Logo BeritaSatu

Banjir di Afghanistan, 182 Orang Tewas dan 250 Terluka

Jumat, 26 Agustus 2022 | 09:02 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Banjir di Afghanistan mengakibatkan sejumlah 182 orang tewas dan lebih dari 3.100 rumah hancur. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Kamis (25/8/2022), hujan deras menyebabkan kerusakan yang meluas di provinsi-provinsi Afganistan tengah dan timur.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan 182 orang telah tewas dan 250 orang terluka. Lebih dari 3.100 rumah hancur dan ribuan ternak terbunuh, memperburuk krisis ekonomi dan kemanusiaan negara itu.

“Imarah Islam Afghanistan tidak dapat mengelola banjir sendirian, kami meminta dunia, organisasi internasional, dan negara-negara Islam untuk membantu kami,” kata Mujahid.

Afghanistan telah terhuyung-huyung dari bencana alam tahun ini, termasuk kekeringan dan gempa bumi yang menewaskan lebih dari 1.000 orang pada Juni. Negara ini sebagian besar telah terputus dari sistem keuangan internasional sejak Taliban mengambil alih lebih dari setahun yang lalu.

Badan-badan kemanusiaan global telah memberikan bantuan selama berbulan-bulan, tetapi telah memperingatkan bahwa mereka membutuhkan lebih banyak akses dan dana untuk menghindari bencana kemanusiaan dengan ribuan orang kehilangan tempat tinggal dan tidak ada akses ke tempat penampungan atau air minum bersih.

Di distrik Khoshi di provinsi Logar tengah, pekerja bantuan menggambarkan kerusakan yang meluas akibat banjir besar dalam beberapa hari terakhir, dengan ladang tanaman berkurang menjadi m ud dan mayat hewan tergeletak di tumpukan.

Badan Anak Dunia PBB (UNICEF) menyatakan sekitar 20.000 orang di distrik tersebut terkena dampak banjir dan 20 orang, termasuk sedikitnya enam anak-anak, tewas dengan dua lagi hilang.

“Orang-orang kehilangan segalanya, mereka kehilangan segalanya dalam semalam,” kata Anne Kindrachuk, kepala wilayah pusat untuk UNICEF Afghanistan, setelah berkunjung ke daerah tersebut.

“Ada tiga komunitas tenda atau kamp tetapi [orang] tidak yakin apa yang akan terjadi selanjutnya, bagaimana mereka akan makan musim dingin ini, mata pencaharian mereka musnah,” tambah Kindrachuk.

Musim panas sering membawa hujan lebat di Afghanistan utara dan timur, yang menyebabkan banjir yang menyebabkan ratusan orang tewas setiap tahun. Tahun lalu, korban mencapai 100 orang sementara puluhan dilaporkan hilang di distrik Kamdesh yang terpencil, sekitar 200 kilometer timur laut ibu kota, Kabul.

Pada tahun 2020, setidaknya 100 orang tewas di Afghanistan utara dan timur ketika banjir melanda sebagian besar kota Charikar, ibu kota provinsi Parwan. Di negara tetangga Pakistan, lusinan distrik terendam oleh hujan, menewaskan sedikitnya 437 orang sejak pertengahan Juni dan memaksa ribuan orang mengungsi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Yudo Margono Bakal Perhatikan Kesejahteraan Prajurit

Peningkatan kesejahteraan prajurit TNI menjadi salah satu hal yang diperhatikan Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
FIFA Tegaskan Tidak Ada yang Salah dengan Gol Kontroversial Jepang

FIFA Tegaskan Tidak Ada yang Salah dengan Gol Kontroversial Jepang

SEMESTA BOLA 2022 | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE