Logo BeritaSatu

Bank-bank Arab Saudi Tutup 42 Cabang dalam 12 Bulan

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:14 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Riyadh, Beritasatu.com- Bank-bank Saudi menutup 42 cabang selama tahun yang berakhir pada Juni 2022. Seperti dilaporkan Arab News, Senin (15/8/2022), fenomena penutupan itu diungkap Bank Sentral Saudi, juga dikenal sebagai SAMA.

Jumlah cabang bank di Arab Saudi juga turun tipis menjadi 1.927 pada kuartal kedua tahun ini dari 1.932 pada kuartal yang sama tahun lalu.

Asumsi yang paling umum fenomena perbankan digital muncul saat pandemi Covid-19 dan efeknya yang berkepanjangan terhadap seluruh perekonomian, termasuk sektor keuangan dan perbankan. Antara kuartal keempat 2019 dan kuartal pertama 2021, yang termasuk puncak pandemi, 68 cabang ditutup.

Selain itu, jumlah cabang bank terus berkurang setiap tiga bulan setelah pencabutan pembatasan Covid-19, meskipun tidak ada tren yang jelas. Antara Mei 2020 dan Juni tahun ini, 137 cabang bank di Kerajaan saudi telah tutup.

Perlu disebutkan bahwa cabang yang telah ditutup bukanlah bank lapis kedua atau berkinerja buruk, tetapi beberapa yang terbesar dan berkinerja baik. Misalnya, Al Rajhi Bank, yang memiliki 543 cabang pada kuartal keempat 2020, menguranginya menjadi 515 pada Juni tahun ini.

Saat Covid-19 memicu revolusi digital, teknologi canggih dan inovatif berhasil. Tiga tahun terakhir pandemi perlahan memulai transformasi menuju perbankan digital, yang dapat dilihat secara dekat di sektor perbankan Saudi.

Lebih banyak bank beralih ke peningkatan interaksi virtual dan digitalisasi, dan bank-bank baru dibuka sepenuhnya di premis itu. Februari lalu, SAMA melisensikan dan menyambut bank digital ketiga Kerajaan D360 Bank, setelah peluncuran STC dan Saudi Digital Bank pada Juni tahun lalu.

Demikian pula, menurut SAMA, 19 perusahaan fintech Saudi telah diberi wewenang untuk menyediakan layanan pembayaran, keuangan mikro konsumen, dan pialang asuransi elektronik selama beberapa bulan terakhir.

Dalam satu survei yang dilakukan oleh Ipsos di Kerajaan pada Oktober 2021, peneliti utama menunjukkan bahwa 61 persen masih mempercayai bank tradisional, sementara 47 persen mengandalkan penyedia layanan seluler dan 40 persen bergantung pada merek digital populer untuk melakukan transaksi keuangan.

Laporan itu menambahkan 63 persen responden mengatakan akan melakukan semua transaksi keuangan mereka melalui perbankan digital di masa depan, dan 58 persen percaya bahwa orang tidak akan lagi menggunakan uang tunai sebagai metode pembayaran.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ferdy Sambo Bilang ke Bharada E soal Brigadir J Harus Mati

Bharada E mengungkapkan momen Ferdy Sambo menyatakan kepadanya Brigadir J harus mati karena telah melecehkan Putri Candrawathi. 

NEWS | 30 November 2022

Ada Sosok Perempuan Menangis di Momen Sambo dan Putri Bertengkar

Ada sosok perempuan misterius yang menangis ketika Ferdy Sambo dan Putri bertengkar. Bharada E mengaku tidak mengenali perempuan misterius itu.

NEWS | 30 November 2022

Pemilu 2024, Mardani PKS Usul Hak Pilih ASN Dihapus

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera mengusulkan hak pilih ASN di Pemilu 2024 dihapus baik untuk pilpres, maupun pilkada. 

NEWS | 30 November 2022

Penunjukan Yudo Margono Jadi Panglima TNI Dinilai Sudah Tepat

Ketua Umum DPP Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengatakan penunjukan Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sudah tepat. 

NEWS | 30 November 2022

Polisi Luruskan soal Mantra di Rumah Keluarga Tewas di Kalideres

Polda Metro Jaya meluruskan soal mantra yang ditemukan di rumah satu keluarga tewas di Kalideres. Mantra tersebut bukan ditulis di buku, melainkan di kain.

NEWS | 30 November 2022

Takut Mobilnya Disenggol Motor, Ferdy Sambo Marahi Bharada E

Bharada E pernah dimarahi Ferdy Sambo selama menjadi sopir mantan Kadiv Propam Polri itu. Ferdy Sambo memarahi Bharada E karena takut mobilnya disenggol motor.

NEWS | 30 November 2022

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI. Begini profil Yudo Margono yang merupakan anak petani. 

NEWS | 30 November 2022

Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Paus Fransiskus mendoakan korban gempa Cianjur. Atas doa Paus Fransiskus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan hatur nuhun.

NEWS | 30 November 2022

Serangan Gelombang Dingin di Xinjiang Tewaskan Tujuh Jiwa

Gelombang dingin di Daerah Otonomi Xinjiang telah menewaskan tujuh orang, menurut situs berita Tiongkok yang mengutip otoritas setempat, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Beberkan Ferdy Sambo dan Putri Pisah Rumah

Di persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Bharada E membeberkan soal Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi pisah rumah. 

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mattel Akan Tambah Kapasitas Produksi Barbie dan Hot Wheels di Indonesia

Mattel Akan Tambah Kapasitas Produksi Barbie dan Hot Wheels di Indonesia

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE