Logo BeritaSatu

Ledakan Bom Tewaskan 100 Tentara Rusia di Luhansk

Kamis, 18 Agustus 2022 | 09:35 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Sekitar 100 tentara Rusia tewas dalam ledakan bom di kota Lysychansk yang baru saja diduduki. Seperti dilaporkan Newsweek, Selasa (16/8/2022), pernyataan itu disampaikan Serhiy Gaidai, gubernur regional Ukraina timur yang dilanda perang.

Kepada Radio Liberty, Gaidai, kepala distrik administratif Luhansk Ukraina, memberikan beberapa penjelasan dampak ledakan tersebut. Pernyataan Gadai datang di tengah laporan masalah moral yang sedang berlangsung di antara pasukan Rusia meskipun kemenangan baru-baru ini di wilayah Donbas timur Ukraina.

Kepada outlet berita, Gaidai mengatakan pasukan Rusia melakukan serangan besar-besaran dari sisi kilang minyak dan menyarankan bahwa "beberapa personel merokok sembarangan" mungkin telah menyebabkan ledakan mematikan di Lysychansk. Kota Lysychansk diklaim Rusia bulan lalu telah "dibebaskan" sebagai yang terakhir. ketidaksepakatan besar di distrik administratif Luhansk.

Tentara yang terbunuh bukan lagi bagian dari Wagner PMC, satu perusahaan militer swasta yang berafiliasi dengan Kremlin, tetapi berada di tentara reguler Rusia.

Kremlin awalnya berencana untuk segera merebut ibu kota Ukraina, Kyiv, setelah meluncurkan invasi ke negara itu pada 24 Februari. Namun, menghadapi perlawanan keras yang tak terduga dari militer Ukraina, Rusia mengalihkan perhatiannya ke Ukraina timur. Wilayah Ukraina timur merupakan rumah bagi populasi besar warga Ukraina. Penutur Rusia selain dua kelompok separatis yang bersekutu dengan Kremlin.

Invasi Rusia mencapai keberhasilan awal musim panas ini ketika mengambil Severodonetsk, satu kota strategis kritis di timur negara itu ketika pasukan Ukraina melakukan penarikan strategis.

Meskipun mengalami kerugian, satu jajak pendapat oleh Institut Republik Internasional Ukraina yang dirilis pekan lalu menemukan bahwa hampir dua pertiga responden percaya bahwa negara mereka akan mendapatkan kembali perbatasannya yang diakui secara internasional, termasuk di Donbas dan Krimea yang diduduki Rusia. Jumlah itu naik dari 53 persen pada bulan April.

Institute for the Study of War, satu kajian AS, menerbitkan penelitian pada hari Senin tentang laporan bahwa milisi separatis di Luhansk menolak untuk berperang di distrik administratif Donetsk yang berdekatan, mengeluhkan kecepatan pelanggaran yang melelahkan.

"Tren ini sangat berbahaya bagi pasukan Rusia yang berusaha merekrut lebih banyak lagi tentara baru dari Oblast Luhansk untuk menebus kerugian baru-baru ini. Perpecahan lebih lanjut dalam pasukan pimpinan Rusia juga mengancam untuk lebih menghambat efisiensi upaya perang Rusia," tulis para peneliti dari lembaga kajian tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bekantan Mengamuk dan Masuk Permukiman, Warga Panik

Seekor kera Bekantan sempat membuat puluhan warga panik, lantaran mengamuk dan berkeliaran di permukiman warga di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

NEWS | 4 Desember 2022

Harga Telur Naik, Telur Pecah Diburu Pembeli di Medan

Harga telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Sumatera Utara melambung tinggi menjadi Rp 54.000 per papan.

NEWS | 4 Desember 2022

Warga Lebak Berdesakan Berebut BLT, Banyak Anak Terjepit

Ribuan warga dari sembilan kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten yang ingin mendapatkan BLT BBM membeludak di kantor Kecamatan Rangkasbitung.

NEWS | 4 Desember 2022

Kerupuk Rengginang Mojokerto Tembus Pasar Hong Kong

Produksi kerupuk rengginang asal Mojokerto mampu menembus pasar Hong Kong, dengan kemasan khusus menggunakan bahasa Mandarin.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasus Pemukulan Imam Masjid di Bekasi Berakhir Damai

Diduga, pelaku pemukulan imam masjid mengalami gangguan saraf dan beberapa kali melakukan pemeriksaan di kedokteran.

NEWS | 4 Desember 2022

Gara-gara Warisan, Anak Kesayangan Tega Bunuh Ayah Sendiri

Satreskrim Polres Indramayu, menggelar olah TKP pembunuhan ayah kandung oleh anaknya sendiri di Desa Eretan Kulon, Indramayu.

NEWS | 4 Desember 2022

Erupsi, Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Radius 7 Km

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur kembali erupsi pada Minggu (04/12/2022) pagi.

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab Garut Masih Pantau Dampak Kerusakan Gempa M 6,1

Pemkab Garut menerjunkan petugas dari dinas terkait maupun tingkat kecamatan dan desa untuk memeriksa tingkat kerusakan dampak gempa M 6,1.

NEWS | 4 Desember 2022

Menko Luhut Cek Persiapan Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina

Jelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Luhut Binsar Pandjaitan, mendatangi kediaman Erina, Sabtu (3/12/2022) sore.

NEWS | 4 Desember 2022

Moeldoko: Penyandang Disabilitas Butuh Pemenuhan Hak, Bukan Dikasihani

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan warga negara lainnya.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Busana Sporty Jadi Tren Fashion Indonesia Pascapandemi

Busana Sporty Jadi Tren Fashion Indonesia Pascapandemi

LIFESTYLE | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE