Logo BeritaSatu

Tiongkok Kecam Kunjungan Kongres AS ke Taiwan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:28 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Tiongkok mengecam kunjungan Kongres Amerika Serikat (AS) ke Taiwan. Seperti dilaporkan RT, Senin (15/8/2022), Kementerian Luar Negeri Tiongkok menyatakan perjalanan delegasi Amerika merupakan “pelanggaran terang-terangan” terhadap kedaulatan Tiongkok.

“Ini adalah pelanggaran terang-terangan terhadap prinsip Satu Tiongkok dan ketentuan dari komunike bersama Tiongkok-Amerika dan kedaulatan serta integritas teritorial Tiongkok. Selain itu, itu mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan separatis di Taiwan,” kata Wang Wenbin, juru bicara Kementerian Luar Negeri, kepada wartawan.

Wang juga mendesak AS untuk mematuhi prinsip Satu Tiongkok untuk menghindari "menimbulkan lebih banyak kerusakan" pada hubungan antara Washington dan Beijing. Dia menambahkan bahwa orang-orang Tiongkok menginginkan “penyatuan kembali nasional,” menggambarkannya sebagai “tren bersejarah yang tidak dapat dihentikan.”

Pejabat Tiongkok berjanji bahwa Beijing akan mengambil langkah tegas untuk melindungi kedaulatan nasionalnya, menambahkan bahwa segelintir politisi AS melebih-lebihkan diri mereka sendiri dan upaya mereka untuk mempromosikan “separatisme” Taiwan akan gagal.

Pada Minggu, delegasi kongres AS yang terdiri dari empat Demokrat dan satu Republik tiba di Taiwan untuk kunjungan dua hari.

Menurut juru bicara Senator Ed Markey, yang memimpin delegasi, kelompok rombongan berusaha untuk “menegaskan kembali dukungan Amerika Serikat untuk Taiwan” dan untuk “mendorong stabilitas dan perdamaian di seluruh Selat Taiwan.”

Perjalanan kongres ke pulau yang diperintah sendiri itu terjadi kurang dari dua minggu setelah kunjungan terpisah oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi membuat hubungan antara Washington dan Beijing menjadi kacau.

Beijing menganggap kunjungan orang kedua dalam garis suksesi presiden sebagai pelanggaran prinsip Satu Tiongkok oleh tingkat kekuasaan tertinggi di Washington.

Terlepas dari penolakan dari Beijing, Pelosi mengatakan bahwa perjalanan itu “sangat berharga,” menambahkan bahwa Tiongkok“tidak akan diizinkan untuk mengisolasi Taiwan” atau mendikte siapa yang dapat dan tidak dapat mengunjungi pulau itu.

Tiongkok menanggapi kunjungan ketua DPR dengan mengadakan latihan militer yang “belum pernah terjadi sebelumnya” di Selat Taiwan dan memutuskan hubungan perdagangan dengan Taipei.

Beijing juga memberikan sanksi kepada keluarga Pelosi dan memutuskan hubungan diplomatik dengan AS di sejumlah bidang utama, termasuk perubahan iklim, keamanan maritim, dan sektor militer lainnya.

Beijing menganggap Taiwan sebagai wilayah kedaulatan Tiongkok. Sejak tahun 1949, pulau itu telah diperintah oleh kaum nasionalis yang melarikan diri dari daratan dengan bantuan AS setelah kalah dalam Perang Saudara Tiongkok dari Komunis. AS secara resmi mengakui, tetapi tidak mendukung, kedaulatan Tiongkok atas Taiwan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mempercepat proyek infrastruktur dengan menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Kredit Modal Kerja (KMK)

NEWS | 6 Oktober 2022

Terkait Pengelolaan Kebun Raya Bogor, Bima Arya Ancam PT MRN

Wali Kota Bogor Bima Arya mengancam akan mengevaluasi keberadaan pihak swasta PT MNR dalam mengelola cagar budaya Kebun Raya Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dipanggil Hari Ini, Rizky Billar Diminta Kooperatif

Rizky Billar dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus KDRT yang dilaporkan oleh sang istri, Lesti Kejora, hari ini.

NEWS | 6 Oktober 2022

Relawan Emak Muda Deklarasi Dukungan untuk Prabowo

Ibu-ibu muda yang tergabung dalam Relawan Emak Muda (Emud) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

NEWS | 6 Oktober 2022

Putin Perintahkan Badan Nuklir Rusia Ambil Alih PLTN Zaporizhzhia

Presiden Vladimir Putin memerintahkan badan nuklir Rusia untuk mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia Ukraina, yang terbesar di Eropa.

NEWS | 6 Oktober 2022

KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

KSP mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu program strategis nasional

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Hillary Lasut: Kenapa Harus Heboh?

Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut melaorkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya, terkait dugaan pencemaran nama baik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Anak dan Istri Lukas Enembe Mangkir dari Panggilan KPK

Anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, Menkes Siapkan PeduliLindungi dalam 13 Bahasa

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dalam 13 bahasa menjelang KTT G-20 di Bali, November mendatang.

NEWS | 6 Oktober 2022

Ungkap Kasus Suap Garuda Indonesia, KPK Bakal Panggil Banyak Pihak

Untuk ungkap kasus suap Garuda Indonesia, KPK bakal memanggil banyak pihak untuk dimintai keterangan demi mengusut kasus ini. 

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

NEWS | 53 detik yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings