Logo BeritaSatu

Banjir di Afghanistan, 182 Orang Tewas dan 250 Terluka

Jumat, 26 Agustus 2022 | 09:02 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Banjir di Afghanistan mengakibatkan sejumlah 182 orang tewas dan lebih dari 3.100 rumah hancur. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Kamis (25/8/2022), hujan deras menyebabkan kerusakan yang meluas di provinsi-provinsi Afganistan tengah dan timur.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan 182 orang telah tewas dan 250 orang terluka. Lebih dari 3.100 rumah hancur dan ribuan ternak terbunuh, memperburuk krisis ekonomi dan kemanusiaan negara itu.

“Imarah Islam Afghanistan tidak dapat mengelola banjir sendirian, kami meminta dunia, organisasi internasional, dan negara-negara Islam untuk membantu kami,” kata Mujahid.

Afghanistan telah terhuyung-huyung dari bencana alam tahun ini, termasuk kekeringan dan gempa bumi yang menewaskan lebih dari 1.000 orang pada Juni. Negara ini sebagian besar telah terputus dari sistem keuangan internasional sejak Taliban mengambil alih lebih dari setahun yang lalu.

Badan-badan kemanusiaan global telah memberikan bantuan selama berbulan-bulan, tetapi telah memperingatkan bahwa mereka membutuhkan lebih banyak akses dan dana untuk menghindari bencana kemanusiaan dengan ribuan orang kehilangan tempat tinggal dan tidak ada akses ke tempat penampungan atau air minum bersih.

Di distrik Khoshi di provinsi Logar tengah, pekerja bantuan menggambarkan kerusakan yang meluas akibat banjir besar dalam beberapa hari terakhir, dengan ladang tanaman berkurang menjadi m ud dan mayat hewan tergeletak di tumpukan.

Badan Anak Dunia PBB (UNICEF) menyatakan sekitar 20.000 orang di distrik tersebut terkena dampak banjir dan 20 orang, termasuk sedikitnya enam anak-anak, tewas dengan dua lagi hilang.

“Orang-orang kehilangan segalanya, mereka kehilangan segalanya dalam semalam,” kata Anne Kindrachuk, kepala wilayah pusat untuk UNICEF Afghanistan, setelah berkunjung ke daerah tersebut.

“Ada tiga komunitas tenda atau kamp tetapi [orang] tidak yakin apa yang akan terjadi selanjutnya, bagaimana mereka akan makan musim dingin ini, mata pencaharian mereka musnah,” tambah Kindrachuk.

Musim panas sering membawa hujan lebat di Afghanistan utara dan timur, yang menyebabkan banjir yang menyebabkan ratusan orang tewas setiap tahun. Tahun lalu, korban mencapai 100 orang sementara puluhan dilaporkan hilang di distrik Kamdesh yang terpencil, sekitar 200 kilometer timur laut ibu kota, Kabul.

Pada tahun 2020, setidaknya 100 orang tewas di Afghanistan utara dan timur ketika banjir melanda sebagian besar kota Charikar, ibu kota provinsi Parwan. Di negara tetangga Pakistan, lusinan distrik terendam oleh hujan, menewaskan sedikitnya 437 orang sejak pertengahan Juni dan memaksa ribuan orang mengungsi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ismail Bolong Jalani Pemeriksaan Kasus Tambang Ilegal Kaltim

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri tengah memeriksa Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal Kalimantan Timur (Kaltim)

NEWS | 6 Desember 2022

Dituduh Hancurkan Barang Bukti Tragedi Itaewon, 2 Mantan Polisi Ditangkap

Dua mantan polisi Korea Selatan ditangkap pada hari Senin (5/12/2022), dengan tuduhan menghancurkan barang bukti dari tragedi Itaewon.

NEWS | 6 Desember 2022

Hendra Sebut Kapolri Minta Kasus Brigadir J Ditangani secara Profesional

Hendra Kurniawan menyebutkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar kasus Brigadir J ditangani secara profesional.

NEWS | 6 Desember 2022

Cerita Kaesang Pangarep Ajak Menikah Erina: Der Ketemu, Terus Jadian...

Kaesang Pangarep kini tengah menghitung hari untuk menikahi kekasihnya Erina Gudono yang akan digelar Sabtu (10/12/2022).

NEWS | 6 Desember 2022

Malaysia Bakal Impor Telur untuk Atasi Kekurangan Pasokan

Malaysia akan impor telur sebagai tindakan jangka pendek untuk mengatasi kekurangan pasokan lokal.

NEWS | 6 Desember 2022

Sidang Sambo, Agus Nurpatria Tepis Berita Negatif tentang Hendra Kurniawan

Agus Nurpatria, dalam sidang Sambo, menepis berita negatif Karopaminal Divpropam Polri Hendra Kurniawan.

NEWS | 6 Desember 2022

Anwar Ibrahim Ingatkan Muhyiddin Tak Menantangnya untuk Ungkap Pelanggaran

Anwar Ibrahim meminta pemimpin sebelumnya Muhyiddin Yassin agar tidak menantangnya untuk mengungkapkan dugaan pelanggaran.

NEWS | 6 Desember 2022

Ferdy Sambo: Istri Saya Diperkosa Brigadir J, Tidak Ada Motif Perselingkuhan

Ferdy Sambo, mengatakan, istrinya, Putri Candrawathi diperkosa Brigadir J, tidak ada motif perselingkuhan dalam kasus pembunuhan terhadap Brigadir J itu.

NEWS | 6 Desember 2022

Terima Predikat A Reformasi Birokrasi, Ganjar Dorong MPP Fungsikan Digitalisasi

Ganjar mengungkapkan kalau Pemprov Jateng juga perlu belajar dari daerah lain agar birokrasi dan layanan ke publik bisa semakin membaik. 

NEWS | 6 Desember 2022

Erick Thohir Dinilai Cocok Jadi Ketua Umum PSSI

Foreder menilai BUMN Erick Thohir cocok menjadi Ketua Umum PSSI karena memiliki kapasitas membangun sepak bola dan organisasi lebih kompetitif. 

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ke Papua, Sri Mulyani Minta Freeport Tingkatkan Produktivitas

Ke Papua, Sri Mulyani Minta Freeport Tingkatkan Produktivitas

EKONOMI | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE