Logo BeritaSatu

Bank-bank Arab Saudi Tutup 42 Cabang dalam 12 Bulan

Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:14 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Riyadh, Beritasatu.com- Bank-bank Saudi menutup 42 cabang selama tahun yang berakhir pada Juni 2022. Seperti dilaporkan Arab News, Senin (15/8/2022), fenomena penutupan itu diungkap Bank Sentral Saudi, juga dikenal sebagai SAMA.

Jumlah cabang bank di Arab Saudi juga turun tipis menjadi 1.927 pada kuartal kedua tahun ini dari 1.932 pada kuartal yang sama tahun lalu.

Asumsi yang paling umum fenomena perbankan digital muncul saat pandemi Covid-19 dan efeknya yang berkepanjangan terhadap seluruh perekonomian, termasuk sektor keuangan dan perbankan. Antara kuartal keempat 2019 dan kuartal pertama 2021, yang termasuk puncak pandemi, 68 cabang ditutup.

Selain itu, jumlah cabang bank terus berkurang setiap tiga bulan setelah pencabutan pembatasan Covid-19, meskipun tidak ada tren yang jelas. Antara Mei 2020 dan Juni tahun ini, 137 cabang bank di Kerajaan saudi telah tutup.

Perlu disebutkan bahwa cabang yang telah ditutup bukanlah bank lapis kedua atau berkinerja buruk, tetapi beberapa yang terbesar dan berkinerja baik. Misalnya, Al Rajhi Bank, yang memiliki 543 cabang pada kuartal keempat 2020, menguranginya menjadi 515 pada Juni tahun ini.

Saat Covid-19 memicu revolusi digital, teknologi canggih dan inovatif berhasil. Tiga tahun terakhir pandemi perlahan memulai transformasi menuju perbankan digital, yang dapat dilihat secara dekat di sektor perbankan Saudi.

Lebih banyak bank beralih ke peningkatan interaksi virtual dan digitalisasi, dan bank-bank baru dibuka sepenuhnya di premis itu. Februari lalu, SAMA melisensikan dan menyambut bank digital ketiga Kerajaan D360 Bank, setelah peluncuran STC dan Saudi Digital Bank pada Juni tahun lalu.

Demikian pula, menurut SAMA, 19 perusahaan fintech Saudi telah diberi wewenang untuk menyediakan layanan pembayaran, keuangan mikro konsumen, dan pialang asuransi elektronik selama beberapa bulan terakhir.

Dalam satu survei yang dilakukan oleh Ipsos di Kerajaan pada Oktober 2021, peneliti utama menunjukkan bahwa 61 persen masih mempercayai bank tradisional, sementara 47 persen mengandalkan penyedia layanan seluler dan 40 persen bergantung pada merek digital populer untuk melakukan transaksi keuangan.

Laporan itu menambahkan 63 persen responden mengatakan akan melakukan semua transaksi keuangan mereka melalui perbankan digital di masa depan, dan 58 persen percaya bahwa orang tidak akan lagi menggunakan uang tunai sebagai metode pembayaran.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022

Erupsi Semeru, PLN Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan

PLN menyalurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

NEWS | 6 Desember 2022

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Kementerian PUPR menggalang dana corporate social responsibility (CSR) untuk membangun rumah relokasi tahan gempa bagi warga korban Gempa Cianjur.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkes Ingatkan Orang Tua Pentingnya Imunisasi Polio

Menkes mengingatkan kepada orang tua mengenai pentingnya imunisasi polio guna mencegah terjadinya lumpuh kayu terhadap anak.

NEWS | 6 Desember 2022

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko bekas Holywings Tanjung Duren, Jakbar, kebakaran. Eks Holywings itu kini berganti nama menjadi Helens.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pameran USS 2022 Bakal Dimeriahkan The Hundreds hingga Hotsauce

Pameran USS 2022 Bakal Dimeriahkan The Hundreds hingga Hotsauce

LIFESTYLE | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE