Logo BeritaSatu

Menlu Retno: Demokrasi Jadi Aset Politik Luar Negeri Indonesia

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 13:41 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Yogyakarta, Beritasatu.com- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan demokrasi menjadi aset yang luar biasa bagi poliik luar negeri Indonesia. Walaupun masih banyak kekurangan, terkait profesi sebagai diplomat, dia menjadi lebih percaya diri.

“Dalam tataran global dan kawasan, Indonesia ingin mengembangkan bahasan demokrasi tanpa saling memalukan. Tidak ada satu negara pun yang mau kalau ditunjuk-tunjuk seperti itu. Oleh karena itu, Kementerian Luar Negeri memiliki apa yang disebut sebagai Bali Democracy Forum (BDF), usianya sudah 15 tahun dan tahun ini akan mengambil tema "Democracy in Changing World : Leadership and Solidarity,” ujar Retno dalam seminar nasional “Menuju Demokrasi Berkualitas: Tantangan dan Agenda Aksi” di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Sabtu (27/8/2022).

Menurut Menlu Retno, dalam BDF, semua negara boleh duduk. Indonesia bahkan mengundang semua negara yang oleh dunia dilabeli sebagai negara yang tidak demokrasi.

“Itulah cara Indonesia untuk berkontribusi dalam mengembangkan demokrasi pada kawasan dan dunia,” tambahnya.

Mengutip Economist Intelligence Unit pada awal 2022, kata Retno, rating demokrasi Indonesia naik dari 64 menjadi 52 dari 167 negara.

“Jadi saya pikir tidak berlebihan bahwa demokrasi Indonesia masih ada karena Indonesia masih bisa menghasilkan manfaat dari demokrasi itu, contohnya dalam masalah pandemi,” paparnya.

“Saya ingin menutup kesimpulan demokrasi pada level global mengalami banyak tantangan, namun kepercayaan masyarakat dunia terhadap system itu masih sangat tinggi. Kita tidak boleh lupa bahwa democracy is not in end in itself. Tapi democracy is a mean to in end,” paparnya.

Retno berpendapat, masa depan demokrasi akan sangat bergantung pada sejauh mana, demokrasi dapat bermanfaat bagi masyarakatnya. Indonesia tidak punya pilihan lagi, kecuali memperkuat demokrasi agar bisa dinikmati rakyat secara merata.

“Norma dan nilai demokrasi hanya dapat tumbuh kalau kita saling membantu seperti yang dilakukan Indonesia dalam Bali Democracy Forum. Kita harus saling bantu dalam wujud bantuan capacity building kepada negara-negara yang memerlukannya. Kita pernah melakukannya kepada negara termasuk pada Palestina,” ujarnya.

Menlu Retno menambahkan Indonesia juga melakukan capacity building pada perempuan dan anak-anak, karena salah satu ukuran sukses berdemokrasi adalah kaum perempuan itu diberikan hhak dan akses yang sama.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Keluarga Tewas Diracun di Magelang, Anak Kedua Jadi Tersangka

Polresta Magelang menetapkan anak kedua sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan dengan racun di Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah.

NEWS | 29 November 2022

Unggah Tajuk Palsu CNN, Elon Musk Diingatkan Pemeriksa Fakta Twitter

CEO Twitter Elon Musk baru saja diingatkan oleh tim pemeriksa fakta dari platformnya sendiri setelah dia membagikan tajuk berita dari CNN yang ternyata palsu.

NEWS | 29 November 2022

Warga Terdampak Gempa Cianjur Mulai Beraktivitas di Ladang

Satu pekan setelah gempa Cianjur, Jawa Barat, warga mulai beraktivitas di ladang, Selasa (29/11/2022).

NEWS | 29 November 2022

Layanan RSUD dr Soewandie Lambat, Wali Kota Surabaya Ngamuk

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, marah dan ngamuk saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) pelayanan di RSUD dr Soewandie, Senin (28/11/2022) siang

NEWS | 29 November 2022

Buku Mantra dan Kemenyan Ditemukan di Rumah Keluarga Tewas di Kalideres

Buku mantra hingga kemenyan ditemukan polisi di rumah keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat.

NEWS | 29 November 2022

Mayoritas Publik Puas dengan Kinerja Jokowi-Ma'ruf Amin

Hasil survei terbaru lembaga Charta Politika Indonesia menunjukkan mayoritas publik puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

NEWS | 29 November 2022

Keluarga Tewas di Kalideres Aktif Lakukan Sebuah Ritual

Salah satu korban satu keluarga tewas di Kalideres tersebut, yaitu Budiyanto aktif melakukan sebuah ritual.

NEWS | 29 November 2022

Kemenkes Sebut HIV Masih Jadi Masalah Kesehatan Global

Memperingati Hari AIDS Sedunia 2022, Kemenkes menyampaikan infeksi HIV AIDS masih menjadi masalah kesehatan global dan nasional.

NEWS | 29 November 2022

Elektabilitas Ganjar Pranowo Konsisten Naik

Hasil survei terbaru Charta Politika menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus menunjukkan tren positif untuk menghadapi Pilpres 2024.

NEWS | 29 November 2022

Soal Tambang Ilegal Kaltim, Kabareskrim Tantang Ferdy Sambo Buka BAP

Kabareskrim menanggapi pernyataan mantan Kadiv Propam Polri yang mengatakan bahwa Agus telah diperiksa terkait kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berani Tampil Seksi di Qatar, Model Kroasia Menuai Kontroversi

Berani Tampil Seksi di Qatar, Model Kroasia Menuai Kontroversi

SEMESTA BOLA 2022 | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE