Logo BeritaSatu

Pemerintah Taliban Desak Larangan Bepergian Diakhiri

Senin, 22 Agustus 2022 | 20:29 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Pemerintah Taliban di Afghanistan telah mendesak larangan bepergian diakhiri. Seperti dilaporkan RT, Sabtu (20/8/2022), Taliban minta agar Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) menghapus semua sanksi terhadap anggotanya dan mengizinkan mereka untuk bepergian, untuk kepentingan “dialog dan keterlibatan” dengan dunia.

Dalam satu pernyataan pada Sabtu, seorang juru bicara kelompok itu meminta Dewan Keamanan untuk tidak menggunakan sanksi sebagai alat tekanan. Sehari sebelumnya, dewan gagal mencapai kesepakatan untuk memperpanjang pengabaian sanksi yang memungkinkan 13 pejabat senior Taliban bepergian ke luar negeri untuk menghadiri pembicaraan dan konferensi.

Sekitar 135 pejabat Taliban ditampar dengan larangan perjalanan dan pembekuan aset oleh DK PBB pada tahun 2011. Namun pengecualian diberikan kepada 13 pejabat ini pada tahun 2019 agar mereka dapat menghadiri pembicaraan damai di Qatar.

Dengan Taliban kembali berkuasa setelah penarikan AS dari Afghanistan tahun lalu, anggota DK PBB menemui jalan buntu tentang bagaimana memperlakukan para militan. AS telah mengusulkan untuk mengembalikan larangan perjalanan pada tujuh dari 13 pejabat, sementara mengizinkan enam lainnya untuk bepergian hanya ke Qatar.

“Rusia dan Tiongkok telah menyarankan agar pengabaian itu diperpanjang selama 90 hari lagi, tetapi hanya untuk perjalanan ke Rusia, Tiongkok, Qatar, atau “negara-negara regional lainnya,” lapor Al Jazeera.

Para diplomat Barat telah mengutip kegagalan Taliban untuk membentuk pemerintahan multi-etnis dan kemunduran dalam hak-hak perempuan sebagai pembenaran untuk larangan perjalanan.

Namun, Taliban menuduh beberapa kalangan Barat yang fanatik menggunakan larangan tersebut untuk menciptakan jarak antara Afghanistan dan dunia.

“Jika larangan perjalanan diperpanjang, itu akan menciptakan jarak alih-alih mempromosikan dialog dan keterlibatan, hasil yang harus dicegah,” kata kelompok itu.

“Afghanistan di mana AS, NATO, dan 50 negara dengan kekuatan penuh gagal membangun perdamaian dan stabilitas, keamanan dan stabilitas saat ini di dalamnya adalah kepentingan seluruh dunia,” tambah kelompok itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Yudo Margono Bakal Perhatikan Kesejahteraan Prajurit

Peningkatan kesejahteraan prajurit TNI menjadi salah satu hal yang diperhatikan Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Emas Ambles US$ 5,6 karena Kuatnya Data Pekerjaan AS

Harga Emas Ambles US$ 5,6 karena Kuatnya Data Pekerjaan AS

EKONOMI | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE