Logo BeritaSatu

Trump Tolak Jawab Interogasi Kejaksaan Agung New York

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:07 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menolak untuk menjawab pertanyaan di bawah sumpah saat hadir di hadapan jaksa agung negara bagian New York dalam investigasi atas urusan bisnisnya.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Rabu (10/8/2022), investigasi sipil yang berjalan lama sedang menyelidiki apakah perusahaan mantan presiden menyesatkan pemberi pinjaman dan otoritas pajak dalam menilai aset.

Trump telah muncul di kantor Jaksa Agung negara bagian Letitia James pada Rabu pagi untuk bersaksi dalam penyelidikan sipil jangka panjang atas keuangan Organisasi Trump.

"Saya menolak untuk menjawab pertanyaan di bawah hak dan hak istimewa yang diberikan kepada setiap warga negara di bawah Konstitusi Amerika Serikat," kata Trump.

Amandemen Kelima Konstitusi AS memberikan hak untuk tetap diam ketika ditanyai oleh pihak berwenang untuk melindungi diri dari tuduhan.

Deposisi Trump di New York terjadi kurang dari dua hari setelah agen FBI menggeledah rumahnya di Florida sebagai bagian dari penyelidikan terpisah untuk mencari kemungkinan kesalahan penanganan dokumen rahasia oleh mantan presiden, menurut beberapa media AS.

Jaksa Agung New York meluncurkan penyelidikan sipil pada 2019 setelah mantan pengacara pribadi Trump Michael Cohen bersaksi di Kongres bahwa mantan presiden melebih-lebihkan asetnya "ketika itu memenuhi tujuannya".

James mengatakan dalam pengajuan pengadilan bahwa kantornya telah menemukan bukti "signifikan" bahwa perusahaan Trump "menggunakan penilaian aset yang curang atau menyesatkan untuk mendapatkan sejumlah manfaat ekonomi, termasuk pinjaman, pertanggungan asuransi, dan pengurangan pajak."

Sebelumnya, Trump akan mencalonkan diri sebagai presiden lagi pada tahun 2024. Dia telah menolak penyelidikan New York, penyelidikan federal dan komite kongres yang menyelidiki serangan 6 Januari 2021 di Capitol oleh para pendukungnya sebagai bermotif politik.

Pada Rabu, Trump mengulangi bahwa dia "tidak melakukan kesalahan." Dia menekankan tanpa bukti bahwa otoritas federal, jaksa negara bagian dan apa yang dia sebut "media berita palsu" menargetkannya dengan tuduhan yang tidak berdasar.

"Jika ada pertanyaan dalam pikiran saya, penggerebekan rumah saya, Mar-a-Lago, pada hari Senin oleh FBI, hanya dua hari sebelum deposisi ini, menghapus segala ketidakpastian," kata Trump.

Trump dimakzulkan dua kali sebagai presiden, termasuk pada awal 2021 karena menghasut kerusuhan di US Capitol ketika legislator mengesahkan kemenangan pemilihan Biden. Namun dia dibebaskan oleh Senat dalam pemungutan suara di sepanjang garis partai.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022

Erupsi Semeru, PLN Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan

PLN menyalurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

NEWS | 6 Desember 2022

Bangun Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur, PUPR Galang Dana CSR

Kementerian PUPR menggalang dana corporate social responsibility (CSR) untuk membangun rumah relokasi tahan gempa bagi warga korban Gempa Cianjur.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkes Ingatkan Orang Tua Pentingnya Imunisasi Polio

Menkes mengingatkan kepada orang tua mengenai pentingnya imunisasi polio guna mencegah terjadinya lumpuh kayu terhadap anak.

NEWS | 6 Desember 2022

Ruko Bekas Holywings Tanjung Duren Jakbar Kebakaran

Ruko bekas Holywings Tanjung Duren, Jakbar, kebakaran. Eks Holywings itu kini berganti nama menjadi Helens.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga 1: Bhayangkara Tundukkan 10 Pemain PSS Sleman

Liga 1: Bhayangkara Tundukkan 10 Pemain PSS Sleman

BOLA | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE