Logo BeritaSatu

Muslimat NU Jabar Dukung Puan Maharani Lawan Stunting

Kamis, 1 September 2022 | 16:10 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Bandung, Beritasatu.com - Muslimat Nahdlatul Ulama (Muslimat NU) Jawa Barat mendukung Gerakan Melawan Stunting yang digagas oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani, melalui HaloPuan.

Ketua Muslimat NU Jawa Barat, R Ella Girikomala, bersama Koordinator HaloPuan, Poppy Astari, menandatangani naskah kerja sama Gerakan Melawan Stunting di Jawa Barat di hadapan sekitar 2.500 anggota Muslimat NU se-Jawa Barat yang memenuhi Bale Asri Pusdai Jawa Barat, Kota Bandung, pada 31 Agustus 2022, untuk memperingati Harlah ke-76 Muslimat NU, .

“Angka stunting di Jawa Barat termasuk tinggi, dan karena itu, pada kegiatan peringatan Harlah ini, kami mengadakan kerja sama dengan HaloPuan dalam Gerakan Melawan Stunting dengan harapan bangsa kita ke depannya kuat dalam jasmani dan rohani,” kata Ella seraya mengutip ayat suci Al-Quran yang memerintahkan umat Islam untuk tidak meninggalkan keturunan yang lemah.

Sebelum naskah kerja sama diteken, HaloPuan menampilkan video presentasi tentang Gerakan Melawan Stunting yang sudah berjalan lebih daripada satu tahun. Video tersebut menggambarkan HaloPuan yang telah menjelajahi 29 desa dan kelurahan di 19 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Sekitar 3.000 target warga telah menerima intervensi gizi sensitif berupa penyuluhan dan intervensi gizi spesifik berupa pemberian makanan tambahan, termasuk di dalamnya bubuk daun kelor.

Poppy mengatakan, Muslimat NU merupakan ormas kaum perempuan tertua dan terbesar di Jawa Barat. Jaringan Muslimat NU menjangkau desa-desa melalui majelis-majelis taklim. “Oleh karena itu, HaloPuan menyadari, tanpa bekerja sama dengan Muslimat NU dan ormas-ormas lainnya, Gerakan Melawan Stunting tak akan mampu memperluas capaiannya,” katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan, yang telah mengadakan Gerakan Melawan Stunting di empat titik lokasi bersama HaloPuan, menyampaikan testimoni bahwa apa yang dilakukan HaloPuan efektif menurunkan angka stunting.

“Ini karena HaloPuan membawa gagasan baru berupa bubuk daun kelor,” ujar Yudha. “Di salah satu desa, yakni di Sukajaya, angka stunting-nya turun signifikan setelah warga sasaran mengonsumsi bubuk daun kelor dan dimonitor oleh teman-teman HaloPuan bersama kader-kader posyandu.”

Dengan bermitra bersama Muslimat NU Jawa Barat, Yudha percaya gagasan bubuk daun kelor yang dibawa HaloPuan bisa bergaung lebih luas lagi. “Kolaborasi ini akan mempercepat penurunan stunting karena jaringan Muslimat NU sangat luas hingga majelis-majelis taklim di desa-desa.”

Usai penandatanganan naskah kerja sama, HaloPuan memberi bibit dan bubuk kelor kepada Ketua PW Muslimat NU Jawa Barat, R Ella Girikomala, dan Ketua PW NU Jawa Barat, Kiai Juhadi Muhammad. “Untuk langkah selanjutnya, kami bersama pengurus-pengurus cabang Muslimat NU se-Jawa Barat akan melakukan intervensi gizi sensitif dan spesifik di desa-desa,” kata Poppy.

Harlah ke-76 Muslimat NU dan penandatanganan naskah kerja sama Muslimat NU dan HaloPuan juga dihadiri oleh Pembina Muslimat NU Jawa Barat, Lina Marlina Ruzhan, dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.

Lina menyambut baik kerja sama ini karena angka stunting di Jawa Barat merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia. Sementara, Wagub Uu Ruzhanul mengakui, meskipun angka stunting di Jawa Barat turun, penurunannya belum sesuai harapan.

“Oleh karena itu, kami mengadakan kolaborasi-kolaborasi, termasuk dengan HaloPuan,” kata Uu Ruzhanul. “Saya berterima kasih kepada HaloPuan yang telah membantu kami dalam rangka zero stunting di Jawa Barat, hatur nuhun Bu Puan.”



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Basarnas Terus Cari 8 Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur

Basarnas terus mencari delapan korban hilang akibat gempa Cianjur, Jawa Barat. Namun, mulai Rabu (7/12/2022), operasi pencarian dilakukan secara pasif.

NEWS | 6 Desember 2022

Gawat, Indonesia Masuk di 25 Negara Paling Mematikan untuk Wisatawan

The Swiftest baru saja mengeluarkan daftar 50 negara paling mematikan untuk wisatawan, di mana Indonesia termasuk dalam 25 negara teratas.

NEWS | 6 Desember 2022

MUI Jabar Buat Surat Edaran Tegaskan Bencana Bukan Azab

MUI Jabar membuat surat edaran yang berisi penegasan bahwa musibah atau bencana alam bukanlah azab dari Tuhan Yang Maha Esa.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkumham: RKUHP yang Disahkan Efektif Berlaku Setelah 3 Tahun

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengungkapkan, Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP)

NEWS | 6 Desember 2022

Ismail Bolong Jalani Pemeriksaan Kasus Tambang Ilegal Kaltim

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri tengah memeriksa Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal Kalimantan Timur (Kaltim)

NEWS | 6 Desember 2022

Dituduh Hancurkan Barang Bukti Tragedi Itaewon, 2 Mantan Polisi Ditangkap

Dua mantan polisi Korea Selatan ditangkap pada hari Senin (5/12/2022), dengan tuduhan menghancurkan barang bukti dari tragedi Itaewon.

NEWS | 6 Desember 2022

Hendra Sebut Kapolri Minta Kasus Brigadir J Ditangani secara Profesional

Hendra Kurniawan menyebutkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar kasus Brigadir J ditangani secara profesional.

NEWS | 6 Desember 2022

Cerita Kaesang Pangarep Ajak Menikah Erina: Der Ketemu, Terus Jadian...

Kaesang Pangarep kini tengah menghitung hari untuk menikahi kekasihnya Erina Gudono yang akan digelar Sabtu (10/12/2022).

NEWS | 6 Desember 2022

Malaysia Bakal Impor Telur untuk Atasi Kekurangan Pasokan

Malaysia akan impor telur sebagai tindakan jangka pendek untuk mengatasi kekurangan pasokan lokal.

NEWS | 6 Desember 2022

Sidang Sambo, Agus Nurpatria Tepis Berita Negatif tentang Hendra Kurniawan

Agus Nurpatria, dalam sidang Sambo, menepis berita negatif Karopaminal Divpropam Polri Hendra Kurniawan.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Basarnas Terus Cari 8 Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur

Basarnas Terus Cari 8 Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE