Logo BeritaSatu

Kenaikan Tarif Masuk TN Komodo Ditunda, DPR: Hanya Solusi Sementara

Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:31 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira menilai penundaan kenaikan tarif Rp 3,75 juta masuk ke Taman Nasional (TN) Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan solusi sementara. Menurut Andreas, waktu yang ada perlu dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi, diskusi dengan berbagai stakeholder untuk mendapatkan solusi komprehensif.

“Ini paling tidak solusi sementara sehingga dengan demikian ada ruang waktu untuk duduk bersama menata regulasi dan kewenangan baik yang berkaitan dengan kepariwisataan maupun konservasi,” ujar Andreas kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Menurut Andreas, pemerintah pusat dan daerah perlu menyediakan solusi yang komprehensif dengan esensi melindungi kepentingan masyarakat pelaku wisata serta menciptakan suasana nyaman dan aman bagi wisatawan. Selain itu, kata dia, pemerintah juga berkewajiban melakukan pembinaan sumber daya manusia (SDM) masyarakat lokal di Labuan Bajo agar terlibat aktif dalam berbagai aktivitas kepariwisataan.

“Pembinaan SDM agar masyarakat terlibat dalan kehidupan kepariwisataan secara inklusif dan menyejahterakan,” tutur legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Timur (NTT) ini.

Lebih lanjut, Andreas mengatakan keputusan penundaan kenaikan tarif tersebut setidaknya meredakan situasi “panas” di Labuan Bajo. Menurutnya, situasi tersebut merupakan dampak dari “ulah” pemerintah daerah (pemda) yang secara sepihak mengumumkan kenaikan tarif yang drastis dan mengejutkan banyak pihak.

“Itu tentu membuat heboh, yang kemudian berdampak mengganggu kenyamanan kerja pelaku wisata, dan terutama wisatawan yang berkunjung dan akan berkunjung ke Labuan Bajo,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata NTT Zeth Sony Libing menyebutkan pihaknya menunda pemberlakuan tarif baru untuk masuk ke kawasan wisata Pulau Komodo dan Padar, Manggarai Barat, NTT, hingga 1 Januari 2023.

“Pemerintah Provinsi NTT memberikan dispensasi selama lima bulan ke depan atau tetap berlaku tarif lama masuk Pulau Komodo maupun Pulau Padar. Pemberlakuan tarif baru sebesar Rp 3,75 juta mulai berlaku pada 1 Januari 2023,” kata Zeth Sony Libing.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
FIFA Selidiki Insiden Bendera Kosovo di Ruang Ganti Timnas Serbia

FIFA Selidiki Insiden Bendera Kosovo di Ruang Ganti Timnas Serbia

SEMESTA BOLA 2022 | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE