Logo BeritaSatu

BRI Berkomitmen Dukung Persepakbolaan Nasional

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 19:54 WIB
Oleh : Primus Dorimulu / AB

Jakarta, Beritasatu - Untuk memajukan persepakbolaan nasional, PT BRI Tbk berkomitmen mendukung semua yang diperlukan asalkan ada visi dan perencanaan yang baik. BRI tidak akan memiliki klub sepak bola tersendiri atau mendukung satu klub tertentu. Sebagai bank terbesar yang beroperasi di seluruh wilayah Indonesia, BRI tidak mau terjebak dalam fanatisme klub. Selain fanatisme suporter, klub sepak bola juga mendapatkan fanatisme daerah yang menjadi markas klub tersebut.

“BRI siap mendukung kemajuan persepakbolaan nasional, tetapi tidak dengan memiliki klub sendiri atau mendukung satu klub tertentu,” kata Dirut PT BRI Tbk yang juga CEO BRI Group Sunarso seusai pertandingan sepak bola persahabatan tim direksi BRI dan Forum Pemred di BRILink Stadium, Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (20/8/2022). Pada pertandingan persahabatan ini, sejumlah mantan pemain tim nasional, antara lain Bima Sakti, Markus Horison, Firmansyah, dan Indra Safri, ikut bermain.

Pada kesempatan itu, Sunarso menyerahkan hadiah dari BRI sebesar Rp 1 miliar kepada Timnas U-16 yang dilatih Bima Sakti. Hadiah diterima oleh Kapten Timnas U-16 Muhammad Iqbal Gwijangge. Tim Indonesia U-16 meraih juara Piala AFF U-16 2022 setelah menundukkan Vietnam 1-0 pada final yang digelar Jumat (12/8/2022) di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Ini merupakan kemenangan Indonesia untuk kedua kalinya di ajang Piala AFF U-16 setelah tahun 2018.

BRI Berkomitmen Dukung Persepakbolaan Nasional
Apresiasi BRI kepada Timnas U-16.

Prestasi dan Hiburan
Sunarso juga menyatakan pihaknya mendukung kompetisi Liga Sepak Bola Indonesia yang kembali digulirkan Oktober 2022 setelah vakum tiga tahun. “Bagaimana mungkin Indonesia punya tim sepak bola yang tangguh jika tidak ada kompetisi? Pemain tangguh lahir dari kompetisi, bukan dari Instragram, walau itu juga penting,” kata dirut BRI.

Instragram dan media sosial penting untuk mendapatkan suporter, menyosialisasikan olahraga sepak bola, menyatukan dukungan, serta membuat klub dan pemain menjadi populer. Sepak bola sebagai bisnis membutuhkan informasi yang viral di media sosial. Namun, tidak ada pelatihan untuk menghasilkan atlet sepak bola hebat tanpa kompetisi.

BRI mendukung kemajuan persepakbolaan di Tanah Air karena dua alasan. Pertama, sepak bola adalah olahraga prestasi. Indonesia perlu memajukan persepakbolaan nasional agar Merah Putih bisa berkibar di kancah internasional.

Kedua, sepak bola adalah hiburan. Karena hiburan, maka kompetisi sepak bola adalah bisnis yang besar sebagaimana sudah ditunjukkan oleh negara-negara maju. “Setiap kompetisi sepak bola yang digulirkan di Indonesia, paling tidak mampu menghasilkan perputaran uang sekitar Rp 3 triliun,” jelas Sunarso.

Perputaran uang sebesar itu sangat mungkin diraih. Setiap pertandingan akan menyedot penonton dan pedagang, baik kuliner maupun merchandise dan berbagai produk kerajinan. Kompetisi sepak bola adalah bisnis besar.

Visi
Persepakbolaan Indonesia akan maju jika ada visi yang jelas, baik visi PSSI maupun visi setiap atlet atau pemain. Sebuah negara di Asia yang menjadi langganan Piala Dunia, kata Sunarso, menetapkan target untuk menjadi juara satu Piala Dunia tahun 2050 atau 33 tahun yang datang.

“Jauh sekali ya, tahun 2050, tetapi itulah visi,” kata Sunarso.

Indonesia harus memiliki visi yang jelas untuk persepakbolaan. Untuk menjadi juara, yang diperlukan tidak hanya uang, melainkan juga visi, manajemen, organisasi yang baik, serta kualitas pelatih dan pemain, dan inftastrukur memadai. “Jika semua ini ada, BRI akan mendukung penuh,” tambahnya.

Sepak bola adalah olahraga rakyat, olah raga paling demokratis. “Sepak bola cocok dengan BRI, sama-sama merakyat. Sepak bola adalah olahraga rakyat, sedangkan BRI adalah banknya rakyat,” ujar Sunarso.

Baca selanjutnya
DisiplinSetiap pemain sepak bola perlu memiliki visi yang jelas. Hanya atlet ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Elon Musk Ungkap Rekor Sepanjang Masa Pengguna Baru di Twitter

CEO Twitter Elon Musk mengatakan, pengguna baru di platform media sosial yang dimilikinya ini mencapai rekor sepanjang masa.

NEWS | 27 November 2022

Kapolda Jabar Bakal Proses Hukum Pencopot Label Gereja di Posko Gempa Cianjur

Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana memastikan akan memproses hukum pelaku pencopotan label gereja di lokasi pengungsian korban gempa Cianjur. 

NEWS | 27 November 2022

Mayoritas Publik Setuju Kapolri Larang Tilang Manual

Mayoritas publik yang setuju terhadap langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melarang anggotanya melakukan tilang manual.

NEWS | 27 November 2022

Kasus Teddy Minahasa Dinilai Bukti Kapolri Tak Pandang Bulu

Kasus peredaran narkoba yang diduga melibatkan Irjen Pol Teddy Minahasa dinilai bukti Kapolri tak memandang bulu dalam menindak anggotanya.

NEWS | 27 November 2022

Anwar Ibrahim Tak Mau Tunjuk Menteri sebagai Bentuk Penghargaan

PM Malaysia Anwar Ibrahim bakal merampingkan kabinet, dan meniadakan kebiasaan menujuk menteri sebagai bentuk penghargaan.

NEWS | 27 November 2022

Aremania Tuntut Keadilan soal Tragedi Kanjuruhan, Malang Lumpuh

Aremania menggelar aksi demonstrasi menuntut keadilan terkait tragedi Kanjuruhan dengan menutup 30 titik jalan. Akibatnya, Malang lumpuh total.

NEWS | 27 November 2022

Catat! Ini Dampak Negatif Menggunakan Earphone Terlalu Lama

Menurut Budi, durasi penggunaan earphone yang terlalu lama dan volume yang terlalu keras dapat menimbulkan gangguan pendengaran.

NEWS | 27 November 2022

PDIP Serahkan Bantuan untuk Guru dan Pelajar di Kediri

PDIP memberikan bantuan kepada guru-guru dan pelajar di Kediri, Jawa Timur berupa 1.000 unit sepeda dan 2.000 pasang sepatu. 

NEWS | 27 November 2022

Ganjar Pranowo Ungkap Kedekatan Emosional dengan PPP

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengungkap kedekatan emosionalnya dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

NEWS | 27 November 2022

Dokter Rekomendasikan Aturan 60/60 untuk Pengguna Earphone

"Setelah penggunaan earphone selama 60 menit, disarankan melepas gawai dan memberikan jeda untuk telinga beristirahat," jelas dr Budi.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM

Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE