Logo BeritaSatu

Kemendagri Dorong Percepatan Realisasi Anggaran di Kalbar

Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:30 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Pontianak, Beritasatu.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong daerah mempercepat realisasi anggaran. Hal ini salah satunya dilakukan Kemendagri dengan melakukan koordinasi dan pendampingan dalam upaya percepatan realisasi APBD di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Tim pelaksana percepatan yang digawangi oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri, Tomsi Tohir Balaw dan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah (Dirjen Keuda) Kemendagri Agus Fatoni menggelar rapat koordinasi percepatan realisasi anggaran di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (10/8/2022).

Dalam kunjungan ke Kalbar itu, tim dari Kemendagri disambut oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji, Wakil Gubernur Ria Norsan, sekda dan jajaran kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Kalbar. Kunjungan kerja ini dilakukan untuk membuka ruang diskusi terkait penyerapan realisasi anggaran yang masih rendah di provinsi tersebut. Rakor tersebut menjadi ajang diskusi, bertukar pikiran, hingga mencari solusi untuk mengakselerasi realisasi anggaran. Kepala daerah diberikan kesempatan secara langsung untuk menjelaskan kondisi riil di lapangan terkait kendala dalam merealisasikan anggaran.

Tomsi menyampaikan, kedatangan tim Kemendagri ke Kalbar berkaitan dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, sekaligus merujuk pada arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah tiga kali disampaikan dalam rapat kabinet terbatas. Presiden Jokowi masih mengeluhkan rendahanya penyerapan anggaran di daerah. Selain Kalbar, lanjut Tomsi, kunjungan kerja juga dilakukan di beberapa daerah untuk mengasistensi dan menggenjot realisasi anggaran yang masih rendah.

“Kita bisa berdiskusi bersama bertukar pikiran mencari solusi yang terbaik untuk bisa terlaksananya percepatan penyerapan anggaran yang baik dan tepat sasaran,” kata Tomsi dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Tomsi menjelaskan, realisasi anggaran berkaitan erat dengan pemulihan ekonomi. Dengan demikian, realisasi anggaran yang rendah akan menghambat pemulihan ekonomi. Hal ini bertolak belakang dengan upaya pemerintah yang tengah memacu pemulihan ekonomi dari segala sisi usai terpukul pandemi Covid-19.

“Kalau penyerapannya rendah maka pemulihan ekonomi itu juga akan sangat berpengaruh,” beber Tomsi.

Baca selanjutnya
Sementara itu, Dirjen Bina Keuda Kemendagri Agus Fatoni mengatakan, percepatan realisasi ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bengkel di Medan Terbakar, 3 Orang Tewas dan 1 Kritis

Kebakaran satu unit rumah semi permanen yang menjadi bengkel sepeda motor milik Manurung di Medan menewaskan tiga orang dan satu orang lainnya kritis. 

NEWS | 27 November 2022

Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

Seorang anggota Polisi Polsek Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Aipda Jauhari Fitrianto (40) sukses menggeluti bisnis olahan kopi rempah.

NEWS | 27 November 2022

Berkedok Indekos, Satpol PP Depok Gerebek Prostitusi Online

Satpol PP Kota Depok melakukan penertiban dan penggerebekan terhadap sejumlah lokasi yang disinyalir menjadi tempat prostitusi online, Sabtu (26/11/2022).

NEWS | 27 November 2022

Top 5 News: Jokowi Ingatkan Relawan hingga Update Gempa Cianjur

Rangkuman artikel viral edisi Jumat dan Jokowi ingatkan relawan merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news) Beritasatu.com.

NEWS | 27 November 2022

Tim DVI Polri Kesulitan Identifikasi Korban Gempa Cianjur

Tim DVI Polri kesulitan mengidentifikasi korban gempa Cianjur karena fasilitas pemeriksaan yang terbatas dan kondisi jenazah yang sudah rusak.

NEWS | 27 November 2022

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bengkel di Medan Terbakar, 3 Orang Tewas dan 1 Kritis

Bengkel di Medan Terbakar, 3 Orang Tewas dan 1 Kritis

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE