Logo BeritaSatu

Ini Rekomendasi IDAI Penyelenggaraan PTM bagi Anak Sekolah

Jumat, 19 Agustus 2022 | 19:27 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mendukung penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) yang diselenggarakan selama ini oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemendikbudristekdikti). IDAI tetap merekomendasikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) saat pemberlakuan PTM.

Ketua Satgas Covid-19 IDAI Yogi Prawira menuturkan kesehatan dan keselamatan peserta didik merupakan prioritas yang wajib dipertimbangkan dalam menetapkan kebijakan pembelajaran. Hal tersebut disampaikan Yogi saat menggelar media briefing virtual mengenai evaluasi pembelajaran tatap muka IDAI dan KPAI, Jumat (19/8/2022).

“Perilaku hidup sehat yang sudah dibangun selama masa pandemi Covid-19 harus dipertahankan, khususnya untuk lingkungan sekolah, karena tidak hanya mencegah infeksi Covid-19, tetapi mencegah infeksi lainnya yang merupakan penyebab kematian anak terbesar di Indonesia,” kata Yogi.

“Kita juga tetap menganjurkan semua pihak terus menyuarakan pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan disiplin untuk bisa melanjutkan proses PTM. Orang tua dan sekolah hendaknya berkomunikasi dalam memastikan keamanan, kesehatan, dan keselamatan anak, antara lain dengan melakukan testing pada anak dengan gejala Covid-19,” imbuhnya.

Yogi juga mengatakan orang tua dan sekolah juga diminta untuk menganjurkan siswa yang ada di sekolah untuk mengganti masker setelah 4 jam sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 tersebut di lingkungan sekolah.

“Masker hanya berlaku sampai 4 jam, dan biasanya bisa lembab dan harus diganti, sehingga anak-anak yang lama di sekolah disarankan membawa masker lebih untuk mengganti (dengan yang baru). Orang tua pun diharapkan menyediakan dan membawakan masker tambahan kepada putra-putrinya saat mereka berangkat ke sekolah,” katanya.

Ketua Umum IDAI Piprim Basarah Yanuarso juga berharap pihak sekolah tidak terburu-buru menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah selain program inti penyelenggaraan PTM di sekolah.

“Itu harus dipertegas, karena biasanya dalam kegiatan ekstrakurikuler, protokol kesehatan kadang mengendurkan pengawasannya dibanding saat siswa melakukan pembelajaran. Pihak sekolah juga harus berani memutuskan penutupan sekolah dan mengganti program pembelajaran menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) apabila memang ditemukan ada kelas yang siswanya terkonfirmasi Covid-19,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ada Sosok Perempuan Menangis di Momen Sambo dan Putri Bertengkar

Ada sosok perempuan misterius yang menangis ketika Ferdy Sambo dan Putri bertengkar. Bharada E mengaku tidak mengenali perempuan misterius itu.

NEWS | 30 November 2022

Pemilu 2024, Mardani PKS Usul Hak Pilih ASN Dihapus

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengusulkan hak pilih ASN di Pemilu 2024 dihapus baik untuk pilpres, maupun pilkada. 

NEWS | 30 November 2022

Penunjukan Yudo Margono Jadi Panglima TNI Dinilai Sudah Tepat

Ketua Umum DPP Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengatakan penunjukan Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sudah tepat. 

NEWS | 30 November 2022

Polisi Luruskan soal Mantra di Rumah Keluarga Tewas di Kalideres

Polda Metro Jaya meluruskan soal mantra yang ditemukan di rumah satu keluarga tewas di Kalideres. Mantra tersebut bukan ditulis di buku, melainkan di kain.

NEWS | 30 November 2022

Takut Mobilnya Disenggol Motor, Ferdy Sambo Marahi Bharada E

Bharada E pernah dimarahi Ferdy Sambo selama menjadi sopir mantan Kadiv Propam Polri itu. Ferdy Sambo memarahi Bharada E karena takut mobilnya disenggol motor.

NEWS | 30 November 2022

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI. Begini profil Yudo Margono yang merupakan anak petani. 

NEWS | 30 November 2022

Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Paus Fransiskus mendoakan korban gempa Cianjur. Atas doa Paus Fransiskus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan hatur nuhun.

NEWS | 30 November 2022

Serangan Gelombang Dingin di Xinjiang Tewaskan Tujuh Jiwa

Gelombang dingin di Daerah Otonomi Xinjiang telah menewaskan tujuh orang, menurut situs berita Tiongkok yang mengutip otoritas setempat, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Beberkan Ferdy Sambo dan Putri Pisah Rumah

Di persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Bharada E membeberkan soal Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi pisah rumah. 

NEWS | 30 November 2022

2 Jenazah Kru Helikopter Polri Diserahkan kepada Keluarga

Jenzah Bripda Khoirul Anam dan Briptu Lasminto, dua kru helikopter Polri P-1103 yang jatuh di Babel diserahkan kepada keluarga, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menangis Saat Disuruh Menembak, Bharada E: Tuhan Ubahlah Rencana Pak Sambo

Menangis Saat Disuruh Menembak, Bharada E: Tuhan Ubahlah Rencana Pak Sambo

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE