Logo BeritaSatu

Italia Mulai Kampanye Vaksinasi Cacar Monyet

Selasa, 9 Agustus 2022 | 16:57 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Roma, Beritasatu.com- Italia memulai kampanye vaksinasi terhadap cacar monyet pada Senin (8/8/2022). Seperti dilaporkan Reuters, jumlah kasus meningkat di Italia pada saat otoritas kesehatan melaporkan kekurangan vaksin di seluruh dunia.

Italia telah melaporkan 545 kasus cacar monyet, menurut kementerian kesehatan. Kampanye vaksinasinya telah dimulai lebih dari sebulan setelah negara-negara lain yang mengalami jumlah kasus yang lebih tinggi, termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Spanyol.

“Dosis pertama akan diberikan di rumah sakit Spallanzani di Roma,” kata rumah sakit itu dalam satu pernyataan.

Vaksin dan perawatannya terbatas dan penyakit ini sering kali diserahkan kepada klinik kesehatan seksual yang secara historis kekurangan dana untuk dikelola.

Spallanzani mengatakan sudah memiliki 200 orang yang akan divaksinasi mulai Senin dan seterusnya, serta 600 permintaan pemesanan.

“Vaksin yang digunakan adalah Jynneos (MVA-BN), vaksin cacar yang dibuat oleh Bavarian Nordic dan disetujui oleh European Medicines Agency untuk perlindungan terhadap cacar monyet,” kata rumah sakit tersebut.

Pada Kamis, vaksinasi juga akan dimulai di ibu kota keuangan Italia, Milan. Virus ini sebagian besar terus ditularkan di antara pria gay dan biseksual dalam wabah saat ini yang menyebar di luar negara-negara endemik, yang dimulai pada bulan Mei.

Cacar monyet menyebar terutama melalui kontak dekat, menyebabkan luka bernanah dan gejala seperti flu, dan jarang berakibat fatal. Menurut pelacak Reuters, sekarang ada 26.500 kasus di seluruh dunia di luar negara-negara, tempat biasanya menyebar.

Pada Juli, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan cacar monyet sebagai "darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional", tingkat siaga tertinggi.

Menyusul langkah WHO, Amerika Serikat - yang sekarang memiliki kasus terbanyak di dunia - juga menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat pada 4 Agustus.

Kementerian Kesehatan Italia menyatakan gay, pria biseksual dan transgender yang baru saja berhubungan seks dengan banyak pasangan, baru-baru ini memiliki infeksi menular seksual atau menggunakan obat-obatan kimia saat berhubungan seks, akan memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin. Staf rumah sakit yang menangani kasus cacar monyet juga begitu memenuhi syarat.

Kasus pertama di Italia tercatat pada 20 Mei 2022. Saat ini, tidak ada rencana untuk vaksinasi massal.

Wilayah Lazio di sekitar Roma menerima 1.200 dosis vaksin, sementara Lombardy menerima 2.000 dosis, Emilia-Romagna menerima 600 dan Veneto di sekitar Venesia menerima 400 dosis.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Babak I, Tekanan Tinggi Meksiko Menyulitkan Permainan Argentina

Babak I, Tekanan Tinggi Meksiko Menyulitkan Permainan Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE