Logo BeritaSatu

Sejarah, Pertama Kalinya Ponpes Ngruki dan Abu Bakar Ba'asyir Gelar Upacara Bendera HUT RI

Rabu, 17 Agustus 2022 | 12:03 WIB
Oleh : Dyah Noor Shinta / DAS

Sukoharjo, Beritasatu.com - Pondok pesantren (ponpes) Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah yang didirikan Abu Bakar Ba'asyir secara resmi melaksanakan upacara bendera peringatan HUT ke-77 RI untuk pertama kalinya pada Rabu (17/8/2022).

Seperti dijelaskan Ustaz Abu Bakar Ba'asyir, ponpes ini belum pernah melakukan upacara bendera sejak didirikan pada 10 Maret 1972.

Upacara bendera dimulai pukul 07.00 WIB dan diikuti semua santri pondok dan pengasuh itu berlangsung khidmat. Abu Bakar Ba'asyir turut hadir serta dalam upacara itu. Ia mengenakan baju putih, peci putih, sarung cokelat muda, berkaca mata dan menggenggam tongkat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan dirinya mendapatkan kesempatan memimpin pelaksanaan upacara peringatan 17 Agustus di Ponpes Al-Mukmin atas undangan dari pihak ponpes.

Pada kesempatan itu Muhadjir Effendy berpesan kepada para santri pondok harus ada perimbangan antara belajar ilmu agama dan umum.

"Agar para santrinya terus belajar yang baik kalau dari segi karakter tidak bisa diragukan karena di sini pendidikan akhlak diutamakan. Hanya harus ada perimbangan belajar ilmu umum dengan ilmu agama. Ilmu agamanya cukup dalam dan luas kalau diimbangi dengan pengetahuan umum yang sangat kuat, maka para santri akan bisa ikut berpartisipasi mengisi kemerdekaan," ungkap Muhadjir.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ba’asyir pernah mendekam dipenjara dalam kasus terorisme. Ia divonis 15 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 2011.

Sejarah, Pertama Kalinya Ponpes Ngruki dan Abu Bakar Ba'asyir Gelar Upacara Bendera HUT RI
Abu Bakar Ba'asyir menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI..

Ba'asyir saat itu dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan menggerakkan orang lain dalam penggunaan dana untuk melakukan tindak pidana terorisme.

Abu Bakar Ba'asyir -yang sempat disebut polisi duduk sebagai Amir Jamaah Anshoru Tauhid atau JAT- terbukti merencanakan atau menggerakkan pelatihan militer di Aceh bersama Dulmatin alias Yahyah Ibrahim alias Joko Pitono.

Bekas Amir Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) itu juga sempat dipidana dalam kasus serangan bom Bali 2002 dengan vonis 2,6 tahun penjara pada 2005.

Ba'asyir bebas dari Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, Bogor, pada Jumat, 8 Januari 2021. Ketika itu, Ba'asyir menolak menandatangani janji setia kepada Pancasila sebagai syarat pembebasan dirinya.

Pada awal Agustus 2022 lalu Ba'asyir diberitakan mengakui Pancasila sebagai dasar negara. Hal itu terlihat dari video yang beredar dan diakui putranya, Abdul Rochim.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022

Warga dan Petugas Damkar Lebak Tangkap Ular Piton Panjang 3 Meter

Warga dan petugas pemadam kebakaran (damkar) Lebak, menangkap ular piton sepanjang 3 meter, Sabtu (3/12/2022) dini hari.

NEWS | 3 Desember 2022

Jokowi Hadiri Acara Puncak HUT Ke-77 PGRI dan HGN 2022

Acara puncak peringatan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 dihadiri Presiden Jokowi.

NEWS | 3 Desember 2022

Pernyataan Benny Rhamdani soal Siap Perang Dinilai Harus Dilihat Utuh

Efriza menilai pihak-pihak mempersoalkan diksi siap perang dan menyerang Benny Rhamdani saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlalu berlebihan.

NEWS | 3 Desember 2022

8 Pemprov Desak RUU Daerah Kepulauan Disahkan pada 2023

Delapan pemerintah provinsi (pemprov) mendesak agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan yang sudah masuk Prolegnas agar disahkan pada 2023.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE