Logo BeritaSatu

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi hingga 6 Meter Hari Ini dan Besok

Minggu, 28 Agustus 2022 | 13:24 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada hari ini dan besok yakni pada 28-29 Agustus 2022.

BMKG memperingatkan gelombang tinggi di kisaran 4 meter hingga 6 meter berpeluang terjadi di perairan Samudra Hindia Barat Lampung.

Hal ini terjadi karena pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur laut-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-Jawa Barat, Laut Jawa bagian timur dan Laut Arafuru bagian timur," tulis BMKG.

Selain menyebabkan terjadinya peningkatan gelombang tinggi hingga 6 meter, BMKG menyebutkan, terjadi juga gelombang tinggi 2,5 sampai 4 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu, perairan Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Samudra Hindia Barat Aceh-Bengkulu, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Pulai Jawa-Lombok, Selat Bali-Lombok bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Jawa-Lombok.

Selain itu, terjadi juga gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di Selat Malaka bagian utara, perairan timur Pulau Simeulue, Selat Alas bagian selatan, perairan selatan Pulau Sumbawa - Sumba, Selat Sumba, Laut Sawu bagian selatan, perairan selatan Pulau Sawu-Pulau Rotte-Kupang, Samudra Hindia Selatan Pulau Sumbawa-Sumba, Laut Jawa bagian timur, perairan selatan Kalimantan, Selat Makassar bagian selatan, Laut Flores bagian timur, perairan Kepulauan Wakatobi, perairan Manui-Kendari, Laut Banda, perairan selatan Kepulauan Sermata-Kepulauan Tanimbar, perairan selatan Kepulauan Kai-Kepulauan Aru, Laut Arafuru, perairan Biak-Jayapura, Samudra Pasifik Utara Papua.

Menurut BMKG, potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tulis peringatan dini BMKG.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

SMRC: Ganjar Unggul Jauh dari Pesaingnya di Pilpres 2024

Survei SMRC menemukan pada kelompok pemilih yang tahu semua bakal calon presiden (capres), Ganjar Pranowo unggul jauh dari para pesaingnya di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Survei: Masyarakat Percaya Ada Praktik Setoran di Polri

Indikator Politik Indonesia dalam surveinya menemukan adanya pandangan publik yang percaya adanya praktik setoran dari bawahan ke atasan di Polri. 

NEWS | 27 November 2022

Kasus Teddy Minahasa, Survei: Publik Endus Persaingan Tak Sehat di Polri

Survei Indikator Politik Indonesia menemukan persepsi publik adanya persaingan tidak sehat di internal Polri usai kasus peredaran narkoba Irjen Teddy Minahasa.

NEWS | 27 November 2022

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Teratas, Prabowo dan Anies Bersaing

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Ganjar Pranowo meraih dukungan terbanyak sebagai presiden.

NEWS | 27 November 2022

Bawaslu: Ada Dugaan Pelanggaran Verifikasi Faktual di Sulbar

Bawaslu mengungkap ada dugaan pelanggaran verfikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik (parpol) di Sulawesi Barat (Sulbar).

NEWS | 27 November 2022

Gempa Cianjur, BNPB Fokus Penanganan Pengungsi dan Distribusi Logistik

BNPB memastikan masih akan terus melakukan pencarian dan evakuasi korban gempa Cianjur yang hingga hari ini belum ditemukan.

NEWS | 27 November 2022

Brigade: Jokowi di Hati, Ganjar Pranowo Dinanti

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) memekikkan tagline perjuangan Jokowi di Hati, Ganjar Pranowo Dinanti saat deklarasi dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Puluhan Lansia Antusias Ikut Vaksinasi Booster Kedua

Puluhan warga lanjut usia (lansia) antusias mengikuti vaksinasi booster kedua yang diselenggarakan Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur.

NEWS | 27 November 2022

Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi, Brigade Siap Menangkan Ganjar

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 karena dinilai layak melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

NEWS | 27 November 2022

Brigade Deklarasi Serentak Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Relawan Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) mendeklarasikan dukungan mereka kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

LIFESTYLE | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE