Logo BeritaSatu

Bangun Transmisi SUTT di Tigaraksa, PLN UIP JBB Gelar Konsultasi Publik

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:07 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) menggelar konsultasi publik terkait pembangunan proyek transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Tigaraksa II, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

General Manager PLN UIP JBB, Octavianus Padudung mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan dari pemilik lahan yang dibebaskan guna pembangunan SUTT 150 kV Tigaraksa II, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Ia berharap dengan adanya konsultasi publik tersebut pihaknya berharap masyarakat bisa menyetujui dan memahami manfaat positif atas pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang merupakan proyek strategis nasional.

"Kegiatan konsultasi publik sendiri merupakan salah satu rangkaian kegiatan pengadaan tanah yang menggunakan mekanisme penetapan lokasi yang berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum," ujar Octavianus Padudung, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/8/2022).

Octavianus menerangkan konsultasi publik tersebut merupakan tindak lanjut kegiatan sosialisasi dan pendataan awal yang dilaksanakan pada Juli 2022 lalu.

"Proses pengadaan tanah ini kami laksanakan sesuai dengan peraturan yang ada dan untuk mekanisme penetapan lokasi pembangunan akan diajukan kepada Bupati Tangerang setelah tahapan konsultasi publik selesai," tambah Octavianus Padudung.

Tahapan selanjutnya setelah kegiatan konsultasi publik adalah penerbitan penetapan lokasi oleh Bupati Tangerang. “Setelah tahapan konsultasi publik selesai maka akan dilanjutkan dengan pengajuan permohonan penetapan lokasi," kata Octavianus.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kasih atas kehadiran para pemilik lahan dan mengapresiasi atas dukungan positif yang diberikan oleh seluruh stakeholder.

"Semoga pembangunan proyek ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat untuk menyokong kebutuhan masyarakat, pemerintah, dan industri di Kabupaten Tangerang,” pungkas Octavianus Padudung.

Kegiatan Konsultasi Publik yang dilaksanakan akhir pekan lalu di Aula Kantor Kecamatan Tigaraksa. tersebut dihadiri juga oleh Tim Persiapan Pengadaan Tanah.

Mereka di antaranya yakni Kepala Bidang Pertanahan dan Pemakaman Dinas Perkim Kabupaten Tangerang Dadan Darmawan, Kepala Seksi Pengadaan Tanah Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang M Didi Ali Subandi, para pemilik tanah, tim PLN UIP JBB, didampingi oleh Koordinator Kejaksaan Tinggi Banten Mochamad Novel.

Dadan Darmawan mengungkapkan pentingnya kegiatan konsultasi publik ini sebagai bagian dari tahapan proses pengadaan tanah.

“Konsultasi publik ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2021 terkait proses pengadaan tanah untuk kepentingan umum. Untuk itu kami turut mengundang para pemilik lahan dan juga pihak yang terlibat dalam proses pengadaan tanah untuk hadir dalam kegiatan ini,” kata Dadan.

Sementara itu, Mochamad Novel selaku perwakilan dari Kejaksaan Tinggi Provinsi Banten menyebutkan dengan kegiatan tersebut seluruh elemen yang berkepentingan diharapkan berpartisipasi dan mendukung rencana pembangunan infrastuktur ketenagalistrikan. "Sehingga kita bisa mendapatkan input dan feedback atas rencana pembangunan proyek ini,” kata Novel.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Lukas Enembe, KPK Ingatkan Jangan Ada yang Pengaruhi Saksi

KPK mengingatkan agar jangan ada pihak yang memengaruhi saksi untuk tidak menghadiri agenda pemeriksaan terkait kasus Lukas Enembe

NEWS | 6 Oktober 2022

Fauci: Varian Baru Covid-19 Mungkin Muncul di Musim Dingin

Anthony Fauci baru-baru ini memperingatkan, bahwa "masyarakat tidak perlu terkejut" jika varian baru Covid-19 muncul di musim dingin.

NEWS | 6 Oktober 2022

Aniaya Remaja, 5 Anggota Geng Motor di Bogor Ditangkap

Satreskrim Polres Bogor mengamankan 5 anggota geng motor di wilayah Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Gunakan PMN dan KMK, Waskita Karya Kebut Proyek Infrastruktur

PT Waskita Karya (Persero) Tbk mempercepat proyek infrastruktur dengan menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Kredit Modal Kerja (KMK)

NEWS | 6 Oktober 2022

Terkait Pengelolaan Kebun Raya Bogor, Bima Arya Ancam PT MRN

Wali Kota Bogor Bima Arya mengancam akan mengevaluasi keberadaan pihak swasta PT MNR dalam mengelola cagar budaya Kebun Raya Bogor.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dipanggil Hari Ini, Rizky Billar Diminta Kooperatif

Rizky Billar dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus KDRT yang dilaporkan oleh sang istri, Lesti Kejora, hari ini.

NEWS | 6 Oktober 2022

Relawan Emak Muda Deklarasi Dukungan untuk Prabowo

Ibu-ibu muda yang tergabung dalam Relawan Emak Muda (Emud) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

NEWS | 6 Oktober 2022

Putin Perintahkan Badan Nuklir Rusia Ambil Alih PLTN Zaporizhzhia

Presiden Vladimir Putin memerintahkan badan nuklir Rusia untuk mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia Ukraina, yang terbesar di Eropa.

NEWS | 6 Oktober 2022

KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

KSP mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu program strategis nasional

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Hillary Lasut: Kenapa Harus Heboh?

Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut melaorkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya, terkait dugaan pencemaran nama baik.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Belum Maksimal di Liverpool, Darwin Nunez Mengaku Tak Paham Ucapan Klopp

Belum Maksimal di Liverpool, Darwin Nunez Mengaku Tak Paham Ucapan Klopp

BOLA | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings