dimulai: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) harus merekomendasikan siapa yang harus mendapatkan suntikan tambahan.

Panel penasihat CDC yang berpengaruh akan memperdebatkan bukti pada Kamis – termasuk apakah orang yang berisiko tinggi untuk Covid-19 harus menjadi yang pertama.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ratusan Ribu Jemaat Gereja Tiberias Rayakan Natal di GBK

Perayaan Natal ini dihadiri oleh lebih dari seratus ribu jemaat GTI se-Jabodetabek, dan perwakilan utusan GTI dari seluruh Indonesia.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemkab Bantu Uang Sewa Rumah untuk Korban Gempa Cianjur

Pemkab menyiapkan anggaran sebesar Rp 500.000 per kepala keluarga (kk) korban gempa Cianjur untuk menyewa rumah.

NEWS | 3 Desember 2022

Dinsos DKI Alokasikan Dana Rp 300.000 Per Bulan untuk Disabilitas

Anggaran tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sensorik para disabilitas setiap bulannya

NEWS | 3 Desember 2022

Antisipasi PHK, Wapres Ungkap Jurus dari Pemerintah

Ma'ruf Amin menyebut pemerintah telah menyiapkan program-program padat karya untuk mengantisipasi pemutusan hubungan kerja (PHK) pekerja.

NEWS | 3 Desember 2022

Ini Dua Harapan Moeldoko bagi Panglima TNI Yudo Margono

Moeldoko berharap Panglima TNI Yudo Margono dapat meningkatkan aspek pembinaan dan penggunaan kekuatan TNI terkait profesionalitas dan kesejahteraan.

NEWS | 3 Desember 2022

BPBD: Belum Tercatat Adanya Kerusakan Akibat Gempa Garut

BPBD Garut memastikan belum tercatat ada kerusakan bangunan atau rumah warga akibat gempa Garut yang berkekuatan 6,1 magnitudo, Sabtu (3/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022

Legislator PDIP Malas Turun ke Tengah Rakyat Tak Akan Diusung Caleg

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan kader PDIP yang menjadi anggota DPR dan DPRD agar turun ke tengah rakyat.

NEWS | 3 Desember 2022

Asosiasi Dai Bantah Bencana Terjadi karena Tak Terapkan Sistem Khilafah

Asosiasi Dai membantah pandangan kelompok radikal yang menyebut bahwa bencana alam yang terjadi di Tanah Air akibat tidak diterapkan sistem khilafah.

NEWS | 3 Desember 2022

Dinsos DKI Jakarta Ungkap Dukungan Fasilitas untuk Disabilitas

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari mengungkap dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada para disabilitas.

NEWS | 3 Desember 2022

Adian: Suara Rakyat Tak Perlu Dibayar dengan Uang dalam Amplop

Adian Napitupulu mengingatkan para anggota dan kader PDIP tidak menjadikan rakyat sekadar objek jual beli suara saat pemilu.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Babak Pertama, Belanda Ungguli Amerika 2-0

Piala Dunia 2022: Babak Pertama, Belanda Ungguli Amerika 2-0

SEMESTA BOLA 2022 | 31 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE