Logo BeritaSatu

Kementan Beri Bantuan bagi Peternak Terdampak PMK di Bali

Kamis, 25 Agustus 2022 | 11:10 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pertanian (Kementan) telah mulai melakukan penyaluran perdana bantuan pemerintah (banper) bagi peternak terdampak penyakit mulut dan kuku (PMK) di Provinsi Bali.

Bantuan pemerintah ini diberikan sebagai ganti rugi terhadap ternak yang mati tertular PMK atau ternak tertular PMK yang dikenakan pemotongan bersyarat. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), Nasrullah pada acara Launching Pemberian Banper terhadap Peternak terdampak PMK yang dikenakan tindakan pemotongan bersyarat di Kabupaten Badung, Rabu (24/8/2022).

Nasrullah menyampaikan, Provinsi Bali, merupakan provinsi pertama yang telah menerima bantuan dalam keadaan darurat PMK untuk 273 ekor ternak sapi yang terdampak. Total bantuan yang disalurkan sebanyak Rp 2,73 M kepada 86 orang penerima bantuan untuk Kabupaten Badung dan Kabupaten Buleleng.

“Pemberian bantuan langsung disalurkan melalui rekening Bank penerima bantuan,” ungkap Nasrullah, sebagaimana dikutip dari siaran pers.

“Pemotongan bersyarat ini diharapkan dapat menekan penyebaran kasus PMK lebih besar, jika dibandingkan dengan daerah yang tidak menggencarkan pemotongan bersyarat sejak awal merebaknya kasus," imbuhnya.

Lebih lanjut, Nasrullah menjelaskan, pemberian bantuan dalam keadaan darurat PMK diberikan kepada orang perseorangan atau peternak yang memenuhi persyaratan administratif dan kriteria hewan yaitu ternak yang mati atau tertular PMK yang dikenakan pemotongan bersyarat. Adapun pembayaran bantuan dibatasi paling banyak 5 ekor per kepemilikan dengan besaran bantuan untuk sapi sebesar Rp 10 juta per ekor, kambing dan domba sebesar Rp 1,5 juta per ekor, dan babi sebesar Rp. 2 juta per ekor.

"Ini merupakan bukti dari komitmen pemerintah untuk memberikan ganti rugi terhadap hewan yang dilakukan pemotongan bersyarat, terutama untuk pencegahan dan pengendalian wabah PMK, serta untuk meringankan beban para peternak," kata Nasrullah.

Melalui pemberian bantuan ini, pemerintah berharap dapat mengurangi dampak kerugian ekonomi dan mendukung pemulihan ekonomi sektor peternakan, khususnya bagi para peternak.

“Kita upayakan untuk mempercepat realiasasi pemberian bantuan yang ditarget sebanyak 15.000 ekor dengan terus berkoordinasi dengan Dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan di provinsi dan kabupaten/kota terdampak PMK,” imbuh Nasrullah.

Ia katakan, saat ini, pemerintah terus mendorong peternak dengan hewan terinfeksi agar dilakukan pemotongan bersyarat, sehingga impian Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Bebas PMK dapat segera tercapai.

"Kami menghimbau kepada masyarakat, khususnya peternak agar Bali ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam konteks pengendalian wabah PMK menuju zero reported case," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022

Warga dan Petugas Damkar Lebak Tangkap Ular Piton Panjang 3 Meter

Warga dan petugas pemadam kebakaran (damkar) Lebak, menangkap ular piton sepanjang 3 meter, Sabtu (3/12/2022) dini hari.

NEWS | 3 Desember 2022

Jokowi Hadiri Acara Puncak HUT Ke-77 PGRI dan HGN 2022

Acara puncak peringatan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 dihadiri Presiden Jokowi.

NEWS | 3 Desember 2022

Pernyataan Benny Rhamdani soal Siap Perang Dinilai Harus Dilihat Utuh

Efriza menilai pihak-pihak mempersoalkan diksi siap perang dan menyerang Benny Rhamdani saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlalu berlebihan.

NEWS | 3 Desember 2022

8 Pemprov Desak RUU Daerah Kepulauan Disahkan pada 2023

Delapan pemerintah provinsi (pemprov) mendesak agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan yang sudah masuk Prolegnas agar disahkan pada 2023.

NEWS | 3 Desember 2022

DPR Optimistis Yudo Margono Mampu Pimpin TNI secara Profesional

Anggota Komisi I DPR Christina Aryani menyampaikan selamat kepada Laksamana TNI Yudo Margono yang sudah mendapat persetujuan sebagai Panglima TNI.

NEWS | 3 Desember 2022

Soal Calon Kasal, Laksamana Yudo Margono: Rahasia

Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono belum dapat mengungkapkan calon Kepala Staf Angkata Laut (Kasal) yang akan menggantikannya. 

NEWS | 3 Desember 2022

Paripurna DPR Pengesahan Yudo Margono sebagai Panglima TNI Digelar Selasa

DPR bakal menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI pada Selasa (6/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022

Akhir Pekan, Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan pada Siang hingga Sore

Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat pada akhir pekan ini, Sabtu (3/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hasyim Asy ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE