Logo BeritaSatu

Kebun Raya Bogor Gelar Festival Pencak Silat Seni Tradisi

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 18:00 WIB
Oleh : Vento Saudale / CAH

Bogor, Beritasatu.com - Kebun Raya Bogor (KRB) menyelenggarakan Festival Pencak Silat Seni Tradisi Kebun Raya Bogor Cup I. Penyelenggaran ini merupakan komitmen Kebun Raya Bogor dalam upaya melestarikan Pencak Silat sebagai budaya bangsa.

Festival yang diselenggarakan hasil kerja sama antara KRB dan Pengprov Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Jawa Barat akan dilaksanakan di Taman Reindwart (Ecodom) pada 19 hingga 21 Agustus 2022.

Bapak Pencak Silat, Mayjen TNI (Purn) Eddie Marzuki Nalapraya, yang pernah menjabat Ketua Umum IPSI menyampaikan dukungannya untuk Festival Pencak Silat Seni Tradisi Kebun Raya Bogor Cup I.

“Pencak Silat bukan hanya olahraga, merupakan tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang kita. Penyelenggaraan festival semacam ini tentunya merupakan upaya untuk pelestarian dan dukungan bagi seni tradisi Pencak Silat,” ujarnya, Kamis (18/8/2022).

Menurutnya, silat-silat tradisi harus ditampilkan kembali. Tidak hanya dari sisi olahraganya. “Harapan saya seluruh perguruan silat yang mengikuti festival pencak silat seni tradisi menampilkan seluruh jurus-jurus terbaiknya,” ujarnya.

Sosok Eddie Mardjoeki Nalapraya memiliki peran penting dalam proses pengakuan pencak silat oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda.

Masuknya pencak silat dalam daftar UNESCO diresmikan pada 2019 silam di acara Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage yang berlangsung di Kolombia.

General Manager Corporate Communication Kebun Raya, Zaenal Arifin, menyampaikan pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia yang telah diakui dunia. Olah raga pencak silat harus terus dilestarikan sebab melestarikan pencak silat sama dengan merawat budaya bangsa.

“Gelaran Festival Pencak Silat Seni Tradisi Kebun Raya Bogor Cup I akan diadakan setiap tahun, selain menjadi ajang kompetisi bagi para pesilat juga diharapkan dapat melahirkan pesilat-pesilat terbaik yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022

Erupsi Semeru, PLN Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan

PLN menyalurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

NEWS | 6 Desember 2022

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Kementerian PUPR menggalang dana corporate social responsibility (CSR) untuk membangun rumah relokasi tahan gempa bagi warga korban Gempa Cianjur.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkes Ingatkan Orang Tua Pentingnya Imunisasi Polio

Menkes mengingatkan kepada orang tua mengenai pentingnya imunisasi polio guna mencegah terjadinya lumpuh kayu terhadap anak.

NEWS | 6 Desember 2022

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko bekas Holywings Tanjung Duren, Jakbar, kebakaran. Eks Holywings itu kini berganti nama menjadi Helens.

NEWS | 5 Desember 2022

Sabtu Menikah, Ini Prosesi Perkawinan Kaesang-Erina

Sejumlah rangkaian acara jelang acara akad nikah akan dijalani Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono dengan rangkaian tradisi pernikahan adat Jawa.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Tak Dengar Ferdy Sambo Perintahkan Tembak Brigadir J, Bharada E: Terserah

Bharada E menyatakan terserah saat merespons Ricky Rizal yang menyatakan tidak dengar perintah Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Rizal Jelaskan Kronologi Penembakan Brigadir J

Ricky Rizal, menjelaskan kronologi penembakan Brigadir J berdasarkan sudut pandangnya saat menjalani sidang di PN Jaksel.

NEWS | 5 Desember 2022

Polisi Temukan Penyebab Kematian Satu Keluarga Tewas

Penyidik bersama tim gabungan ahli kedokteran forensik hingga laboratorium forensik telah mengetahui penyebab kematian satu keluarga di Kalideres tersebut.

NEWS | 5 Desember 2022

Jokowi Ungkap Kaesang Tengah Jalani Pingitan

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa putra bungsunya, Kaesang Pangarep tengah menjalani masa pingitan jelang pernikahannya dengan Erina Gudono

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

NEWS | 44 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE