Logo BeritaSatu

Varian Covid-19 Hibrida Ditemukan di Rusia

Jumat, 12 Agustus 2022 | 13:04 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Moskwa, Beritasatu.com- Varian Covid-19, yang menggabungkan fitur varian virus Delta dan Omicron, telah ditemukan di Rusia. Seperti dilaporkan RT, Kamis (11/8/2022)), enam orang sejauh ini telah terinfeksi dengan apa yang disebut varian hibrida, Deltacron.

Pada Kamis, pengawas kesehatan konsumen Rusia, Rospotrebnadzor telah mengonfirmasi keberadaan Deltacron.

“Enam kasus yang disebut jenis Deltacron sejauh ini telah terdaftar, dengan lima di St Petersburg dan satu di Moskwa. Deltacron saat ini merupakan jenis virus yang tidak dominan dan tidak memiliki efek signifikan pada situasi epidemiologis di Rusia,” kata badan tersebut, yang mengutip data yang diunggah di Virus Genome Aggregator of Russia (VGARus).

Menurut Rospotrebnadzor, semua pasien Deltacron mengalami bentuk penyakit yang ringan, tanpa ada yang memerlukan rawat inap.

Ilmuwan genetika Amerika Dmitry Pruss sebelumnya mengatakan kepada kantor berita RBC bahwa virus hibrida itu unik di Rusia dan kemungkinan berasal dari negara itu.

Deltacron pertama kali ditemukan oleh para peneliti di Smorodintsev Institute of Influenza di St Petersburg pada awal Juli. Sebulan kemudian, "kami telah memeriksa dan memeriksa ulang semuanya dan dapat mengatakan dengan yakin bahwa itu bukan kesalahan, tetapi virus hibrida yang sebenarnya," lapor ilmuwan.

Kombinasi varian virus corona seperti 'Deltacron' sangat jarang karena Delta yang lebih parah sekarang hampir sepenuhnya disusul oleh strain Omicron yang lebih menular, tetapi lebih ringan.

"Kami belum mengetahui apakah 'Deltacron Rusia' berbahaya," kata Pruss, seraya menambahkan bahwa penyebaran virus hibrida sejauh ini sangat terbatas.

Pada Januari, hibrida Delta dan Omicron dilaporkan oleh para ilmuwan di Siprus, yang mengatakan 25 orang telah terinfeksi. Namun, pimpinan teknis Organisasi Kesehatan Dunia untuk Covid-19 Maria Van Kerkhove menyarankan bahwa kemungkinan itu adalah kesalahan laboratorium yang disebabkan oleh kontaminasi sampel virus.

Laporan penemuan 'Deltacron' di Rusia datang pada hari ketika vaksin Sputnik V negara itu menandai peringatan dua tahun. Pada 11 Agustus 2020, itu menjadi tembakan pertama melawan virus corona yang terdaftar di mana pun di dunia.

Vaksin Rusia, yang telah dipasok ke 71 negara, telah menunjukkan salah satu respons terkuat terhadap varian Delta dan Omicron yang bermutasi.

Studi bersama Lazzaro Spallanzani National Institute for Infectious Diseases dan pengembang vaksin di Gamaleya Institute yang berbasis di Moskwa, yang diterbitkan pada awal 2022, mengungkapkan bahwa Sputnik V 2,6 kali lebih efektif melawan Omicron daripada vaksin Pfizer buatan AS.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Pastikan 1 Keluarga Tewas Di Kalideres Bukan Keracunan

Polda Metro Jaya memastikan satu keluarga yang ditemukan meninggal dunia di satu rumah di Kalideres, Jakarta Barat bukan disebabkan keracunan.

NEWS | 29 November 2022

Polisi Olah TKP Keluarga Dibunuh di Magelang yang Diracun Anak Sendiri

Polresta Magelang pada Selasa (29/11/2022) melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kasus keluarga dibunuh di Magelang dengan cara diracun anaknya sendiri.

NEWS | 29 November 2022

Tim SAR Gunakan 3 Metode untuk Cari Kru Helikopter Polri yang Hilang

Tim SAR gabungan menggunakan tiga metode dalam pencarian kru helikopter milik polri dengan nomor registrasi 105/P-1103 yang hilang

NEWS | 29 November 2022

Cara British Council Hubungkan Alumni Inggris di Ratusan Negara

Lembaga pendidikan dan budaya British Council telah meluncurkan Alumni UK, sebuah platform jejaring bagi lulusan perguruan tinggi Inggris.

NEWS | 29 November 2022

Tas dan Serpihan Helikopter Polri Kembali Ditemukan

Tas yang diduga milik awak dan juga serpihan helikopter Polri ditemukan 2 mil sebelah timur Pulau Siadong, Belitung.

NEWS | 29 November 2022

Mox dan Mpox Bakal Digunakan WHO untuk Ganti Istilah Cacar Monyet

WHO mengatakan pada hari Senin (28/11/2022) akan mulai menggunakan istilah baru yang lebih disukai, "mox" dan “mpox”, sebagai sinonim untuk cacar monyet.

NEWS | 29 November 2022

Jokowi: Pembangunan Infrastruktur Kawasan IKN Telah Dimulai

Jokowi mengatakan, pemerintah telah memulai pembangunan infrastruktur di kawasan inti Ibu Kota Nusantara atau IKN.

NEWS | 29 November 2022

Kemenkes Sebut 12.553 Anak Usia di Bawah 14 Tahun Terinfeksi HIV

Secara total, ada 12.553 anak usia 14 tahun ke bawah di Indonesia yang diketahui mengidap HIV.

NEWS | 29 November 2022

Polri Berencana Terbitkan DPO untuk Ismail Bolong

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri akan menerbitkan daftar pencarian orang (DPO) terhadap Ismail Bolong.

NEWS | 29 November 2022

Tambang Ilegal di Kaltim, Keberadaan Ismail Bolong Tidak Diketahui

Keberadaan Ismail Bolong hingga saat ini belum diketahui sejak beredar video pengakuannya viral mengenai tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim).

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menko Luhut <em>Happy,</em> Komitmen Belanja Produk Dalam Negeri Capai Rp 994 T

Menko Luhut Happy, Komitmen Belanja Produk Dalam Negeri Capai Rp 994 T

EKONOMI | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE