Logo BeritaSatu

Ledakan Bom di Masjid Kabul Akibatkan 10 Orang Tewas

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Kabul, Beritasatu.com- Ledakan bom di masjid Kabul, ibu kota Afghanistan saat salat malam pada Rabu (17/8/2022), menewaskan sedikitnya 10 orang, termasuk seorang ulama terkemuka. Seperti dilaporkan AP, ledakan juga melukai sedikitnya 27 orang.

Tidak ada klaim dari pihak yang tanggung jawab langsung atas serangan itu. Ledakan terbaru ini menyerang Afghanistan pada tahun sejak Taliban merebut kekuasaan. Beberapa anak dilaporkan termasuk di antara yang terluka.

Afiliasi lokal kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) telah meningkatkan serangan yang menargetkan Taliban dan warga sipil sejak pengambilalihan mantan pemberontak Agustus lalu ketika pasukan AS dan NATO berada di tahap akhir penarikan mereka dari negara itu. Pekan lalu, ISIS mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan seorang ulama terkemuka Taliban di pusat keagamaannya di Kabul.

Menurut saksi mata, seorang penduduk lingkungan Kher Khanna di kota, tempat Masjid Siddiquiya menjadi sasaran, ledakan itu dilakukan oleh seorang pembom bunuh diri.

“Ulama yang dibunuh adalah Mullah Amir Mohammad Kabuli,” kata saksi mata, berbicara dengan syarat anonim karena tidak berwenang untuk berbicara dengan media.

Saksi menambahkan bahwa lebih dari 30 orang lainnya terluka. Rumah Sakit Darurat Italia di Kabul menyatakan bahwa sedikitnya 27 warga sipil yang terluka, termasuk lima anak-anak, dibawa ke sana dari lokasi ledakan bom. Ada kekhawatiran jumlah korban bisa meningkat lebih lanjut.

Khalid Zadran, juru bicara yang ditunjuk Taliban untuk kepala polisi Kabul, membenarkan ledakan bom di dalam satu masjid di Kabul utara tetapi tidak menyebutkan jumlah korban atau jumlah korban tewas dan luka-luka.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid juga mengutuk ledakan itu dan bersumpah bahwa "pelaku kejahatan semacam itu akan segera diadili dan akan dihukum."

Satu invasi pimpinan AS menggulingkan pemerintah Taliban sebelumnya, yang telah menjamu pemimpin al Qaeda Osama bin Laden di Afghanistan, setelah serangan teroris 11 September 2001 di Amerika Serikat.

Sejak mendapatkan kembali kekuasaan, mantan pemberontak menghadapi krisis ekonomi yang melumpuhkan karena masyarakat internasional, yang tidak mengakui pemerintah Taliban, membekukan dana untuk Afghanistan.

Bilal Karimi, wakil juru bicara Taliban, mengutuk ledakan itu dalam satu cuitan Twitter pada Rabu malam.

"Pembunuh warga sipil dan pelaku kejahatan serupa akan segera ditangkap dan dihukum atas perbuatannya, insya Allah," tulis Karimi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Catherine Wilson Siap Menikah dengan Anggota DPRD Sidrap

Catherine Wilson tiba-tiba dikabarkan akan menikah dengan pria bernama Idham Mase, yang merupakan anggota DPRD Sidrap.

NEWS | 29 September 2022

Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter Berpotensi Terjadi di Selat Malaka

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi berpotensi terjadi di sejumlah wilayah perairan pada hari ini dan besok, salah satunya di Selat Malaka.

NEWS | 29 September 2022

Pemprov Jatim Raih Penghargaan Media Center Provinsi

Pemprov Jatim berhasil meraih penghargaan terbaik pertama sebagai Media Center Provinsi Kategori Berita Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

PKS Kaget MK Agendakan Putusan PT 20 Persen Tanpa Sidang Pembuktian

PKS mengaku kaget, kecewa, dan sedih dengan langkah Mahkamah Konstitusi (MK) mengagendakan pengucapan putusan uji materi presidential threshold (PT) 20 persen.

NEWS | 29 September 2022

Akibat Perintah Mobilisasi, 194.000 Warga Rusia Mengungsi

Sekitar 194.000 warga Rusia mengungsi akibat perintah mobilisasi dari Presiden Vladimir Putin.

NEWS | 29 September 2022

AHY Sebut Ada Muatan Politik dalam Kasus Lukas Enembe

Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyebut kasus dugaan korupsi yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe memiliki muatan politis.

NEWS | 29 September 2022

Ketua Komnas HAM Temui Gubernur Papua Lukas Enembe

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik melawat ke kediaman pribadi Gubernur Papua Lukas Enembe di daerah Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

NEWS | 29 September 2022

Harga BBM Naik, Pengguna Transjakarta Bertambah 10%

Pelanggan Transjakarta mengalami penambahan hingga 10 persen sebulan terakhir. Penyebab kenaikan itu antara lain karena harga BBM naik.

NEWS | 29 September 2022

Berkas Perkara Tahap 2 Roy Suryo Dinyatakan Lengkap

Berkas perkara kasus meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo dengan tersangka Roy Suryo dinyatakan lengkap.

NEWS | 29 September 2022

Lukas Enembe Susah Bicara, AHY Akui Ada Kesulitan Komunikasi

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku kesulitan berkomunikasi dengan Gubernur Papua Lukas Enembe yang sedang sakit strok.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Indonesia International Challenge: Sengit, Tasya Farahnailah Lolos Perempatfinal

Indonesia International Challenge: Sengit, Tasya Farahnailah Lolos Perempatfinal

SPORT | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings