Logo BeritaSatu

KLHK Dorong Generasi Muda Aktualisasikan Ide untuk Jaga Lingkungan Hidup

Minggu, 21 Agustus 2022 | 12:08 WIB
Oleh : Jeis Montesori / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun ini kembali menyelenggarakan Lomba Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang tahun ini memasuki tahun ketiga. Penyelenggaraan perlombaan dipilih sebagai cara untuk mendorong generasi muda tidak hanya menjadi agent of change (agen perubahan) tetapi juga mengaktualisasi peran generasi saat ini sebagai kolaborator khususnya dalam bidang lingkungan hidup. Melalui perlombaan ini seluruh peserta ditantang untuk mengaktualikasi ide "Kampanye Satu Bumi Untuk Masa Depan" yaitu aksi lingkungan kolektif dan transformatif dalam skala global untuk merayakan, melindungi, dan memulihkan bumi.

Pelaksanaan rangkaian perlombaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang terdiri dari Lomba Desain Pemulihan Lingkungan, Lomba Video Sinematik Lingkungan, dan Lomba Karya Tulis merupakan salah satu upaya dari KLHK untuk mendorong generasi muda untuk menggabungkan momen revolusi digital untuk berkolaborasi tidak hanya bersifat gagasan tetapi ide yang langsung dapat diterapkan.

Rangkaian kegiatan lomba Hari Lingkungan Hidup tahun ini telah dimulai Februari hingga awal Agustus 2022. Hal yang membedakan dari penyelenggaraan tahun sebelumnya yaitu pelaksanaan pelatihan Boothcamp atau Masterclass sebagai additional value program untuk memberikan pembekalan ilmu dan muatan teknis lomba. Peserta diberikan pembekalan berupa berbagi pengalaman dari para pakar serta diskusi interaktif.

Para pemenang lomba diumumkan pada Webinar Apresiasi Lomba Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022 sekaligus peringatan HUT ke-77 RI yang diselenggarakan pada Kamis, 18 Agustus 2022. Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong. Acara apresiasi diselenggarakan secara daring melalui Zoom dan live streaming di Youtube Ditjen PPKL ini dihadiri oleh seluruh peserta lomba, dewan juri, para pejabat lingkup KLHK, perwakilan dinas lingkungan hidup dan kehutanan provinsi, kabupaten/kota seluruh Indonesia, serta masyarakat umum.

Dengan mengangkat tema “Satu Bumi Untuk Masa Depan: Harmonisasi Alam Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, KLHK yang memfasilitasi dan memastikan keterlibatan peran pemuda melalui saluran dan wadah yang lebih bermakna, dengan memperkuat suara dan keterwakilan anak muda. Tak lupa juga memastikan keberlanjutan manusia saat ini dan generasi yang akan datang menjadi tujuan utama dalam formulasi kebijakan lingkungan.

Lomba Desain Pemulihan Lingkungan yang mengajak generasi muda untuk memberikan sumbang ide dan saran dalam implementasi program pemulihan lingkungan melalui konsep pemulihan lahan bekas tambang. Lomba ini diikuti 181 peserta dari 33 perguruan tinggi. Lokasi yang menjadi percontohan desain ekoriparian adalah Waduk Cipta Karya di Pekanbaru, Riau dan untuk pemulihan lahan di Desa Wonosari, Kabupaten Sempaja. Selain itu, untuk lokasi desain 3R diterapkan pada pusat kegiatan publik (sekolah, pasar, dan perkantoran).

Baca selanjutnya
Dua lomba selanjutnya, yaitu Lomba Video Lingkungan dan Lomba Karya Tulis ...


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Argentina vs Meksiko: Ini Susunan Pemain Kedua Tim

Argentina vs Meksiko: Ini Susunan Pemain Kedua Tim

SEMESTA BOLA 2022 | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE