Logo BeritaSatu

Kemendagri Minta Pemda Tingkatkan Hubungan dengan Baznas

Kamis, 25 Agustus 2022 | 11:27 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta pemerintah daerah (pemda) meningkatkan intensitas hubungan dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pengumpulan zakat di daerah.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro dalam rapat koordinasi nasional (rakornas) Baznas bertajuk “Aman Syar’i, Aman Regulasi, Aman NKRI” di Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Menurut Suhajar, saat ini Baznas di daerah masih memerlukan penguatan terutama dari sisi sarana dan prasarana. Untuk itu, pemerintah daerah (pemda) melalui sekretaris daerah (sekda) didorong memberikan perhatian atas persoalan tersebut. Terlebih, dasar hukum yang menjadi landasan Baznas daerah dalam bekerja telah tersedia lengkap.

“Dasar hukum kita untuk bekerja bagi zakat ini sudah clear. Ada tiga undang-undang, ada satu peraturan pemerintah, ada satu instruksi presiden, dan ada tiga permendagri," terang Suhajar dalam keterangan pers yang diterima, Kamis (25/8/2022).

Melalui aturan tersebut, pemda diminta mendukung penuh kegiatan yang dijalankan oleh Baznas. Selama ini peran Baznas dalam mengelola zakat kepada kalangan tidak mampu dinilai sejalan dengan tugas yang dilaksanakan gubernur, bupati, dan wali kota. Untuk itu, para kepala daerah tersebut didorong agar melakukan sinkronisasi dengan Baznas di daerah.

Suhajar mengatakan pengelolaan zakat oleh Baznas selama ini juga berkaitan erat dengan kondisi ekonomi di Indonesia. Hal tersebut perlu disadari oleh pemda, terutama bagi perangkat daerah yang fokus menangani masyarakat dan urusan kemiskinan.

Suhajar mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan agar kemiskinan ekstrem pada 2024 dapat ditangani. Karena itu, melalui penguatan peran Baznas di daerah diharapkan dapat membantu program tersebut.

Suhajar mendorong agar peran Baznas dapat dilibatkan pada pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) di daerah. Hal tersebut untuk memetakan data dan lokasi para penerima zakat.

“Walaupun dalam kriteria kita adalah delapan golongan penerima zakat, tetapi yang miskin, fakir, itu sama. Itu sudah jelas kriterianya sama, sehingga musrenbang daerah itu Baznas sudah mulai harus dilibatkan ke depan, untuk memastikan pengentasan kemiskinan,” kata Suhajar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cerita Kaesang Pangarep Ajak Menikah Erina: Der Ketemu, Terus Jadian...

Kaesang Pangarep kini tengah menghitung hari untuk menikahi kekasihnya Erina Gudono yang akan digelar Sabtu (10/12/2022).

NEWS | 6 Desember 2022

Malaysia Bakal Impor Telur untuk Atasi Kekurangan Pasokan

Malaysia akan impor telur sebagai tindakan jangka pendek untuk mengatasi kekurangan pasokan lokal.

NEWS | 6 Desember 2022

Sidang Sambo, Agus Nurpatria Tepis Berita Negatif tentang Hendra Kurniawan

Agus Nurpatria, dalam sidang Sambo, menepis berita negatif Karopaminal Divpropam Polri Hendra Kurniawan.

NEWS | 6 Desember 2022

Anwar Ibrahim Ingatkan Muhyiddin Tak Menantangnya untuk Ungkap Pelanggaran

Anwar Ibrahim meminta pemimpin sebelumnya Muhyiddin Yassin agar tidak menantangnya untuk mengungkapkan dugaan pelanggaran.

NEWS | 6 Desember 2022

Ferdy Sambo: Istri Saya Diperkosa Brigadir J, Tidak Ada Motif Perselingkuhan

Ferdy Sambo, mengatakan, istrinya, Putri Candrawathi diperkosa Brigadir J, tidak ada motif perselingkuhan dalam kasus pembunuhan terhadap Brigadir J itu.

NEWS | 6 Desember 2022

Terima Predikat A Reformasi Birokrasi, Ganjar Dorong MPP Fungsikan Digitalisasi

Ganjar mengungkapkan kalau Pemprov Jateng juga perlu belajar dari daerah lain agar birokrasi dan layanan ke publik bisa semakin membaik. 

NEWS | 6 Desember 2022

Erick Thohir Dinilai Cocok Jadi Ketua Umum PSSI

Foreder menilai BUMN Erick Thohir cocok menjadi Ketua Umum PSSI karena memiliki kapasitas membangun sepak bola dan organisasi lebih kompetitif. 

NEWS | 6 Desember 2022

Semeru Meletus, Pemantauan Gunung Anak Krakatau Ditingkatkan

Pemantauan di Gunung Anak Krakatau (GAK) telah ditingkatkan setelah Gunung Semeru meletus di Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Gibran Akan Sumbang 10 Lagu di Pernikahan Kaesang dan Erina

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bakal menyumbangkan 10 lagu di hari pernikahan Kaesang Pangarep dan Erinda Gudono. 

NEWS | 6 Desember 2022

Ferdy Sambo Peringatkan Eliezer: Jangan Libatkan Istri Saya

Ferdy Sambo memperingatkan Richard Eliezer atau Bharada E untuk tidak melibatkan istrinya Putri Candrawathi terkait pembunuhan Brigadir J. 

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ke Papua, Sri Mulyani Minta Freeport Tingkatkan Produktivitas

Ke Papua, Sri Mulyani Minta Freeport Tingkatkan Produktivitas

EKONOMI | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE