Logo BeritaSatu

Liz Cheney, Musuh Bebuyutan Trump, Tersingkir dari DPR

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:44 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Beritasatu.com – Pemilih di negara bagian Wyoming, Amerika Serikat, telah mengakhiri karir Liz Cheney, anggota DPR dari Partai Republik yang sangat anti dengan mantan presiden Donald Trump, dalam pemilihan internal partai Selasa (16/8/2022) waktu setempat.

Dia dikalahkan oleh pendatang baru Harriet Hageman, yang ironisnya mendapat restu penuh dari Trump.

Wyoming adalah negara bagian terkecil di Amerika dan hanya mendapat jatah satu kursi di DPR. Pada pemilihan presiden 2020, kemenangan Trump terbesar terjadi di negara bagian tersebut, yang dalam sejarahnya selalu dikuasai Partai Republik.

Perolehan suara Trump di sana mencapai 70%.

Cheney, 56, adalah satu dari hanya dua politisi Partai Republik yang menjadi anggota komite Kongres yang bertugas menyelidiki upaya Trump untuk tetap menjabat presiden meskipun kalah dalam pemilu dan juga kasus kerusuhan di Gedung Capitol 6 Januari 2021.

Putri mantan wakil presiden Dick Cheney itu sebelumnya merupakan tokoh politik panutan di Wyoming dan sudah menjadi anggota DPR tiga periode.

Sepuluh anggota Kongres Partai Republik yang menentang Trump saat ini menjadi target balas dendam karena mendukung mosi untuk memakzulkan Trump terkait kerusuhan di Capitol.

Sejauh ini, empat di antaranya sudah pensiun, dan empat lainnya sudah dikalahkan oleh calon dukungan Trump di pemilihan internal Republik di Wyoming, Washington, Michigan, dan South Carolina.

Hanya tersisa dua orang yang masih punya tiket untuk kembali mengikuti pemilihan.

Cheney mengakui kekalahannya dan menegaskan tetap akan melanjutkan perlawanan terhadap Trump dan menghalanginya kembali ke Gedung Putih.

"Sejak 6 Januari [2021] saya bertekad untuk melakukan apapun guna memastikan Donald Trump tidak akan kembali ke Oval Office, dan saya serius," ujar Cheney.

Dia mengklaim bahwa sebetulnya mudah baginya untuk kembali memenangi pemilihan kalau bersedia mendukung kebohongan bahwa Trump menang pilpres 2020 atas Biden.

"Itu jalan yang tidak bisa dan tidak akan saya tempuh," tegasnya.

Trump menyebut nama Cheney ketika memberi selamat kepada Hageman lewat akun media sosial Truth Social miliknya.

"Liz Cheney harus malu pada dirinya sendiri, pada tindakannya, dan cara bicaranya yang penuh kebencian dan menghakimi pada orang lain,” tulis Trump.

"Sekarang dia akhirnya lenyap dalam keheningan politik di mana, saya yakin, dia akan lebih bahagia daripada sekarang ini."

Sementara Hageman menyebut dukungan Trump sebagai kunci kemenangannya.

"Wyoming sudah menjadi perhatian kaum elite. Kami tidak akan menoleransi para wakil rakyat yang tidak mewakili kami,” ujar perempuan itu.

Dia akan menjadi wakil Partai Republik di pemilihan yang sebenarnya November nanti dan hampir bisa dipastikan bisa mengalahkan kandidat Partai Demokrat mengingat dominasi partainya yang sangat mengakar di Wyoming.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BBC, CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bharada E Pejamkan Mata Saat Tembak Brigadir J

Di persidangan, Bharada E mengungkapkan saat momen dirinya menembak Brigadir J atas perintah Ferdy Sambo. 

NEWS | 30 November 2022

DPR: Data Desa Presisi Penting untuk Wujudkan Kesejahteraan

Anggota DPR dari Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka menegaskan pentingnya data desa presisi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara merata dan adil.

NEWS | 30 November 2022

Menangis Saat Disuruh Menembak, Bharada E: Tuhan Ubahlah Rencana Pak Sambo

Bharada E menangis saat disuruh menembak Brigadir J. Bahkan, Bharada E sempat berdoa agar Tuhan mengubah rencana Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Trauma, Petani Cianjur Korban Gempa Belum Kembali ke Sawah

Mayoritas petani di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, masih enggan kembali menggarap sawah karena merasa trauma dengan kejadian gempa Cianjur.

NEWS | 30 November 2022

Pangkat Bagai Bumi dan Langit Buat Bharada E Takut Tolak Perintah Ferdy Sambo

Pangkat berbeda bagai bumi dan langit membuat Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E takut menolak perintah Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Ferdy Sambo Bilang ke Bharada E soal Brigadir J Harus Mati

Bharada E mengungkapkan momen Ferdy Sambo menyatakan kepadanya Brigadir J harus mati karena telah melecehkan Putri Candrawathi. 

NEWS | 30 November 2022

Ada Sosok Perempuan Menangis di Momen Sambo dan Putri Bertengkar

Ada sosok perempuan misterius yang menangis ketika Ferdy Sambo dan Putri bertengkar. Bharada E mengaku tidak mengenali perempuan misterius itu.

NEWS | 30 November 2022

Pemilu 2024, Mardani PKS Usul Hak Pilih ASN Dihapus

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengusulkan hak pilih ASN di Pemilu 2024 dihapus baik untuk pilpres, maupun pilkada. 

NEWS | 30 November 2022

Penunjukan Yudo Margono Jadi Panglima TNI Dinilai Sudah Tepat

Ketua Umum DPP Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengatakan penunjukan Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sudah tepat. 

NEWS | 30 November 2022

Polisi Luruskan soal Mantra di Rumah Keluarga Tewas di Kalideres

Polda Metro Jaya meluruskan soal mantra yang ditemukan di rumah satu keluarga tewas di Kalideres. Mantra tersebut bukan ditulis di buku, melainkan di kain.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bharada E Pejamkan Mata Saat Tembak Brigadir J

Bharada E Pejamkan Mata Saat Tembak Brigadir J

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE