Logo BeritaSatu

Syarat Terbaru Naik Kereta Api Berlaku Mulai Hari Ini

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:32 WIB
Oleh : Mikael Niman / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - KAI Daop 1 Jakarta mengingatkan kepada para pengguna jasa kereta api (KA) yang akan berangkat menggunakan jasa KA agar memperhatikan kembali persyaratan terbaru sesuai dengan surat edaran (SE) terbaru dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 80 Tahun 2022 dan berlaku mulai hari ini, Senin, 15 Agustus 2022

"Berdasarkan surat edaran tersebut, persyaratan perjalanan menggunakan KA jarak jauh ‎antara lain, penguna KA usia 18 tahun ke atas yang telah mendapat vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak perlu lagi menunjukkan hasil negatif tes Covid-19," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa,‎ dalam keterangannya Senin (15/8/2022).

‎Dia menjelaskan, untuk pengguna KA yang baru mendapat vaksinasi pertama dan kedua wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR yang berlaku 3x24 jam.

Pengguna yang tidak atau belum divaksinasi dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes PCR berlaku 3x24 jam.

Sementara itu, pengguna KA usia 6-17 tahun yang telah mendapat vaksinasi kedua wajib menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin dosis kedua tanpa menunjukkan hasil negatif tes Covid-19. Pengguna yang baru mendapat vaksinasi pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen berlaku 1x24 jam atau tes PCR berlaku 3x24 jam.

"Tidak atau belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes antigen 1x24 jam atau tes PCR 3x24 jam," kata Eva.

Sementara mereka yang berusia di bawah 6 tahun, kata Eva,‎ tidak wajib vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen atau PCR, namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Menurutnya, pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dapat melakukan pembatalan tiket.

"Pada masa transisi yakni 15-17 Agustus 2022, penumpang yang tidak dapat menunjukkan hasil negatif PCR bisa membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100%, diluar bea pesan serta dapat dibatalkan paling lama sampai dengan H+7 dari tanggal keberangkatan," imbuhnya.

PT KAI mengimbau agar calon penumpang dapat mengantisipasi dengan memperkirakan waktu keberangkatan KA sehingga tidak tertinggal.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melepas pengiriman dua truk bantuan berupa makan siap saji untuk para korban gempa Cianjur. 

NEWS | 3 Desember 2022

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, Ini Cara Cek Nama di DPT secara Online

KPU meminta masyarakat melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan namanya tertera di daftar pemilih tetap (DPT). Ini cara cek DPT secara online.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemilu 2024, KPU Minta Parpol Membuka Diri kepada Masyarakat

KPU meminta partai politik (parpol) untuk membuka diri kepada masyarakat, khususnya calon pemilih menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 3 Desember 2022

Hasyim Asy'ari: Personel KPU Sehat dan Siap Gelar Pemilu 2024

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menyatakan seluruh personel KPU sehat dan siap menggelar Pemilu 2024. Hal ini ditandai acara gerak jalan sehat yang digelar pihaknya.

NEWS | 3 Desember 2022

Konsolidasi Nasional Jelang Pemilu 2024, KPU Gelar Jalan Sehat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat sebagai upaya konsolidasi nasional jelang Pemilu 2024. 

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

NEWS | 22 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE