Logo BeritaSatu

Mobil Listrik, Masa Depan Otomotif Indonesia dan Dunia

Rabu, 24 Agustus 2022 | 15:56 WIB
Oleh : Faisal Maliki Baskoro / AB

Jakarta, Beritasatu.com - Sekitar 27 tahun dari sekarang, pada 2050, ada wacana penjualan mobil yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) akan dilarang dan digantikan oleh mobil listrik. Hal ini dilakukan dalam rangka mencapai target net zero emission (NZE) pada 2060, sekaligus menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemain utama kendaraan listrik dunia.

Wacana larangan penjualan mobil BBM ini pertama kali disampaikan pada 2017 dalam rapat Kementerian ESDM saat membahas Peraturan Presiden (Perpres) tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Rancangan peraturan ini akhirnya disahkan menjadi Perpres Nomor 55 Tahun 2019. Namun, peraturan ini tidak secara eksplisit mencantumkan pelarangan penjualan mobil BBM, tetapi hanya percepatan adopsi kendaraan listrik.

Negara-negara lain, seperti Amerika Serikat (AS), Prancis, Norwegia, Inggris, dan India, juga sudah sejak lama berencana melarang penjualan kendaraan BBM. Dalam KTT Iklim PBB atau COP-26 November lalu, setidaknya enam produsen mobil besar dan puluhan negara berjanji untuk menghentikan penjualan kendaraan bertenaga bensin pada 2040 di seluruh dunia. Seperti dilaporkan New York Times, Rabu (10/11/2021), komitmen itu dibuat oleh produsen Ford, Mercedes-Benz, General Motors, dan Volvo, serta 31 pemerintah nasional di KTT Iklim COP-26 Glasgow.

Di Indonesia, wacana larangan penjualan mobil BBM merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencapai target net zero emission (NZE) pada 2060.

Kementerian ESDM menargetkan pada 2040, bauran energi baru terbarukan (EBT) ditargetkan sudah mencapai 71%, tidak ada penjualan motor konvensional, dan konsumsi listrik mencapai 2.847 kWh/kapita.

Selanjutnya, bauran EBT diharapkan sudah mencapai 87% pada 2050 dibarengi dengan tidak melakukan penjualan mobil konvensional dan konsumsi listrik 4.299 kWh/kapita. Porsi bauran EBT hingga akhir 2021 baru mencapai 11,5%.

Mobil Listrik, Masa Depan Otomotif Indonesia dan Dunia
Infografik roadmap net zero emission 2060.

Transisi
Transisi menuju masa depan otomotif Indonesia yang lebih ramah lingkungan sudah berjalan. Hal ini terlihat dari komitmen pemerintah membangun ekosistem kendaraan listrik dan komitmen Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk memasarkan mobil listrik.

Saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia telah menjadi produsen kunci dalam rantai pasok baterai litium global. Produsen mobil listrik dari Asia, Eropa, dan Amerika, ikut berinvestasi di Indonesia.

“Saya optimistis, kita akan menjadi penghasil produk hijau yang kompetitif di perdagangan internasional,” ungkap Jokowi.

Baru-baru ini, PT Industri Battery Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) berhasil mendapatkan investasi senilai US$ 15 miliar atau setara Rp 215 triliun dari perusahaan Tiongkok, PT Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co Ltd (CBL) dan LG Energy Solution asal Korea Selatan (Korsel) untuk pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik di Tanah Air.

"Kita menyambut baik kerja sama investasi dari dua perusahaan besar asal Tiongkok dan Korsel. Hal ini memberi bukti bahwa investor yakin dengan keseriusan Indonesia dalam pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik," ujar Erick Thohir di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Di tempat terpisah, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut Indonesia bukan hanya menjadi pasar mobil listrik yang besar, tetapi juga harus bisa menjadi tempat manufaktur kendaraan listrik.

Airlangga pun memuji penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang banyak memamerkan mobil listrik sesuai dengan tema tahun ini: "Future is Bright".

"Pameran otomotif GIIAS 2022 yang digelar oleh Gaikindo tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, lebih banyak mobil listriknya. Makanya, saya sangat senang karena ini menjadi momentum bagi kita untuk memulai teknologi otomotif yang lebih ramah lingkungan," kata Airlangga Hartarto dalam pembukaan GIIAS 2022 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Baca selanjutnya
Pameran Masa DepanGIIAS 2022 menjadi ajang bagi pabrikan untuk memamerkan teknologi ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bekantan Mengamuk dan Masuk Permukiman, Warga Panik

Seekor kera Bekantan sempat membuat puluhan warga panik, lantaran mengamuk dan berkeliaran di permukiman warga di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

NEWS | 4 Desember 2022

Harga Telur Naik, Telur Pecah Diburu Pembeli di Medan

Harga telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Sumatera Utara melambung tinggi menjadi Rp 54.000 per papan.

NEWS | 4 Desember 2022

Warga Lebak Berdesakan Berebut BLT, Banyak Anak Terjepit

Ribuan warga dari sembilan kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten yang ingin mendapatkan BLT BBM membeludak di kantor Kecamatan Rangkasbitung.

NEWS | 4 Desember 2022

Kerupuk Rengginang Mojokerto Tembus Pasar Hong Kong

Produksi kerupuk rengginang asal Mojokerto mampu menembus pasar Hong Kong, dengan kemasan khusus menggunakan bahasa Mandarin.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasus Pemukulan Imam Masjid di Bekasi Berakhir Damai

Diduga, pelaku pemukulan imam masjid mengalami gangguan saraf dan beberapa kali melakukan pemeriksaan di kedokteran.

NEWS | 4 Desember 2022

Gara-gara Warisan, Anak Kesayangan Tega Bunuh Ayah Sendiri

Satreskrim Polres Indramayu, menggelar olah TKP pembunuhan ayah kandung oleh anaknya sendiri di Desa Eretan Kulon, Indramayu.

NEWS | 4 Desember 2022

Erupsi, Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Radius 7 Km

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur kembali erupsi pada Minggu (04/12/2022) pagi.

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab Garut Masih Pantau Dampak Kerusakan Gempa M 6,1

Pemkab Garut menerjunkan petugas dari dinas terkait maupun tingkat kecamatan dan desa untuk memeriksa tingkat kerusakan dampak gempa M 6,1.

NEWS | 4 Desember 2022

Menko Luhut Cek Persiapan Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina

Jelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Luhut Binsar Pandjaitan, mendatangi kediaman Erina, Sabtu (3/12/2022) sore.

NEWS | 4 Desember 2022

Moeldoko: Penyandang Disabilitas Butuh Pemenuhan Hak, Bukan Dikasihani

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan warga negara lainnya.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
ABK Indonesia Selamat dari Pembajakan Kapal di Perairan Pantai Gading

ABK Indonesia Selamat dari Pembajakan Kapal di Perairan Pantai Gading

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE