Logo BeritaSatu

KSP: Baju Adat Bangka Belitung Lambang Kerukunan Budaya Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:47 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Agung Hardjono menyatakan baju adat daerah Bangka Belitung merupakan salah satu busana adat tradisional yang mengalami perpaduan budaya masyarakat Arab, Tiongkok, dan Melayu. Baju adat ini melambangkan kerukunan budaya Indonesia.

“Akulturasi budaya tersebut terjadi, karena pada masa silam wilayah sekitar Bangka Belitung merupakan wilayah yang sering dikunjungi oleh bangsa-bangsa di seluruh dunia, saat melakukan perjalanan laut (pelayaran) dan perdagangan,” kata Agung Hardjono.

Menurut Agung, busana adat daerah Bangka Belitung menggambarkan bagaimana berbagai budaya bisa disatukan dan diselaraskan dalam satu wadah karya seni berupa desain pakaian yang begitu anggun.

“Hal ini juga menggambarkan bagaimana Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, agama, dan perbedaan-perbedaan lain, bisa disatukan dalam sebuah tatanan bernegara, yakni NKRI,” ujar Agung.

Agung menerangkan penggunaan busana adat menumbuhkan kebanggan dan kecintaan kepada bangsa. Melalui busana adat, tidak ada lagi sekat-sekat atau batas antara satu golongan dengan golongan lain.

“Dengan berbusana adat semua setara dan seimbang, tidak ada kalah atau menang. Ini yang ingin dicontohkan dan diajarkan oleh Presiden Jokowi,” terang Agung Hardjono.

Diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampak mengenakan busana adat daerah saat berpidato dalam sidang tahunan MPR. Presiden Jokowi memilih baju Paksian asal Bangka Belitung, yang didominasi warna hijau dan memiliki motif pucuk rebung.

“Motif pucuk rebung melambangkan kerukunan, dan pemilihan warna hijau karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan,” katanya.

Mengenakan pakaian adat saat menghadiri sidang tahunan MPR menjadi kebiasaan Presiden Jokowi. Pada 2017, Presiden mengenakan pakaian adat Bugis berupa setelan adat lengkap dengan songkok warna emas atau bernama songkok Ta Bone.

Kemudian, pada 2019, orang nomor satu di Indonesia itu mengenakan busana adat Sasak asal Nusa Tenggara Barat (NTB). Kemudian, pada 2020, Presiden mengenakan pakaian adat Sabu Raijua asal Nusa Tenggara Timur (NTT), dan pada 2020 pakaian adat yang dipilih oleh Presiden, yakni baju adat urang Kanakes dari suku Badui.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Survei: Masyarakat Percaya Ada Praktik Setoran di Polri

Indikator Politik Indonesia dalam surveinya menemukan adanya pandangan publik yang percaya adanya praktik setoran dari bawahan ke atasan di Polri. 

NEWS | 27 November 2022

Kasus Teddy Minahasa, Survei: Publik Endus Persaingan Tak Sehat di Polri

Survei Indikator Politik Indonesia menemukan persepsi publik adanya persaingan tidak sehat di internal Polri usai kasus peredaran narkoba Irjen Teddy Minahasa.

NEWS | 27 November 2022

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Teratas, Prabowo dan Anies Bersaing

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Ganjar Pranowo meraih dukungan terbanyak sebagai presiden.

NEWS | 27 November 2022

Bawaslu: Ada Dugaan Pelanggaran Verifikasi Faktual di Sulbar

Bawaslu mengungkap ada dugaan pelanggaran verfikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik (parpol) di Sulawesi Barat (Sulbar).

NEWS | 27 November 2022

Gempa Cianjur, BNPB Fokus Penanganan Pengungsi dan Distribusi Logistik

BNPB memastikan masih akan terus melakukan pencarian dan evakuasi korban gempa Cianjur yang hingga hari ini belum ditemukan.

NEWS | 27 November 2022

Brigade: Jokowi di Hati, Ganjar Pranowo Dinanti

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) memekikkan tagline perjuangan Jokowi di Hati, Ganjar Pranowo Dinanti saat deklarasi dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Puluhan Lansia Antusias Ikut Vaksinasi Booster Kedua

Puluhan warga lanjut usia (lansia) antusias mengikuti vaksinasi booster kedua yang diselenggarakan Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur.

NEWS | 27 November 2022

Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi, Brigade Siap Menangkan Ganjar

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 karena dinilai layak melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

NEWS | 27 November 2022

Brigade Deklarasi Serentak Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Relawan Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) mendeklarasikan dukungan mereka kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Jerat Hakim Agung Gazalba Saleh, KPK Tegaskan Tak Langgar Hukum

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak melanggar hukum ketika menjerat Hakim Agung MA, Gazalba Saleh sebagai tersangka kasus dugaan suap.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Survei: Masyarakat Percaya Ada Praktik Setoran di Polri

Survei: Masyarakat Percaya Ada Praktik Setoran di Polri

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE