Logo BeritaSatu

Syarat Terbaru Naik Kereta Api Berlaku Mulai Hari Ini

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:32 WIB
Oleh : Mikael Niman / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - KAI Daop 1 Jakarta mengingatkan kepada para pengguna jasa kereta api (KA) yang akan berangkat menggunakan jasa KA agar memperhatikan kembali persyaratan terbaru sesuai dengan surat edaran (SE) terbaru dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 80 Tahun 2022 dan berlaku mulai hari ini, Senin, 15 Agustus 2022

"Berdasarkan surat edaran tersebut, persyaratan perjalanan menggunakan KA jarak jauh ‎antara lain, penguna KA usia 18 tahun ke atas yang telah mendapat vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak perlu lagi menunjukkan hasil negatif tes Covid-19," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa,‎ dalam keterangannya Senin (15/8/2022).

‎Dia menjelaskan, untuk pengguna KA yang baru mendapat vaksinasi pertama dan kedua wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR yang berlaku 3x24 jam.

Pengguna yang tidak atau belum divaksinasi dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes PCR berlaku 3x24 jam.

Sementara itu, pengguna KA usia 6-17 tahun yang telah mendapat vaksinasi kedua wajib menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin dosis kedua tanpa menunjukkan hasil negatif tes Covid-19. Pengguna yang baru mendapat vaksinasi pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen berlaku 1x24 jam atau tes PCR berlaku 3x24 jam.

"Tidak atau belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes antigen 1x24 jam atau tes PCR 3x24 jam," kata Eva.

Sementara mereka yang berusia di bawah 6 tahun, kata Eva,‎ tidak wajib vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen atau PCR, namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Menurutnya, pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dapat melakukan pembatalan tiket.

"Pada masa transisi yakni 15-17 Agustus 2022, penumpang yang tidak dapat menunjukkan hasil negatif PCR bisa membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100%, diluar bea pesan serta dapat dibatalkan paling lama sampai dengan H+7 dari tanggal keberangkatan," imbuhnya.

PT KAI mengimbau agar calon penumpang dapat mengantisipasi dengan memperkirakan waktu keberangkatan KA sehingga tidak tertinggal.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

Seorang anggota Polisi Polsek Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Aipda Jauhari Fitrianto (40) sukses menggeluti bisnis olahan kopi rempah.

NEWS | 27 November 2022

Berkedok Indekos, Satpol PP Depok Gerebek Prostitusi Online

Satpol PP Kota Depok melakukan penertiban dan penggerebekan terhadap sejumlah lokasi yang disinyalir menjadi tempat prostitusi online, Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 27 November 2022

Top 5 News: Jokowi Ingatkan Relawan hingga Update Gempa Cianjur

Rangkuman artikel viral edisi Jumat dan Jokowi ingatkan relawan merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 27 November 2022

Tim DVI Polri Kesulitan Identifikasi Korban Gempa Cianjur

Tim DVI Polri kesulitan mengidentifikasi korban gempa Cianjur karena fasilitas pemeriksaan yang terbatas dan kondisi jenazah yang sudah rusak.

NEWS | 27 November 2022

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tembus Desa Terisolasi di Cianjur, Polri Gunakan Helikopter dan <em>Drone</em>

Tembus Desa Terisolasi di Cianjur, Polri Gunakan Helikopter dan Drone

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE