Logo BeritaSatu

Ledakan Bom Tewaskan 100 Tentara Rusia di Luhansk

Kamis, 18 Agustus 2022 | 09:35 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kyiv, Beritasatu.com- Sekitar 100 tentara Rusia tewas dalam ledakan bom di kota Lysychansk yang baru saja diduduki. Seperti dilaporkan Newsweek, Selasa (16/8/2022), pernyataan itu disampaikan Serhiy Gaidai, gubernur regional Ukraina timur yang dilanda perang.

Kepada Radio Liberty, Gaidai, kepala distrik administratif Luhansk Ukraina, memberikan beberapa penjelasan dampak ledakan tersebut. Pernyataan Gadai datang di tengah laporan masalah moral yang sedang berlangsung di antara pasukan Rusia meskipun kemenangan baru-baru ini di wilayah Donbas timur Ukraina.

Kepada outlet berita, Gaidai mengatakan pasukan Rusia melakukan serangan besar-besaran dari sisi kilang minyak dan menyarankan bahwa "beberapa personel merokok sembarangan" mungkin telah menyebabkan ledakan mematikan di Lysychansk. Kota Lysychansk diklaim Rusia bulan lalu telah "dibebaskan" sebagai yang terakhir. ketidaksepakatan besar di distrik administratif Luhansk.

Tentara yang terbunuh bukan lagi bagian dari Wagner PMC, satu perusahaan militer swasta yang berafiliasi dengan Kremlin, tetapi berada di tentara reguler Rusia.

Kremlin awalnya berencana untuk segera merebut ibu kota Ukraina, Kyiv, setelah meluncurkan invasi ke negara itu pada 24 Februari. Namun, menghadapi perlawanan keras yang tak terduga dari militer Ukraina, Rusia mengalihkan perhatiannya ke Ukraina timur. Wilayah Ukraina timur merupakan rumah bagi populasi besar warga Ukraina. Penutur Rusia selain dua kelompok separatis yang bersekutu dengan Kremlin.

Invasi Rusia mencapai keberhasilan awal musim panas ini ketika mengambil Severodonetsk, satu kota strategis kritis di timur negara itu ketika pasukan Ukraina melakukan penarikan strategis.

Meskipun mengalami kerugian, satu jajak pendapat oleh Institut Republik Internasional Ukraina yang dirilis pekan lalu menemukan bahwa hampir dua pertiga responden percaya bahwa negara mereka akan mendapatkan kembali perbatasannya yang diakui secara internasional, termasuk di Donbas dan Krimea yang diduduki Rusia. Jumlah itu naik dari 53 persen pada bulan April.

Institute for the Study of War, satu kajian AS, menerbitkan penelitian pada hari Senin tentang laporan bahwa milisi separatis di Luhansk menolak untuk berperang di distrik administratif Donetsk yang berdekatan, mengeluhkan kecepatan pelanggaran yang melelahkan.

"Tren ini sangat berbahaya bagi pasukan Rusia yang berusaha merekrut lebih banyak lagi tentara baru dari Oblast Luhansk untuk menebus kerugian baru-baru ini. Perpecahan lebih lanjut dalam pasukan pimpinan Rusia juga mengancam untuk lebih menghambat efisiensi upaya perang Rusia," tulis para peneliti dari lembaga kajian tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Catherine Wilson Siap Menikah dengan Anggota DPRD Sidrap

Catherine Wilson tiba-tiba dikabarkan akan menikah dengan pria bernama Idham Mase, yang merupakan anggota DPRD Sidrap.

NEWS | 29 September 2022

Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter Berpotensi Terjadi di Selat Malaka

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi berpotensi terjadi di sejumlah wilayah perairan pada hari ini dan besok, salah satunya di Selat Malaka.

NEWS | 29 September 2022

Pemprov Jatim Raih Penghargaan Media Center Provinsi

Pemprov Jatim berhasil meraih penghargaan terbaik pertama sebagai Media Center Provinsi Kategori Berita Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

PKS Kaget MK Agendakan Putusan PT 20 Persen Tanpa Sidang Pembuktian

PKS mengaku kaget, kecewa, dan sedih dengan langkah Mahkamah Konstitusi (MK) mengagendakan pengucapan putusan uji materi presidential threshold (PT) 20 persen.

NEWS | 29 September 2022

Akibat Perintah Mobilisasi, 194.000 Warga Rusia Mengungsi

Sekitar 194.000 warga Rusia mengungsi akibat perintah mobilisasi dari Presiden Vladimir Putin.

NEWS | 29 September 2022

AHY Sebut Ada Muatan Politik dalam Kasus Lukas Enembe

Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyebut kasus dugaan korupsi yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe memiliki muatan politis.

NEWS | 29 September 2022

Ketua Komnas HAM Temui Gubernur Papua Lukas Enembe

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik melawat ke kediaman pribadi Gubernur Papua Lukas Enembe di daerah Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

NEWS | 29 September 2022

Harga BBM Naik, Pengguna Transjakarta Bertambah 10%

Pelanggan Transjakarta mengalami penambahan hingga 10 persen sebulan terakhir. Penyebab kenaikan itu antara lain karena harga BBM naik.

NEWS | 29 September 2022

Berkas Perkara Tahap 2 Roy Suryo Dinyatakan Lengkap

Berkas perkara kasus meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo dengan tersangka Roy Suryo dinyatakan lengkap.

NEWS | 29 September 2022

Lukas Enembe Susah Bicara, AHY Akui Ada Kesulitan Komunikasi

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku kesulitan berkomunikasi dengan Gubernur Papua Lukas Enembe yang sedang sakit strok.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 29 September 2022

Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 29 September 2022

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings