Logo BeritaSatu

Hampir 160 Tentara Rusia Tewas Akibat 220 Rudal Militer Ukraina

Kamis, 1 September 2022 | 08:32 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Militer Ukraina menyatakan telah membunuh hampir 160 tentara Rusia setelah meluncurkan serangan rudal dan artileri sebagai bagian dari serangan balasan besar-besaran di Ukraina selatan.

Vladyslav Nazarov, juru bicara Komando Operasi Ukraina Selatan (OCS), mengatakan pada Selasa (30/8) bahwa diperkirakan 159 tentara Rusia telah tewas dan 60 unit peralatan militer Rusia dihancurkan semalam.

Lebih dari 220 serangan rudal dan artileri, pada target yang mencakup tiga jembatan, dilaporkan diluncurkan oleh Ukraina pada waktu yang hampir bersamaan.

Satu posting Facebook oleh OCS menyatakan bahwa peralatan Rusia yang dihancurkan termasuk lima tank T-72, tiga howitzer Msta-B, 5 sistem rudal anti-tank, sistem rudal permukaan-ke-udara S-300, stasiun peperangan elektronik dan stasiun radar, sistem mortar bergerak 120 mm dan 40 unit peralatan lapis baja dan otomotif.

OCS melaporkan bahwa situasi di Ukraina selatan "tetap sulit" tetapi "dikendalikan oleh" militer Ukraina. Ukraina memperingatkan bahwa ancaman serangan rudal dari armada Rusia yang ditempatkan di Laut Hitam masih "relevan."

Nazarov mengatakan bahwa serangan rudal Rusia di distrik Bashtansky di Mykolaiv tidak menimbulkan korban, sementara serangan artileri di distrik Nikopol di Dnipropetrovsk telah menyebabkan kerusakan pada bangunan tempat tinggal dan melukai seorang warga sipil.

Pejabat Ukraina yang berbeda telah melaporkan bahwa penembakan Rusia terhadap sasaran sipil di bagian lain negara itu. Serangan invasi Rusia itu mengakibatkan setidaknya enam kematian dan 15 cedera pada Selasa. Seorang pemimpin militer Rusia mengklaim bahwa penyabot Ukraina "dihancurkan" di mikrodistrik Tavrichesky Kherson pada Selasa pagi.

Tujuan dari serangan balasan Ukraina termasuk merebut kembali Kherson, kota terbesar yang berada di bawah kendali Rusia sejak invasi dimulai pada 24 Februari. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga menyarankan bahwa dorongan selatan dapat mendahului upaya untuk merebut kembali Krimea, yang dianeksasi Rusia pada tahun 2014.

Pada Senin (29/8), juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan bahwa serangan balasan itu mengungkap kekurangan personel militer Rusia. "Ancaman yang membayangi" memaksa Rusia untuk mentransfer pasukan ke selatan dari wilayah Donbas timur Ukraina.

Pada hari yang sama, seorang pejabat senior militer AS mengatakan selama pengarahan Departemen Pertahanan (DoD) bahwa jumlah pasukan Ukraina "jauh lebih besar" di bagian selatan negara itu daripada di timur, dalam hal "kesetaraan atau kesetaraan. " dengan pasukan Rusia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022

Erupsi Semeru, PLN Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan

PLN menyalurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

NEWS | 6 Desember 2022

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Kementerian PUPR menggalang dana corporate social responsibility (CSR) untuk membangun rumah relokasi tahan gempa bagi warga korban Gempa Cianjur.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkes Ingatkan Orang Tua Pentingnya Imunisasi Polio

Menkes mengingatkan kepada orang tua mengenai pentingnya imunisasi polio guna mencegah terjadinya lumpuh kayu terhadap anak.

NEWS | 6 Desember 2022

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko bekas Holywings Tanjung Duren, Jakbar, kebakaran. Eks Holywings itu kini berganti nama menjadi Helens.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pameran USS 2022 Bakal Dimeriahkan The Hundreds hingga Hotsauce

Pameran USS 2022 Bakal Dimeriahkan The Hundreds hingga Hotsauce

LIFESTYLE | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE