Logo BeritaSatu

Kebun Raya Bogor Gelar Festival Pencak Silat Seni Tradisi

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 18:00 WIB
Oleh : Vento Saudale / CAH

Bogor, Beritasatu.com - Kebun Raya Bogor (KRB) menyelenggarakan Festival Pencak Silat Seni Tradisi Kebun Raya Bogor Cup I. Penyelenggaran ini merupakan komitmen Kebun Raya Bogor dalam upaya melestarikan Pencak Silat sebagai budaya bangsa.

Festival yang diselenggarakan hasil kerja sama antara KRB dan Pengprov Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Jawa Barat akan dilaksanakan di Taman Reindwart (Ecodom) pada 19 hingga 21 Agustus 2022.

Bapak Pencak Silat, Mayjen TNI (Purn) Eddie Marzuki Nalapraya, yang pernah menjabat Ketua Umum IPSI menyampaikan dukungannya untuk Festival Pencak Silat Seni Tradisi Kebun Raya Bogor Cup I.

“Pencak Silat bukan hanya olahraga, merupakan tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang kita. Penyelenggaraan festival semacam ini tentunya merupakan upaya untuk pelestarian dan dukungan bagi seni tradisi Pencak Silat,” ujarnya, Kamis (18/8/2022).

Menurutnya, silat-silat tradisi harus ditampilkan kembali. Tidak hanya dari sisi olahraganya. “Harapan saya seluruh perguruan silat yang mengikuti festival pencak silat seni tradisi menampilkan seluruh jurus-jurus terbaiknya,” ujarnya.

Sosok Eddie Mardjoeki Nalapraya memiliki peran penting dalam proses pengakuan pencak silat oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda.

Masuknya pencak silat dalam daftar UNESCO diresmikan pada 2019 silam di acara Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage yang berlangsung di Kolombia.

General Manager Corporate Communication Kebun Raya, Zaenal Arifin, menyampaikan pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia yang telah diakui dunia. Olah raga pencak silat harus terus dilestarikan sebab melestarikan pencak silat sama dengan merawat budaya bangsa.

“Gelaran Festival Pencak Silat Seni Tradisi Kebun Raya Bogor Cup I akan diadakan setiap tahun, selain menjadi ajang kompetisi bagi para pesilat juga diharapkan dapat melahirkan pesilat-pesilat terbaik yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sura dan Suru Jadi Maskot Pemilu 2024

Maskot pemilu 2024 bernama "Sura" dan "Suru" merupakan karya Stephanie, mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Pradita Tangerang, Banten.

NEWS | 3 Desember 2022

Banjir di Jateng, Ganjar Pranowo Siapkan Anggaran Darurat Rp 15 M

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat Rp 15 miliar untuk penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah.

NEWS | 3 Desember 2022

Ganjar Serahkan Keputusan Pencapresan ke Ketua Umum Partai

Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai pencapresan untuk Pilpres 2024 kepada para ketua umum partai.

NEWS | 3 Desember 2022

Rumah Contoh Tahan Gempa Dibangun di Cianjur

Rumah contoh tahan gempa dibangun di Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Nagrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Kota.

NEWS | 2 Desember 2022

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Yudo Margono Bakal Perhatikan Kesejahteraan Prajurit

Peningkatan kesejahteraan prajurit TNI menjadi salah satu hal yang diperhatikan Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Fed Mulai Jinak, OJK Yakin Kredit Perbankan Tumbuh 12%

Fed Mulai Jinak, OJK Yakin Kredit Perbankan Tumbuh 12%

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE