Logo BeritaSatu

Menlu Retno: Demokrasi Jadi Aset Politik Luar Negeri Indonesia

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 13:41 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Yogyakarta, Beritasatu.com- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan demokrasi menjadi aset yang luar biasa bagi poliik luar negeri Indonesia. Walaupun masih banyak kekurangan, terkait profesi sebagai diplomat, dia menjadi lebih percaya diri.

“Dalam tataran global dan kawasan, Indonesia ingin mengembangkan bahasan demokrasi tanpa saling memalukan. Tidak ada satu negara pun yang mau kalau ditunjuk-tunjuk seperti itu. Oleh karena itu, Kementerian Luar Negeri memiliki apa yang disebut sebagai Bali Democracy Forum (BDF), usianya sudah 15 tahun dan tahun ini akan mengambil tema "Democracy in Changing World : Leadership and Solidarity,” ujar Retno dalam seminar nasional “Menuju Demokrasi Berkualitas: Tantangan dan Agenda Aksi” di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Sabtu (27/8/2022).

Menurut Menlu Retno, dalam BDF, semua negara boleh duduk. Indonesia bahkan mengundang semua negara yang oleh dunia dilabeli sebagai negara yang tidak demokrasi.

“Itulah cara Indonesia untuk berkontribusi dalam mengembangkan demokrasi pada kawasan dan dunia,” tambahnya.

Mengutip Economist Intelligence Unit pada awal 2022, kata Retno, rating demokrasi Indonesia naik dari 64 menjadi 52 dari 167 negara.

“Jadi saya pikir tidak berlebihan bahwa demokrasi Indonesia masih ada karena Indonesia masih bisa menghasilkan manfaat dari demokrasi itu, contohnya dalam masalah pandemi,” paparnya.

“Saya ingin menutup kesimpulan demokrasi pada level global mengalami banyak tantangan, namun kepercayaan masyarakat dunia terhadap system itu masih sangat tinggi. Kita tidak boleh lupa bahwa democracy is not in end in itself. Tapi democracy is a mean to in end,” paparnya.

Retno berpendapat, masa depan demokrasi akan sangat bergantung pada sejauh mana, demokrasi dapat bermanfaat bagi masyarakatnya. Indonesia tidak punya pilihan lagi, kecuali memperkuat demokrasi agar bisa dinikmati rakyat secara merata.

“Norma dan nilai demokrasi hanya dapat tumbuh kalau kita saling membantu seperti yang dilakukan Indonesia dalam Bali Democracy Forum. Kita harus saling bantu dalam wujud bantuan capacity building kepada negara-negara yang memerlukannya. Kita pernah melakukannya kepada negara termasuk pada Palestina,” ujarnya.

Menlu Retno menambahkan Indonesia juga melakukan capacity building pada perempuan dan anak-anak, karena salah satu ukuran sukses berdemokrasi adalah kaum perempuan itu diberikan hhak dan akses yang sama.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dinsos DKI Jakarta Ungkap Dukungan Fasilitas untuk Disabilitas

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari mengungkap dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada para disabilitas.

NEWS | 3 Desember 2022

Adian: Suara Rakyat Tak Perlu Dibayar dengan Uang dalam Amplop

Adian Napitupulu mengingatkan para anggota dan kader PDIP tidak menjadikan rakyat sekadar objek jual beli suara saat pemilu.

NEWS | 3 Desember 2022

Pengamanan Pernikahan Kaesang-Erina, Polisi Siagakan 2.188 Personel

Polda Jateng menyiagakan sebanyak 2.188 personel untuk pengamanan pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

NEWS | 3 Desember 2022

MK Larang Eks Koruptor Nyaleg, KPU Konsultasi dengan DPR

KPU tengah mengkaji putusan MK yang melarang eks koruptor setelah 5 tahun keluar dari penjara maju mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg).

NEWS | 3 Desember 2022

Instruksi Penting PDIP bagi Kader untuk Kemenangan Pemilu 2024

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyampaikan instruksi penting kepada para kadernya, khususnya tiga pilar partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Jelang Nataru, IDI Imbau Masyarakat Tetap Waspadai Covid-19

Jelang libur Natal dan Tahun Baru, Ketua Umum PB IDI Dr Moh. Adib Khumaidi, Sp.OT mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap ancaman Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

PKB Dorong Karyawan Startup Bentuk Serikat Pekerja Imbas Marak PHK

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendesak karyawan-karyawan startup segera membentuk serikat pekerja.

NEWS | 3 Desember 2022

Kasad Bakal Perintahkan Jajaran Tonton Film Tegar, Ada Apa?

Kasad Jenderal Dudung Abdurachman menyatakan akan memerintahkan jajaran TNI AD untuk menonton film Tegar.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasto: Pesan Bu Mega Hindari Sikap Lupa pada Rakyat Saat Menjabat

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berpesan agar para kader PDIP tidak melupakan rakyat saat menjabat.

NEWS | 3 Desember 2022

Update Gempa Cianjur: Korban Meninggal Jadi 334 Jiwa

Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, hingga hari ini, Sabtu (3/12/2022) mencapai 334 jiwa.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dinsos DKI Jakarta Ungkap Dukungan Fasilitas untuk Disabilitas

Dinsos DKI Jakarta Ungkap Dukungan Fasilitas untuk Disabilitas

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE